close
Logo Website Annajah
Search

Informasi Lengkap Pendaftaran Pesantren Tahfidz dan Biayanya

informasi lengkap pendaftaran pesantren tahfidz dan biayanya

Table of Contents

Pondok modern Annajah merupakan salah satu pondok yang didirikan oleh tim yang telah memiliki pengalaman dalam mengelola lembaga pendidikan selama bertahun-tahun. Salah satu cara Annajah dalam memberikan kualitas terbaiknya dilakukan dengan memfokuskan pada 3 pilar penting.

Yaitu sistem pendidikan, kualitas dari SDM pendidik, serta sebuah infrastruktur yang mendukung proses pembelajaran. Nah, adapun salah satu programnya ialah Tahfidz Al Qur’an, berikut cara Pendaftaran Pesantren Tahfidz.

Apa itu Pesantren Tahfidz?

Apa sih pesantren tahfidz itu? Mungkin banyak di antara kita yang masih awam sehingga tidak mengetahui maksud dari pesantren tahfidz. Pesantren tahfidz sendiri ialah sebuah pesantren yang mana di dalamnya mempelajari dan menghafal Al Qur’an dengan mendalaminya secara serius.

Program ini termasuk program unggulan yang bernama Tahfidz Al Qur’an. Program ini bisa kita ikuti dengan melakukan Pendaftaran Pesantren Tahfidz. Setelah melakukan pendaftaran dan membayar biaya yang harus dikeluarkan, selanjutnya kita akan mengikuti program unggulan tersebut.

Program unggulan tersebut memiliki target yang cukup bagus untuk kalian yang memang memiliki niat menjadi hafidz Al Qur’an. Adapun beberapa targetnya diantaranya ialah:

1. Menghafal Al Qur’an dengan kualitas mutqin

Di Annajah, para santri akan ditarget dapat menghafal Al Qur’an dengan kualitas yang mutqin ataupun tidak mudah hilang, sehingga hafalan tersebut akan selalu ada di hati dan ingatan para santri. Oleh karena itu program ini sangat cocok bagi penghafal Al Qur’an yang memiliki ingatan pendek.

2. Islamic character building

Selain bisa menghafal Al Qur’an, para santri juga akan mendapatkan pembelajaran terkait dengan Islamic character building yang akan membangun insan yang berakhlak baik, memiliki sifat ataupun akhlak yang sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan dalam Islam.

3. PD untuk melafalkan hafalan di depan umum

Selain memiliki hafalan yang baik dengan kualitas mutqin, dengan mengikuti program ini maka para santri akan diajarkan untuk memiliki rasa percaya diri ketika melafalkan hafalan Qurannya di depan umum. Hal ini merupakan poin penting karena tidak sedikit para hafidz maupun hafidzah yang hanya bisa hafal Al Qur’an jika hanya untuk dirinya sendiri, akan tetapi di tempat umum hafalannya hilang karena rasa grogi yang berlebihan.

Mengapa di Pesantren Tahfidz Annajah?

Pertanyaan yang sering muncul ialah mengapa kita perlu melakukan Pendaftaran Pesantren Tahfidz di pondok modern Annajah? Tentu jawabannya sangat mudah, karena Annajah memiliki kelebihan yang sangat berkualitas. Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Annajah yang mengharuskan kita memilihnya, diantaranya ialah:

1. Tempat pembelajaran yang terpisah

Hal pertama karena di Annajah tempat pembelajaran antara santri putra dan santri putri terpisah, sehingga tidak akan berinteraksi antara putra dan putri yang menjadikan hal ini aman dari perbuatan yang tidak dianjurkan. Selain itu, setiap asrama dilengkapi dengan pendamping asrama yang masing-masing. Asrama putra akan di dampingi oleh pendamping putra, begitu pun sebaliknya.

2. Lebih dari menghafalkan Al Qur’an

Di pondok modern Annajah, kita tidak hanya terfokus pada hafalan Qur’an saja, akan tetapi dilengkapi dengan skill bahasa Asing seperti bahasa Arab dan bahasa Inggris. Selain skill bahasa, di sini juga akan dilengkapi dengan life skill dan juga Islamic character building sehingga sangat berintegrasi dengan hafalan Al Qur’an yang sedang diusahakan.

3. Memiliki tenaga pendidik yang berkompeten

Kelebihan lainnya ialah Annajah memiliki tenaga yang kompeten serta profesional sesuai dengan bidangnya. Hal ini dikarenakan untuk bisa menjadi tenaga pendidik dari Annajah, para calon tenaga pendidik akan melalui sebuah seleksi yang sangat ketat, sehingga akan menghadirkan tenaga pendidik yang berpengalaman serta ahli di bidangnya masing-masing.

4. Ikatan keluarga yang erat

Kelebihan lainnya yang jarang kita temukan di pondok lainnya yaitu ikatan keluarga yang sangat erat, sehingga kita akan mendapatkan keluarga baru yang akan mendukung kita dalam menghafal Al Qur’an. Dengan begitu maka kita tidak akan pernah merasa sendiri walaupun kondisi kita jauh dari rumah.

Biaya Pesantren Tahfidz Annajah

Berbicara tentang biaya yang perlu kita keluarkan untuk Pendaftaran Pesantren Tahfidz ialah dibagi atas dua kategori, yaitu biaya bulanan dan biaya tahunan.

  • Infak bulanan hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 750.000 per bulan, dimana untuk yang mengikuti program lebih dari 1 bulan maka biaya yang perlu ditanggung ialah Rp. 700.000 per bulannya.
  • Biaya tahunan, sedangkan untuk paket per tahun maka biaya hanya Rp. 8.000.000 untuk setiap tahunnya. Harga tahunan ini lebih murah dan terjangkau jika dibandingkan dengan yang bulanan oleh karena itu banyak yang mengambil program tahunan untuk biaya minimal dan hasil maksimal.

Biaya tersebut untuk mengikuti program, dimana setiap programnya dilaksanakan pada:

  • Kelas tahfidz dilakukan sehari sebanyak 5x pertemuan, yang akan di bimbing langsung oleh Ustadz dan Ustadzah yang sudah memiliki hafalan Al Qur’an 30 Juz dan bersanad.
  • Kelas character building setiap hari Sabtu, kelas ini termasuk kelas bonus yang akan didapatkan oleh para santri. Maksud dari diadakannya kelas ini agar para santri memiliki akhlak dan perilaku yang baik dan sesuai dengan ajaran agama Islam. Untuk kelas bonus ini akan disampaikan berupa sharing session muslimpreneur dan juga life skill di Era digital.

Suasana dan Keunggulan Pesantren Tahfidz Annajah

Dengan melakukan Pendaftaran Pesantren Tahfidz dan menjadi santri di pondok Annajah, kita akan mendapatkan beberapa keunggulan. Salah satunya ialah kita bisa mendapatkan suasana belajar yang menyenangkan.

Suasana belajar ini didapatkan dari teman-teman yang seperjuangan serta lingkungan yang mendukung untuk menghafal Al Qur’an. Selain itu, kita juga bisa menikmati beberapa keunggulan lainnya, diantaranya ialah:

1. Mendapatkan sertifikat penunjang

Dengan mengikuti program di Annajah, maka kita akan mendapatkan sertifikat penunjang, sehingga para santri dapat menggunakan sertifikat tersebut untuk melanjutkan study ataupun melakukan pekerjaan. Sertifikat ini suatu hari akan bisa digunakan dan bermanfaat kita nantinya. Terlebih lagi sekarang ini banyak perguruan tinggi yang menyediakan beasiswa bagi yang memiliki hafalan Al Qur’an.

2. Lingkungan belajar yang mendukung dan kondusif

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Annajah terletak di daerah wisata Edukasi Kampung Pare, sehingga sangat mendukung pembelajaran yang kondusif agar proses pembelajaran para santri lebih lancar.

3. Memiliki fasilitas yang lengkap serta protokol kesehatan

Annajah banyak menyiapkan fasilitas yang sangat lengkap sehingga akan menunjang proses pembelajaran secara maksimal. Adapun beberapa fasilitas yang di sediakan seperti asrama putra dan asrama putri yang terpisah, kelas, masjid dan juga fasilitas protokol kesehatan untuk dapat melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid 19.

4. Channel untuk melakukan pembayaran resmi

Keunggulan lainnya yang bisa kita rasakan dari Annajah ialah telah memiliki channel untuk melakukan pembayaran secara resmi, dimana Annajah sudah menggunakan rekening bank dengan nama resmi dari pondok sehingga dapat digunakan untuk menjamin keamanan dalam bertransaksi.

Apakah tertarik dengan program Tahfidz yang dibentuk oleh pondok modern Annajah? Jika tertarik maka kita dianjurkan untuk segera melakukan Pendaftaran Pesantren Tahfidz. Pendaftarannya bisa langsung menghubungi website resminya. 

Nah, jika ingin mempelajari lebih lanjut mengenai Tahfidz dan Tahsin tersebut, Anda atau bahkan anak-anak Anda dapat belajar ke pondok tahfidz modern An-najah di Pare, Jawa Timur.

Pondok Tahfidz Annajah