Logo Website Annajah
Search

Informasi Lengkap Program Tahfidz dan Bahasa Arab

informasi lengkap program tahfidz dna bahasa arab

Table of Contents

Memiliki anak sholeh dan sholehah merupakan impian dan kebanggaan bagi orang tua. Menghasilkan generasi sholeh/sholehah bukanlah suatu hal yang mudah, terlebih lagi anak sholeh dan sholehah yang hafidz dan pandai serta menguasai bahasa Arab, bahasanya para Nabi.

Adapun di sini kami akan menawarkan sebuah Program Tahfidz dan Bahasa Arab dimana program tersebut dibuat khusus untuk mempelajari Al Qur’an dan bahasa Arab dengan mudah dan cepat. Berikut penjelasan secara detailnya.

Apa Itu Program Tahfidz dan Bahasa Arab di Annajah?

Annajah merupakan pondok Tahfidz modern yang berlokasi di Jawa Timur, tepatnya di kampung Pare, Kediri. Pondok Annajah ini menghadirkan sebuah proses pembelajaran Al Quran yang berintegrasi dengan bahasa asing seperti bahasa Arab dan bahasa Inggris. Di Annajah sendiri terdiri beberapa program unggulan, salah satu program yang banyak diminati ialah Program Tahfidz dan Bahasa Arab.

Program tahfidz sendiri ialah suatu program untuk menghafalkan Al Qur’an yang mana pada prosesnya bisa dibarengi dengan pembentukan keterampilan, serta sikap secara maksimal dalam menghafalkan Al Qur’an. Sedangkan bahasa Arab sendiri merupakan bahasa yang digunakan dalam Al Qur’an, sehingga ketika kita ingin memahami Al Qur’an maka kita juga perlu memahami bahasa yang digunakannya.

Program Tahfidz dan Bahasa Arab ini termasuk program unggulan dari Annajah, sehingga sangat memiliki nilai yang cukup bagus. Selain itu, program ini memiliki target berupa para santri dapat membaca Al Qur’an dengan lancar dan sesuai dengan kaidah yang benar. Selain itu, target lainnya ialah para santri memiliki hafalan Qur’an dengan kualitas hafalan yang bagus dan Mutqin.

Untuk program ini disebut dengan program Tahfidz Arabic Plus, dimana beberapa target yang bisa dicapai dengan mengikuti program ini, diantaranya ialah:

  1. Menghafal Al Qur’an dengan Mutqin

Target pertama yang akan dicapai dengan mengikuti program ini ialah dapat menghafal Al Qur’an dengan kualitas yang mutqin. Maksud dari hafalan yang mutqin ialah hafalan yang kuat, sehingga hafalannya tidak mudah hilang meskipun tidak terlalu sering murojaah (mengulang hafalan). Hanya saja kita sangat dianjurkan untuk sering muroja’ah untuk lebih memperkuat hafalan kita.

  1. Jago berbahasa Arab

Bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan dalam Al Qur’an. Dengan mengikuti program ini maka para santri diharapkan dapat jago berbahasa Arab, baik secara pasif maupun aktif. Akan tetapi targetnya ialah kita bisa aktif berbicara bahasa Arab, karena di sini para santri akan terbiasa berbicara dengan menggunakan bahasa Arab.

  1. Membentuk karakter Islami

Selain bisa menjadi penghafal Al Qur’an dan jago dalam berbahasa Arab, para santri juga ditargetkan memiliki karakter dan kebiasaan yang berlandaskan pada Al Qur’an dan Hadist sehingga bisa membentuk suatu karakter Islami.

Tempat Program Tahfidz dan Bahasa Arab di Annajah Pare

Program tahfidz dan bahasa Arab ini dibuat oleh pondok modern Annajah, yang mana berada di Jawa Timur, lebih tepatnya di Kabupaten Kediri, Kecamatan Pare, Desa Pelem, Dusun Singgahan, Jalan Langkat Nomor 88.

Merupakan suatu tempat yang strategis karena Pare sangat terkenal dengan program belajar khusus bahasa yang sangat mendukung. Dikatakan mendukung karena di Pare selain kita mempelajari bahasa, kita juga mempraktekkan bahasa secara langsung dalam kehidupan sehari-hari sehingga sangat cocok bagi kita yang ingin menghafal Al Qur’an dan bahasa asing.

Biaya Program Tahfidz dan Bahasa Arab di Annajah Pare

Bagi yang berminat mengikuti programnya, maka tidak perlu khawatir akan biaya, karena biaya yang perlu dikeluarkan sangat terjangkau. Adapun infaq program dibedakan berdasarkan lamanya waktu mengikuti program tersebut, diantaranya ialah:

  1. Program untuk satu bulan dikenakan biaya atau infaq sebesar Rp.1.250.000,.
  2. Program untuk 2 bulan dikenakan infaq sebesar Rp.2.300.000,.
  3. Program belajar selama 3 bulan akan dikenakan infaq sebesar Rp.3.350.000,.
  4. Program belajar untuk 4 bulan dikenakan infaq sebesar Rp. 4.400.000,.
  5. Program belajar selama 5 bulan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.450.000,.
  6. Program belajar untuk 6 bulan akan dikenakan biaya sebesar Rp.6.500.000,.

Cukup murah dan terjangkau bukan? Untuk bisa menghafal Al Qur’an serta jago berbahasa Arab maka bisa dicoba untuk yang paling lama, karena selain bisa memperlancar hafalan dan bahasa Arab, harga yang dikenakan juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan harga lain seharusnya.

Suasana Program di Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah

Berbicara mengenai suasana di pondok modern Annajah, khususnya untuk Program Tahfidz dan Bahasa Arab akan terbentuk suasana belajar yang seru dan mengasyikkan karena dibimbing oleh pengajar yang profesional dan kompeten di bidangnya. Adapun untuk pembelajaran dilakukan selama:

  • Kelas Tahfidz dilakukan sebanyak 5x dalam sehari yang akan dibimbing langsung oleh Ustadz ataupun Ustadzah yang telah hafal Al Qur’an sebanyak 30 Juz bersanad.
  • Untuk kelas Bahasa Arab dilakukan sebanyak 2x pertemuan setiap harinya, dimana pengajarnya langsung di datangkan dari Yaman.
  • Kelas character building dilakukan setiap hari Sabtu. Dimana pada kelas building ini akan dilakukan pembelajaran terkait dengan life skill di Era digital serta sharing session mengenai muslimpreuneur sehingga kita akan terbentuk muslim yang memiliki karakter Qurani.

Selain itu, di program ini juga akan disediakan beberapa fasilitas yang sangat lengkap. Adapun beberapa fasilitas yang ditawarkan, ialah:

  • Asrama yang nyaman

Selama program pembelajaran kita akan disediakan asrama yang cukup nyaman bagi para santri, sehingga tidak perlu mencari kostan lagi.

  • Seragam Tahfidz

Selain mendapatkan asrama, kita juga akan mendapatkan seraga Tahfidz sehingga bisa menjadi ciri khusus bagi teman-teman seperjuangan.

  • Pendamping asrama

Selain asrama, kita juga akan dipandu oleh pendamping asrama yang akan membantu kita mengenai informasi apa saja.

  • Pengajar yang berkompeten di bidangnya

Pengajarnya sudah profesional dan berkompeten karena langsung di datangkan dari Yaman.

  • Al Qur’an dan terjemahnya

Mendapatkan Al Qur’an terjemahan

  • Kaos dan Goodie bag

Mendapatkan Kaos dan Goodie bag yang menarik

  • Modul dan buku catatan pembelajaran

Mendapatkan modul pembelajaran dan buku catatan

  • Protokol kesehatan

Tersedia protokol kesehatan yang tepat

  • Extra program dan rihlah

Terdapat program extra berupa rihlah atau jalan-jalan

  • Gantungan kunci serta pin
  • Sertifikat penunjang

Sertifikat sebagai bukti bahwa kita pernah belajar di Annajah

  • Serta masih banyak lagi fasilitas lainnya yang bisa kita manfaatkan.

Nah, itu dia beberapa informasi lengkap yang bisa kami sampaikan terkait dengan Program Tahfidz dan Bahasa Arab di pondok Annajah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat kepada para pembaca khususnya bagi kalian yang tertarik mempelajari metode menghafal Al Qur’an yang baik dan benar sehingga memiliki hafalan yang kuat dan tidak mudah lupa, serta bagi kalian yang juga ingin mendalami bahasa Arab agar bisa jago berbicara dengan menggunakan bahasa Arab. Bagi yang berminat diharapkan untuk segera mendaftarkan diri, karena kuota yang tersedia sangat terbatas!

Nah, jika ingin mempelajari lebih lanjut mengenai Tahfidz dan Tahsin tersebut, Anda atau bahkan anak-anak Anda dapat belajar ke pondok tahfidz modern An-najah di Pare, Jawa Timur.