Informasi Program Tahsin di Pondok Tahfidz Annajah

Informasi Program Tahsin di Pondok Tahfidz Annajah

Salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan bagi tiap umat muslim yaitu membaca Al Quran. Oleh karena itu, Al Quran sebagai kitab suci umat muslim sudah menjadi kewajiban untuk dibaca sekaligus dipelajari. Tidak hanya dibaca dan dipelajari, tiap umat muslim juga dituntun untuk bisa mengamalkan ajaran yang terkandung dalam Al Quran. Mempelajari Al Quran pun tidak boleh sembarangan.

Terdapat ilmu-ilmu yang perlu dipelajari oleh umat muslim dalam belajar Al Quran, di antaranya yaitu program tahsin Quran.

Tahsin Quran di dalam proses belajar Al Quran untuk tiap umat muslim, mempunyai arti bahwa kitab suci Al Quran harus dibaca dengan benar dan tepat demi menjaga keaslian praktik dakwah sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW.

Tahsin dalam Bahasa Arab sendiri jika diartikan yaitu memperbaiki, memperkaya, atau menguatkan. Jika diartikan secara luas, Tahsin Quran mempunyai makna sebagai penyempurnaan terhadap segala hal yang berkaitan dengan kesempurnaan lafaz dalam pengucapan huruf saat membaca Al Quran dan penyempurnaan pengucapan hukum hubungan antar huruf seperti ikhfa, idgha, idzhar, dan sebagainya.

Dari sedikit pengertian di atas, maka dapat sedikit disimpulkan bahwa program tahsin merupakan salah satu program belajar yang wajib diikuti oleh setiap pelajar muslim yang sedang menuntut ilmu, terutama mereka para pelajar yang belajar di sekolah – sekolah Islam atau pesantren.

Belajar ilmu tahsin atau Ilmu tajwid sebagai salah satu disiplin ilmu dalam belajar Al Quran hukumnya adalah fardu kifayah. Sementara hukum untuk membaca Al Quran dengan memakai aturan ilmu tahsin atau ilmu tajwid adalah fardu ain. Oleh karena itu, dalam membaca Al Quran, mempergunakan tahsin atau tajwid hukumnya menjadi wajib demi menjaga kesempurnaan membaca Al Quran.

Tahsin Quran sendiri memiliki tujuan utama yaitu menjaga lidah dari pengucapan yang salah saat membaca Al Quran. Sementara kesalahan yang umum dalam membaca Al Quran ada 2 macam, yaitu Al lahnul jaliy yang merupakan kesalahan dalam membaca Al Quran yang begitu terlihat jelas terutama untuk kalangan para ahli tajwid. Contoh dari kesalahan Al lahnul jaliy ini diantaranya yaitu kesalahan perubahan bunyi, kesalahan panjang pendeknya huruf, kesalahan perubahan harakat, dan lain-lain.

READ  Inilah Dahsyatnya Surat Al-Waqi’ah Yang Belum Kamu Tahu

Kemudian, kesalahan berikutnya yaitu Al Lahnul Kofiy. Kesalahan kecil dalam membaca Al Quran yang tidak mudah untuk diketahui, kecuali oleh orang yang memiliki keahlian dalam ilmu penyempurnaan bacaan Al Quran. Contoh dari kesalahan jenis ini, antara lain pembacaan yang tidak menggunakan hukum-hukum bacaan, kaidah ghunnah yang tidak diterapkan pada huruf-huruf yang seharusnya menerapkan ghunnah, dan sebagainya.

Manfaat secara umum dari tahsin Quran yaitu sebagai cermin keimanan umat muslim terhadap Al Quran, menghindari kesalahan saat membaca Al Quran, serta mencapai kualitas terbaik dalam membaca dan mempelajari Al Quran. Sementara program tahsin yang ditujukan untuk para santri, memiliki manfaat sebagai berikut:

  Mengasah kemampuan dalam membaca Al Quran menjadi lebih baik sesuai dengan hukum dan kaidah membaca Al Quran yang benar

  Sebagai wujud nyata perbuatan memuliakan kitab suci Al Quran

  Menjaga supaya tidak terjadi kesalahan saat membaca sehingga ayat dalam Al Quran tidak menjadi arti yang berbeda

  Mendatangkan kesejukan di hati saat membaca ayat Al Quran dan juga memberikan kesejukan kepada orang lain yang mendengarkannya

  Salah satu upaya untuk menjadi manusia yang sebaik-baiknya di hadapan Allah SWT

Mengenal Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah

Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah merupakan sebuah pondok tahfidz modern yang didirikan oleh tim yang memiliki pengalaman bertahun – tahun dalam mengelola lembaga pendidikan. Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah sendiri lokasinya berada di Kampung Bahasa Pare, Kediri, Jawa Timur. Tepatnya beralamat di Jl. Langkat No. 88, Dusun Singgahan, Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah memiliki legalitas badan hukum yang sudah terdaftar di Kementerian Hukum & HAM dengan Nomor AHU-0001145.AH.01.05 Tahun 2020.

READ  Rekomendasi Nama Bayi Islami 3 Kata Bahasa Arab Yang Bermakna Indah Berawalan Y dan Z

Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah menghadirkan program proses belajar Al-Qur’an dan berintegrasi dengan Bahasa Inggris maupun Arab serta dilengkapi dengan life skill dalam menghadapi era digital dan Islamic Character Building. Dengan begitu, melalui Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah, diharapkan para santri menjadi generasi muslim penjaga Al-Qur’an yang tangguh dalam menghadapi tantangan masa depan.

Pengajar di Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah memiliki sertifikasi yang sesuai dengan bidang pengajarannya masing – masing serta memiliki pengalaman mengajar lebih dari 3 tahun. Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah berfokus pada tiga pilar utama yaitu sistem pembelajaran yang berkualitas, SDM tenaga pendidik yang berkualitas dan infrastruktur pendukung agar dapat memberikan kualitas yang terbaik serta pelayanan yang prima.

Program Tahsin di Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah

Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah memiliki program unggulan yaitu Program Tahfidz Bahasa Plus dan Program Ngaji dan Hafalan Al Quran.

  Program Tahfidz Bahasa Plus cocok bagi yang ingin mendalami hafalan Al-Qur’an dengan kualitas mutqin sekaligus belajar bahasa asing (Bahasa Inggris atau Arab). Dilengkapi dengan extra program life skill dalam era digital & islamic character building.

  Program Ngaji dan Hafalan AL Quran cocok bagi para santri yang ingin fokus mendalami Al-Qur’an. Program ini yaitu program Tahsin yang ditujukan bagi para santri yang baru belajar mengaji dan ingin memperbaiki bacaan Al-Qur’an sesuai dengan hukum dan kaidah tajwid.

Secara umum, Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah menawarkan program-program sebagai berikut:

  Program Tahfidz English Plus

  Program Tahsin Al Quran

  Program Tahfidz Arabic Plus

READ  Isim Na'at Man'ut: Definisi, Fungsi, Anggota, dan Contohnya

  Program Tahfidz Al Quran

Salah satu dari program unggulan di Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah yaitu Program Tahsin Al-Qur’an yang merupakan salah satu program khusus yang ditujukan untuk para santri yang ingin mendalami pelajaran mengaji atau memperbaiki bacaan Al-Qur’an sesuai dengan hukum dan kaidah tajwid.

Metode belajar yang diterapkan secara Talaqqi yaitu memadukan antara metode teori dan praktik dengan porsi yang seimbang sehingga membuat santri akan memahami tentang membaca Al-Qur’an yang benar dengan cepat.

Biaya Program Tahsin di Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah

Untuk Program Tahsin yang ditujukan bagi para santri yang ingin mendalami ilmu membaca Al Quran yang sesuai dengan kaidah tajwid, dibuka kelas baru setiap bulannya dengan infaq program sebagai berikut:

  1 bulan         : Rp 750.000

  2 bulan         : Rp 1.450.000

  3 bulan         : Rp 2.150.000

Kelas Tahsin diadakan 5x pertemuan dalam sehari yang dibimbing oleh ustadz / ustadzah berpengalaman dalam bidang mengajar Tahsin. Ditambah tambahan kelas Character Building yang diadakan setiap Sabtu yang berisi pembekalan life skill di era digital dan sharing session muslimpreneur.

Diatas adalah informasi Biaya di setiap program Pondok Tahfidz Modern Annajah Pare

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Ask ChatGPT
Set ChatGPT API key
Find your Secret API key in your ChatGPT User settings and paste it here to connect ChatGPT with your Tutor LMS website.