Logo Website Annajah
Search

Penjelasan Lengkap Seputar Program Tahfidz Annajah Pare

penjelasan lengkap seputar tahfidz program metode dan biayanya

Table of Contents

Memiliki anak yang pintar memang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi para orang tua. Namun di era yang sudah sangat maju seperti saat ini, buah hati perlu juga dibekali dengan ilmu agama seperti mengikuti program Tahfidz Quran, sehingga tidak hanya ilmu pengetahuan umum saja yang dikuasainya. 

Dengan bekal ilmu agama yang cukup tentu buah hati dalam menjalankan hidupnya menjadi lebih berhati-hati. Salah satu cara untuk memberikan bekal agama dengan memasukkannya di pesantren penghafal Al- Qur’an sehingga anak menjadi pintar dalam menghafalkan Al-Qur’an.

Supaya hal ini terwujud sebaiknya ajarkan anak untuk menghafalkan Al-Quran dengan memasukkannya ke lingkungan pesantren sedini mungkin.

Apa itu Tahfidz?

Tahfidz adalah sebuah proses menghafal sesuatu masuk ke dalam ingatan jadi bisa diucapkan di luar kepala memakai metode tertentu. Di dalam ajaran Islam proses untuk menghafal tadi dapat dikaitkan dengan beberapa hal salah satunya yaitu proses menghafal Al-Qur’an.

Menghafal Al-Qur’an yang dimaksudkan di sini proses penghafalan dengan keseluruhan dimulai dari ketelitian bacaan, menekuni, merutinkan, dan mencurahkan perhatian guna melindungi hafalan yang dimiliki agar tidak lupa.

Sebutan untuk para penghafal Al-Qur’an yaitu hafidz/huffadz serta hamil/hamilah Al-Qur’an. Adapun beberapa keutamaan yang akan diperoleh menjadi seorang penghafal Al-Qur’an sebagai berikut ini.

  • Meningkatkan kecerdasan

Al-Qur’an merupakan sumber ilmu jadi ketiak seorang Muslim menghafalkannya tentu akan berpengaruh ke pikiran serta wawasan terkait pengetahuan akhirat dan duniawi.

  • Meningkatkan daya ingat

Seorang penghafal Al-Qur’an tentunya setiap waktu akan berusaha untuk memutar otaknya supaya tidak lupa. Sehingga secara tidak langsung akan menguatkan serta meningkatkan daya ingat yang dimilikinya.

  • Melatih kedisiplinan

Menjadi seorang penghafal Al-Qur’an bukanlah pekerjaan mudah dan dapat dilakukan semua orang. Hal ini karena menghafal Al-Qur’an haruslah mengedepankan kedisiplinan pada proses menghafalnya. Sehingga bisa disimpulkan ketika ingin menjadi seorang penghafal Qur’an harus melatih sikap disiplinnya.

  • Ketenangan dan stabilitas psikologis

Terdapat penelitian yang mengatakan jika membaca serta mendengarkan ayat-ayat suci Al-Qur’an memberikan dampak pada perspektif fisiologis serta psikologis dan 97% yang mendengarkannya akan memperoleh ketenangan serta menurunkan ketegangan pada urat syaraf reflektif.

Apa saja Metode Tahfidz?

Secara umum terdapat jenis metode Tahfidz yang sudah banyak dilakukan oleh orang-orang, antara lain sebagai berikut:

  • Menambahkan hafalan, tanpa muraja’ah

Metode ini mempunyai target untuk menghafalkan Al-Qur’an dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Jadi untuk setiap harinya hanya menambahkan hafalan saja atau ziyadah.

  • Menambahkan hafalan, dengan sebagian muraja’ah

Metode ini yang paling umum digunakan pada ma’had atau pesantren penghafal Al-Qur’an. Setiap harinya terdapat kegiatan seperti zidayah serta muraja’ah. Jumlah yang di muraja’ah tentunya berbeda-beda seperti harus 1 juz dan lainnya bergantung pada jumlah hafalannya.

Untuk cara muraja’ah berbeda-beda seperti di hadapan ustadz atau ustadzah, muraja’ah berkelompok, muraja’ah partner, gentian per ayat, dan lainnya.

  • Menambahkan hafalan, muraja’ah seluruhnya

Untuk metode ini tentu saja setiap harinya terdapat kegiatan ziyadah dan muraja’ah untuk seluruh hafalan. Itu artinya seluruh hafalan yang kalian miliki akan di muraja’ah di dalam satu hari, bahkan ketika jumlah hafalan kalian telah 29 juz maka muraja’ah yang dilakukan pada hari itu yaitu 29 juz.

Kalian tentunya bertanya-tanya apakah hal semacam itu akan terjadi maka jawabannya mungkin saja. Konsekuensi dari muraja’ah tersebut bisa dari pagi sampai malam hari.

Perlu kalian ingat di sini bahwa sebenarnya tidak ada sebuah hafalan yang dilakukan tanpa muraja’ah bahkan pada metode pertama yang tidak muraja’ah ketika melakukan hafalan sama sekali. Namun nantinya ada tugas setelah khatam yaitu muraja’ah dari seluruh hafalan yang dimiliki dengan bertahap.

Apa Saja Program Tahfidz di Annajah Pare?

Berbicara mengenai pesantren penghafal Al-Qur’an maka Annajah Pare bisa dijadikan pilihan. Masih berada pada satu lingkungan dengan Kampung Inggris tentu saja membuat suasana dan lingkungannya mendukung untuk belajar.

Program yang tersedia berupa Tahsin dan menghafal Al-Qur’an. Khusus untuk menghafal Al-Quran berikut ini adalah informasinya.

  1.   Program Tahfidz Bahasa Plus (Arab atau Inggris)

Untuk kalian yang tidak hanya ingin mempunyai hafalan Al-Qur’an namun juga keterampilan bahasa baik Arab atau Inggris bisa memiliki program ini yang bisa dipilih sesuai keinginan. Tidak hanya itu saja ada program lain yang diajarkan seperti life skill era digital dan Islamic character building.

Masalah kegiatan jangan khawatir karena kegiatan yang tersedia sifatnya intensif mulai pagi hari sampai malam sehingga tidak ada waktu terbuang secara sia-sia. Hal ini untuk menunjang tujuan yang dimiliki untuk mencetak santri penghafal Al-Qur’an dengan kualitas mutqin, jago bahasa asing secara aktif baik Arab atau Inggris, dan membangun karakter Islami.

Pelaksanaan kegiatan dari program ini yaitu:

  • 5x pertemuan sehari untuk kelas penghafal Al-Qur’an
  • 2x pertemuan sehari untuk kelas bahasa (Arab atau Inggris)
  • 1x pertemuan seminggu untuk kelas character building di hari Sabtu
  1.   Program Tahfidz

Program ini bisa kalian ambil jika ingin berfokus pada menghafal Al-Qur’an saja dengan kualitas mutqin. Tujuan dari program ini sudah pasti mencetak penghafal Al-Qur’an dan tidak hanya menghafal namun juga percaya diri dalam melafalkannya di depan umum dan membangun karakter Islami.

Pelaksanaan kegiatan dari program ini yaitu:

  • 5x pertemuan sehari untuk kelas penghafal Al-Qur’an
  • 1x pertemuan seminggu untuk kelas character building di hari Sabtu

Biaya Program Tahfidz di Annajah

Kabar baiknya di sini adalah Annajah tidak mematok biaya pendidikan yang besar. Sehingga siapa pun yang ingin belajar menghafal Al-Qur’an bisa dengan mudah menangkapnya. Adapun besaran biaya dari masing-masing program seperti berikut.

1. Program menghafal Al-Qur’an dengan bahasa (Arab atau Inggris)

  • Infaq program 1 bulan Rp1.250.000
  • Infaq program 2 bulan Rp2.300.000
  • Infaq program 3 bulan Rp3.350.000
  • Infaq program 4 bulan Rp4.400.000
  • Infaq program 5 bulan Rp5.450.000
  • Infaq program 6 bulan Rp6.500.000

2. Program menghafal Al-Qur’an tanpa tambahan bahasa

  • Infaq program bulanan Rp750.000 per bulan (jika mengambil di atas 1 bulan maka biaya tambahannya Rp700.000 per bulan)
  • Infaq tahunan Rp8.000.000 per tahun

Melihat biaya yang ditawarkan tadi tentu saja itu masih sangat murah terlebih lagi banyak fasilitas yang disediakan oleh Annajah Pare. Beberapa fasilitas tadi seperti pengajar berkompeten, pendamping asrama, asrama nyaman. Modul & buku catatan, seragam, Al-Qur’an terjemahan, sertifikat penunjang, dan berbagai fasilitas berkualitas lainnya.

Berbagai fasilitas tersebut tentu membuat buah hati merasa nyaman dan lebih cepat dalam menghafalkan Al-Qur’an. Pengajar yang berkompeten akan mengajarkan cara menghafal Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai tajwid jadi tidak asal menghafal saja.

Itulah informasi terkait dengan Tahfidz Al-Qur’an mulai dari keutamaannya hingga Pesantren Annajah yang bisa dijadikan pilihan untuk sang buah hati belajar menghafalkan Al-Qur’an. Jadi jangan ragu lagi memasukkan anak ke pesantren sejak dini karena dengan begitu kemampuannya dalam menghafalkan Al-Qur’an akan lebih terasa semenjak dini.

Nah, jika ingin mempelajari lebih lanjut mengenai Tahfidz dan Tahsin tersebut, Anda atau bahkan anak-anak Anda dapat belajar ke pondok tahfidz modern An-najah di Pare, Jawa Timur.

Yuk kepoin programnya dan gabung sekarang juga!