Logo Website Annajah
Search

Lengkap! Inilah Program dan Biaya Karantina Tahsin Yang Harus Kamu Tahu!

lengkap! inilah program dan biaya karantina tahsin yang harus kamu tahu

Table of Contents

Memperbaiki bacaan Al-Quran atau yang dikenal dengan istilah Tahsinul Qur’an merupakan indikasi keimanan dari seorang muslim. Bacaan yang bagus dan benar merupakan cerminan dari rasa keyakinannya terhadap wahyu Allah ini.

Maka dari itu perlu bagi kaum muslim dan Muslimah dalam memperhatikan bacaan Al-Qurannya salah satu cara untuk memperbaiki bacaan tadi dengan mengikuti Karantina Tahsin. Tentu saja dengan tilawah yang bagus akan berpengaruh pada kualitas ibadah kalian disisi Allah SWT.

Contohnya begini dalam shalat bacaan Al-Fatihah yang berantakan dan tidak baik bisa menyebabkan shalat menjadi tidak sempurna. Hal ini tentu saja akan cukup untuk mempengaruhi kualitas shalat kalian di sisi Allah SWT.

Bila ditinjau menurut ilmu ushul fiqih, orang-orang yang tidak ingin melakukan perbaikan pada tilawah Al-Qur’an ke arah yang lebih baik serta sesuai kaidah tajwid, maka bisa dimasukan dalam orang yang lalai serta tidak memperdulikan kitabullah ini.

Manfaat yang bisa kalian peroleh salah satunya yaitu terhindar dari dosa serta bisa merangsang hari melakukan perenungan (tadabbur) pada ayat yang sedang dibaca ketika kalian melakukan Tahsinul Qur’an.

Melalui tilawah yang baik serta suara yang bagus tentu saja lantunan suara dari ayat-ayat Al-Qur’an tadi menjadi indah, meresap serta menggerakkan pikiran bagi pembacanya. Sebaiknya jika bacaan masih berantakan dan belum baik akan membuat keindahan dari mukjizat Al-Qur’an itu hilang.

Akibat dari hal tersebut tentu saja tilawah Al-Qur’an mengendur dan itu merupakan dampak negatif dari tilawah serampangan dan dilakukan tanpa bimbingan guru. Maka dari itu kalian harus segera melakukan perbaikan pada tilawah Al-Qur’an dengan bimbingan guru yang tepat salah satunya melalui program Karantina Tahsin.

Maka dari itu, mari kita memperbaiki tilawah Al-Qur’an kita dengan segera. Memperbaiki tilawah Al-Qur’an agar menjadi lebih baik merupakan kewajiban setiap muslim dalam mengimani dan bermuamalah dengan Allah swt.

Apa itu Karantina/Program Tahsin?

Tahsin memiliki makna yang berarti membaguskan jadi dalam hal ini mengandung artian membaguskan kualitas dari bacaan Al-Qur’an seseorang. Banyak yang menyebut Tahsin ini dengan Tajwid yang mana keduanya sama-sama menekankan pada perbaikan bacaan.

Al-Qur’an ini terdiri dari huruf-huruf hijaiah yang tentunya mempunyai tata aturan pada pelafalannya. Tentunya orang yang membaca Al-Qur’an haruslah memakai hukum yang sudah diatur di ilmu tajwid tadi.

Masing-masing huruf mempunyai makhraj serta hal yang harus diberikan ketika membacanya. Tidak hanya itu masing-masing huruf mempunyai sifat yang harus kalian penuhi saat huruf tadi dibunyikan. Jadi program Karantina Tahsin merupakan sebuah program yang memang dikhususkan untuk membantu kalian yang perlu perbaikan dalam membaca Al-Quran.

Sebenarnya program ini terbagi dalam beberapa kelas namun umumnya dibagi ke dalam tahap dasar (baru belajar mengaji) dan lanjutan (ingin memperbaiki bacaan).

  •         Tahsin Dasar

Pembelajaran ini diperuntukkan untuk kalian yang masih memerlukan bimbingan ketika membaca Al-Qur’an atau orang yang baru belajar mengaji dan belum sempurna bacaannya. Bahkan untuk kalian yang belum sama sekali mengenal hukum bacaan di dalam Al-Qur’an masuk kategori ini.

  •         Tahsin Lanjutan

Pembelajaran ini untuk para peserta yang dinilai sudah cukup baik dan lancar ketika membaca Al-Quran namun lebih ingin melakukan perbaikan dalam bacaannya dengan belajar memperdalam bidang tajwidnya.

Mengapa Karantina Tahsin?

Banyak yang bertanya kenapa harus ikut karantina atau program Tahsin, jawabannya tentu saja agar perbaikan dalam membaca Al-Qur’an bisa cepat dilakukan. Hal ini tentu saja manfaat yang diperoleh akan jauh lebih berbeda jika kalian hanya belajar Tahsin beberapa satu kali seminggu misalnya.

Melalui karantina ini kalian akan mengikuti program dengan latihan yang intensif sesuai dengan durasi waktu yang diinginkan seperti 1 bulan, 2 bulan atau 3 bulan sesuai dengan keinginan. Tentu saja dengan adanya target waktu tadi kalian bisa dengan cepat mempelajari tajwid sehingga keinginan membaca Al-Qur’an dengan benar.

Bahkan ketika kalian ikut dalam karantina untuk Tahsin, kalian akan berada pada lingkungan yang mendukung untuk itu sehingga rasa semangat akan tumbuh. Bahkan aktivitas kalian selama karantina akan dibuat sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai ketika belajar Tahsin.

Biaya Program Tahsin di Annajah Pare

Berbicara mengenai Karantina Tahsin ada salah satu tempat yang bisa kalian jadikan pilihan yaitu Annajah Pare. Sebenarnya banyak program yang ditawarkan namun khusus bagi kalian yang ingin melakukan perbaikan bacaan Al-Qur’an maka pilihan jatuh kepada Program Tahsin.

Program ini akan menawarkan berbagai macam hal yang tentunya akan sangat bermanfaat ketika kalian ikuti seperti berikut.

  •         Belajar membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid
  •         Menghafal berbagai surat pilihan
  •         Islamic character building

Untuk biaya yang harus kalian bayarkan dalam program ini dikenal dengan infaq program yang besarannya sesuai dengan durasi programnya.

  •         1 bulan Rp750.000
  •         2 bulan Rp1.450.000
  •         3 bulan Rp2.150.000

Program Tahsin ini dilakukan 5x dalam satu hari yang tentunya akan dibimbing oleh ustadz dan ustadzah berpengalaman dalam mengajar tahsin. Sedangkan untuk kelas bonus berupa character building akan dilaksanakan setiap Sabtu.

Mengapa Program Tahsin di Annajah Pare?

Tentu saja kalian akan bertanya-tanya kenapa harus mengikuti Karantina Tahsin di Annajah Pare. Banyak alasan kenapa harus menjatuhkan pilihan di sini dan diantaranya sebagai berikut.

  •         Tempat belajar terpisah

Asrama untuk tempat pembelajaran antara santri putra dan putri terpisah yang tentunya dilengkapi juga dengan para pendamping asrama masing-masing.

  •         Tidak sekedar menghafal Al-Qur’an

Tidak hanya menyediakan program untuk tahfidz dan Tahsin saja namun untuk kalian yang belajar di sana akan dibekali dengan skill berbahasa asing, Islamic character building, dan life skill pada era digital.

  •         Tenaga pendidik berkompeten

Jangan khawatir masalah tenaga pendidiknya karena Annajah menyeleksi secara ketat para tenaga pendidiknya yang tentu saja ahli serta berpengalaman di bidangnya masing-masing termasuk Tahsin.

  •         Ikatan kekeluargaan erat

Untuk kalian yang memutuskan untuk mengikuti karantina di Annajah jangan merasa takut dan khawatir karena di sini kalian akan menemukan keluarga baru yang siap membantu serta mendukung untuk menghafalkan Al-Qur’an.

  •         Lingkungan belajar kondusif

Annajah ini masih berada di lokasi Kampung Bahasa Pare, tentunya hal itu termasuk kondusif guna menunjang proses pembelajaran para santrinya.

  •         Memperoleh sertifikat penunjang

Setelah kalian menyelesaikan program di Annajah maka akan memperoleh sertifikat yang dapat digunakan guna menunjang dalam melanjutkan studi maupun bekerja.

  •         Fasilitas lengkap

Fasilitas yang tersedia lengkap seperti masjid, kelas, asrama, dan tentunya seluruhnya sudah dilengkapi protokol kesehatan yang diterapkan guna mencegah penyebaran dari Covid-19.

  •         Channel pembayaran resmi

Untuk masalah pembayaran jangan takut karena Annajah memakai rekening bank memakai nama resmi pondok. Hal ini bertujuan untuk menjamin keamanan ketika melakukan transaksi pembayaran program.

Jadi itulah hal-hal yang perlu kalian ketahui perihal Karantina Tahsin di Annajah. Kualitasnya sudah terbukti bagus dengan biaya yang sangat terjangkau sehingga kalian akan sangat dipermudah dalam belajar Tahsin Qur’an.

Nah, jika ingin mempelajari lebih lanjut mengenai Tahfidz dan Tahsin tersebut, Anda atau bahkan anak-anak Anda dapat belajar ke pondok tahfidz modern An-najah di Pare, Jawa Timur.