close
Logo Website Annajah
Search

Mengenal Lebih Dalam Tentang Fikih Muyassar

Table of Contents

Salah satu ilmu dasar yang harus dimiliki oleh umat muslim adalah fikih dan hukum Islam, karena terdapat tata cara beribadah kepada Allah dengan benar dan sesuai syari’at.

Hukum-hukum syari’at dibahas dengan utuh dan juga menyeluruh dalam kitab Fikih Muyassar. Selain itu juga panduan fikih dan juga hukum Islam dijelaskan dengan praktis, ringkas dan mudah dipahami.

Apa Itu Kitab Fikih Muyassar?

Kitab Fikih Muyassar merupakan kitab yang membahas tentang hukum-hukum syar’i yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan dalil dan juga hukum fikih yang digunakan.

Tujuan dari adanya kitab tersebut adalah agar setiap umat muslim dapat mengetahui tentang hukum fikih dan juga perbuatan-perbuatan hamba yang berhubungan dengan dirinya dan juga masyarakat sekitar. Di dalam kitab tersebut juga dijelaskan tentang tata cara beribadah kepada Allah.

Pengarang dari kitab Fikih Muyassar adalah Muhammad Imaduddin, Ade Ichwan Ali, Malik Fadh dan juga Kompilasi Ulama Fikih Lembaga. Kitab ini membahas tentang berbagai permasalahan fikih yang berhubungan dengan beribadah kepada Allah seperti shalat, puasa, haji, zakat, thaharah dan lain sebagainya. Selain itu juga membahas tentang urusan muamalat seperti jual beli, pinjam meminjam, sewa menyewa dan lain sebagainya.

Pembahasan yang terdapat dalam kitab ini juga dilengkapi dengan dalil-dalil syar’i yang diambil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah. Bahasa yang ditulis juga mudah untuk dipahami terutama bagi kalangan awam agar dapat langsung dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Mempelajari Fikih Muyassar

Dengan mempelajari kitab Fikih Muyassar ini kita dapat memahami fikih serta hukum-hukum Islam yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pembahasan yang ringkas dan juga ringan tentu memudahkan kita dalam memahami materi yang ada di dalam kitab tersebut.

Setiap pembahasannya juga didasari dengan dalil yang diambil dari Al-qur’an, As-sunah, Ijma’ dan Qiyas dengan bahasa yang santai. 

Apa Saja yang Dipelajari dalam Kitab Fikih Muyassar

Dalam kitab ini kita akan mempelajari tentang Fikih dan juga hukum Islam yang sesuai dengan syari’at dan juga disertai dengan dalil-dalil yang berasal dari Al-qur’an dan As-Sunah. Berikut adalah isi dari kitab tersebut:

1. Pengantar Ilmu Fikih

Pada kata pengantar atau mukadimah terdapat penjelasan yang bagus tentang fikih dan juga semua yang penting untuk diketahui secara mendasar bagi umat muslim.

2. Kitab Thaharah (bersuci)

Berisi tentang hukum air yang suci, adab ketika berhajat, siwak, wudhu, sunah-sunah fitrah, cara mensucikan haid dan nifas, menggunakan perban dan gips saat berwudhu, mengusap khuf, mandi, tayamum dan juga najis.

3. Kitab Shalat

Berisi tentang pengertian dan juga kedudukan shalat, adzan dan iqamah, serta juga terdapat waktu-waktu yang digunakan untuk shalat, syarat dan rukun shalat, shalat-shalat sunnah, sujud tilawah, sahwi dan syukur, shalat jama’ah, cara menjadi imam dalam shalat, shalat yang dilakukan jika orang tersebut mempunyai udzur, shalat Jum’at, shalat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, shalat gerhana, cara mengurus jenazah dan sholat jenazah, serta shalat yang dilakukan ketika dalam keadaan genting.

4. Kitab Zakat

Pada bagian ini terdapat hukum zakat emas dan perak, zakat hewan ternak, zakat fitrah, zakat hasil bumi, serta siapa saja yang berhak menerima zakat-zakat tersebut.

5. Kitab Puasa

Berisi tentang hukum puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, alasan diperbolehkannya tidak berpuasa, hal yang sunah dan makruh dilakukan saat berpuasa, qadha’ puasa, yang termasuk puasa sunah, makruh, bahkan haram.

6. Kitab Haji

Berisi tentang rukun dan wajib haji, tata cara haji dan umroh yang sesuai dengan syari’at, larangan ihram, hewan qurban dan aqiqoh, serta tempat-tempat yang dianjurkan untuk diziarahi di Madinah.

7. Kitab Jihad

Berisi tentang hukum, syarat, serta faktor yang dapat menggugurkan kewajiban jihad, harta rampasan, gencatan senjata, serta orang-orang kafir yang tidak boleh dibunuh.

8. Kitab Muamalat

Muamalat akan membahas tentang jual beli, pinjaman, riba, gadai, mutasi piutang, pinjam meminjam dan segala permasalahan tentang perdagangan.

9. Kitab Warisan

Pada pembahasan ini terdapat tentang wasiat, pembagian warisan.

10. Kitab Nikah dan Perceraian

Membahas tentang hukum dan hikmah menikah, hak pernikahan dan kewajiban, pesta pernikahan, syarat sah akad nikah, mahar, serta segala permasalahan perceraian.

11. Kitab Jinayat (tindak kriminal)

Membahas tentang hal-hal yang terkait dengan tindakan kriminal

12. Kitab Had (hukum pidana syari’at)

Membahas tentang definisi, syari’at serta hikmah hukuman had, had menuduh orang berzina, had mencuri, had meminum khamar, hukuman had zina, hingga murtad.

13. Kitab Sumpah dan Nadzar

Membahas perilaku dan hukum bersumpah atau bernadzar, baik kepada diri sendiri, Allah dan sesama umat manusia.

14. Kitab Peradilan Kesaksian

Membahas mengenai hukum dan peradilan yang berkaitan dengan kesaksian atau memberikan saksi terhadap sesuatu hal. 

15. Kitab Makanan, Sembelihan, Hewan Buruan

Membahas mengenai hukum makanan, halal dan haram hewan sembelihan dan buruan dan sejenisnya. 

Semua pembahasan tentang Fikih dan Hukum Islam yang terdapat dalam kitab Fikih Muyassar ini berdasarkan dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunah, sehingga kitab ini layak dijadikan sebagai pedoman menyelesaikan permasalahan agama yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Yuk pelajari lebih dalam berkaitan dengan informasi dan ilmu agama Islam lainnya bersama Annajah.