close
Logo Website Annajah
Search

Pentingnya Belajar Tahsin dan Penjelasan Lengkapnya!

belajar tahsin dan alasannya

Table of Contents

Hukum mempelajari Al-Qur’an, baik itu belajar memperbaiki bacaan sesuai ilmu tajwid (belajar Tahsin) maupun mengkaji isi kandungannya dihukumi wajib untuk setiap muslim. Untuk itu setiap muslim diharuskan mencari guru atau tempat yang tepat untuk mempelajari Al-Qur’an atau disebut dengan istilah Tahsin.

Lalu apa pentingnya Tahsin Al-Qur’an? Banyak yang menanyakan hal ini apalagi saat ini banyak pesantren motivator Al-Qur’an yang berupaya menggerakkan generasi muda untuk senantiasa dekat dengan Al-Qur’an.

Terutama bagi orang-orang yang belum lancar membaca Al-Qur’an, penting untuk belajar memperbaiki bacaan sehingga tidak salah atau keliru dalam membaca kitab suci. Apalagi setiap perbedaan membaca satu huruf saja sudah memiliki makna yang berbeda, sehingga Tahsin Qur’an sangatlah penting.

Apa Itu Tahsin?

Belajar serta mengamalkan ajaran yang terdapat di dalam Al-Qur’an tidak boleh sembarangan. Semuanya harus didasari dengan ilmu dalam proses belajar Al-Qur’an, yakni Tahsin Quran.

Secara sederhana, Tahsin artinya memperbaiki bacaan Al-Qur’an. Dalam penjelasan yang lebih luas Tahsin Quran memiliki arti bahwa dalam membaca kitab suci Al-Qur’an harus tepat dan benar demi menjaga kemurnian praktik dakwah seperti yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Dalam bahasa Arab, Tahsin berasal dari kata “Hasana” yang artinya baik atau memperbaiki, menguatkan, dan memperkaya. Dengan begitu, Tahsin Al-Qur’an adalah proses penyempurnaan hal-hal yang bersangkutan dengan kesempurnaan dalam melafalkan pengucapan huruf di dalam Al-Qur’an. Begitu pula di dalamnya yaitu pengucapan hukum hubungan antara huruf dengan huruf lain seperti bacaan izhar, ikhfa, idgham, dan bacaan lainnya dalam ilmu tajwid.

Lalu apa itu ilmu tajwid? Pada qiroah atau keterampilan membaca Al-Qur’an terdapat istilah ilmu tajwid. Ilmu tajwid merupakan ilmu yang mempelajari kaidah-kaidah serta cara mengucapkan atau membunyikan setiap huruf dalam Al-Qur’an dengan baik dan benar beserta dengan hukum bacaannya.

Secara spesifik hukum belajar Tahsin atau ilmu tajwid adalah fardhu kifayah sementara hukum membaca Al-Qur’an dengan menggunakan aturan ilmu tajwid adalah fardu ‘Ain. Dengan demikian maka membaca Al-Qur’an dengan menerapkan hukum bacaan sesuai ilmu tajwid hukumnya menjadi wajib.

Bagi siapa pun yang membaca Al-Qur’an tidak menerapkan hukum tajwid dan tidak ada niat dan tindakan untuk memperbaiki bacaannya, maka dihukumi dosa karena Allah menurunkan Al-Qur’an beserta dengan tajwidnya. Oleh karenanya, dalam melakukan serangkaian proses membaca Al-Qur’an diharuskan mempelajari ilmu tajwidnya terlebih dahulu demi kesempurnaan saat membacanya.

Mengapa Belajar Tahsin?

Apakah kamu yakin bahwa selama ini kamu sudah membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai tuntunan Rasulullah? Apakah kamu telah membaca setiap huruf sesuai dengan sifat dan makhrajnya? Sangat penting bagi setiap orang untuk mencari guru yang tepat sehingga dapat mengoreksi bacaan Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Bagi kamu yang belum lancar membaca Al-Qur’an maka belajarlah sehingga bisa membaca kitab suci yang berdasarkan ilmu tajwid. Ada beberapa alasan mengapa belajar Tahsin sangat dibutuhkan.

1. Melantunkan Al-Qur’an Sesuai Tajwid Hukumnya Fardhu Ain

Mempelajari teori untuk membaca Al-Qur’an hukumnya fardhu kifayah, tetapi praktek membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwid dan kaidah hukumnya fardhu ain seperti dilansir dari laman. Bagaimana bisa seseorang dapat membaca Al-Qur’an dengan baik jika tidak ingin belajar memperbaikinya?

Karena membaca Al-Qur’an sesuai tajwid hukumnya fardhu ain, maka hal ini menjadi alasan utama mengapa harus belajar memperbaiki bacaan. Tidak ada kata terlambat untuk belajar bahkan jika sudah dewasa sekalipun.

Dengan mempelajari Tahsin, kemampuan membaca Al-Qur’an akan meningkat seperti dilansir dari sebuah penelitian pada tahun 2023.

2. Cara Untuk Memuliakan Al-Qur’an

Selain itu, setiap muslim sangat diutamakan untuk membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar karena hal ini menjadi salah satu bentuk untuk memuliakan Al-Qur’an. Sebagaimana yang diketahui bahwa Al-Qur’an merupakan wahyu Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril sebagai pedoman hidup manusia.

Untuk itu, ketika membaca kitab suci Al-Qur’an tidak boleh serampangan tanpa kaidah karena Al-Qur’an merupakan firman Allah yang mulia. Jadi sebagai umat muslim yang baik harus belajar membaca Al-Qur’an sesuai dengan hukum bacaannya.

3. Supaya Tidak Mengubah Arti Ayat

Selain itu, saat membaca Al-Qur’an tanpa didasari ilmu tajwid, maka bisa menyebabkan kesalahan yang fatal karena bisa mengubah makna dari firman Allah tanpa disadari. Perlu diketahui bahwa setiap huruf pada Al-Qur’an memiliki sifat dan cara membacanya yang berbeda-beda.

Apabila terdapat kesalahan dalam membaca huruf pada Al-Qur’an, maka tidak menutup kemungkinan jika maknanya pun berubah. Oleh karena itu harus berhati-hati dan senantiasa belajar ilmu tajwid.

4. Agar bacaan menjadi penyejuk hati bagi diri sendiri dan orang lain

Tentunya sangat berbeda ketika mendengar bacaan Al-Qur’an yang sudah baik dan bacaan Al-Qur’an yang belum sempurna. Pentingnya untuk belajar Tahsin Al-Qur’an yaitu supaya bacaan Al-Qur’an kita dapat menjadi penyejuk hati bagi diri sendiri maupun orang lain yang mendengarnya.

Allah menjadikan Al-Qur’an sebagai obat baik obat jasmani maupun rohani. Jika membaca Al-Qur’an dengan baik maka Allah senantiasa memberikan kesejukan hati dan kesembuhan bagi siapa pun yang membaca dan mendengarnya.

5. Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda

Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang mahir dalam membaca Al-Qur’an akan bersama para malaikat yang mulia dan taat, dan orang yang membaca Al-Qur’an dengan terbata-bata serta mengalami kesulitan, maka ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Muslim). Dengan belajar tahsin, kita dapat membaca Al-Qur’an dengan lebih lancar dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

6. Meningkatkan Pemahaman dan Hafalan

Ketika kita membaca Al-Qur’an dengan benar, kita lebih mudah menghafal dan memahami ayat-ayatnya. Pengucapan yang benar dan intonasi yang tepat membantu kita dalam mengingat dan menginternalisasi ayat-ayat Al-Qur’an dengan lebih baik.

Belajar tahsin bukan hanya tentang memperbaiki bacaan, tetapi juga tentang meningkatkan kualitas spiritual dan keagamaan kita secara keseluruhan.

Program Tahsin di Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah Pare

Bacaan Al-Qur'anmu Sudah Benar & Lancar Belum? #belajarngaji #belajartajwid #belajartahsin

Jika kamu ingin bergabung dan ikut serta dalam program kelas Tahsin Quran, saat ini terdapat program Tahsin di pondok tahfidz dan bahasa Arab Annajah Pare. Kamu dapat memilih paket kelas yang tersedia.

Pengajarnya merupakan ustadz dan ustazah yang kompeten dalam bidangnya. Program ini tebuk untuk umum sehingga memberikan kesempatan yang sebesar-besarnya untuk kamu yang ingin belajar tajwid.

Jangan khawatir, materi akan disampaikan dari awal mulai dasar-dasar belajar Qur’an. Tidak ada kata terlambat untuk belajar Al-Qur’an, karenanya kamu bisa menggunakan kesempatan ini sebagai wadah untuk mendekatkan diri dengan Al-Qur’an.

Biaya Program Tahsin di Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah Pare

Terdapat dua kategori paket kelas program Tahsin dengan informasi detail infaq program sebagai berikut.

1. Program 3 Bulan

Bagi yang ingin menggunakan waktu ekstra maksimal dalam belajar Al-Qur’an, di sini tersedia program kelas Tahsin selama 3 bulan dengan biaya atau infaq program sebesar Rp2.250.000. Menariknya, saat ini sedang ada promo sehingga kamu cukup infaq sebesar Rp.1.500.000 saja!

Dalam waktu 3 bulan penuh kamu sudah dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar serta menguasai ilmu tajwid.

2. Program 6 Bulan

Jika ingin lebih dalam lagi mempelajari tahsin, ada program selama 6 bulan dengan biaya atau infaq program sebesar Rp. 4.500.000 yang saat ini juga sedang promo seharga Rp. 3.000.000 saja!

Apabila kamu sedang mencari tempat untuk belajar Tahsin Al-Qur’an, Annajah Pare menjadi salah satu tempat terbaik. Kamu akan dipimpin oleh ustadz atau ustazah yang berpengalaman dalam mengajar Tahsin.

Tentunya cara penyampaiannya pun sangat mudah dipahami sehingga memudahkan kamu dalam menjalani proses memperbaiki bacaan Al-Qur’an.

Nah, jika ingin mempelajari lebih lanjut mengenai Tahfidz dan Tahsin, yuk gabung sekarang juga di Program Tahsin Al-Qur’an Annajah!