close
Logo Website Annajah
Search

Pentingnya Belajar Bahasa Arab Nahwu Shorof

Table of Contents

Agar menguasai bahasa Arab maka penting untuk belajar ilmu nahwu shorof karena merupakan aspek mendasar yang harus dipelajari. Belajar bahasa Arab nahwu shorof menjadi dasar bagi pembelajaran yang biasanya digunakan dalam pendidikan pesantren.

Ilmu nahwu sendiri merupakan ilmu yang membahas tentang struktur kalimat yang ada dalam bahasa Arab, bentuknya seperti rafa’, nashab, jer dan jazm. Fokus ilmu nahwu yaitu pada pengkajian keadaan huruf yang berada pada baris terakhir dalam kata-kata bahasa Arab.

Sedangkan ilmu shorof merupakan ilmu yang fokus mempelajari tentang bentuk kalimat dalam bahasa Arab beserta hal ihwalnya, seperti shahih, huruf asli, huruf tambahan dan juga illatnya. Ilmu nahwu dan juga shorof berfungsi untuk dijadikan acuan dalam memahami tata bahasa dan juga menguasai bahasa Arab terutama pada kurikulum pendidikan pesantren.

Mengapa kita harus mempelajari ilmu nahwu shorof?

Untuk memahami bahasa Arab tentunya kita harus mempelajari ilmu nahwu shorof karena kedua bidang studi tersebut mempunyai peranan yang penting sebagai dasar berkomunikasi, membaca, bahkan menulis bahasa Arab dengan benar.

Belajar bahasa Arab nahwu shorof mungkin akan menjadi tantangan tersendiri bagi pemula, karena harus benar-benar memahami secara menyeluruh tentang aturan dalam tata bahasa, bentuk kata dan juga struktur kalimat. 

Adanya Al-Qur’an dan Hadits serta semua teks-teks tentang agama yang menggunakan bahasa Arab membuat kita harus mampu menguasai bahasa Arab beserta tata bahasanya. Untuk mampu menguasai bahasa Arab maka terdapat dua ilmu dasar yang harus dipelajari yaitu nahwu dan shorof, tujuannya agar kita dapat terhindar dari kesalahan baik ucapan maupun tulisan dalam bahasa Arab.

Teks-teks bahasa Arab terutama yang diambil dari Al-qur’an dan Hadits harus benar-benar dipahami dengan baik dan benar. Itulah pentingnya belajar ilmu nahwu dan shorof agar ketika memberi makna pada teks yang berbahasa Arab tidak dilakukan secara asal-asalan.

Apa Saja yang Dipelajari dalam Bahasa Arab Nahwu Shorof?

Ilmu nahwu shorof berfokus pada pembelajaran untuk memahami aturan tata bahasa. Nahwu yang berfokus pada pembelajaran tentang struktur dan juga susunan kata pada sebuah kalimat, sedangkan shorof berfokus pada pembelajaran tentang bentuk dan perubahan kata.

Kedua ilmu tersebut merupakan bidang ilmu yang saling berhubungan untuk memberikan pemahaman tentang bahasa Arab baik dalam berkomunikasi, menulis, ataupun membaca dengan benar.

Belajar bahasa Arab nahwu shorof mempunyai materi-materi berbeda yang diajarkan, misalnya dalam ilmu nahwu materi yang diajarkan adalah konsep dasar yang ada dalam tata bahasa Arab seperti yang akan dijelaskan berikut:

1. Isim

Merupakan kata benda yang ada dalam bahasa Arab dan mempunyai gender (jenis kelamin), jumlah dan juga kasus yang bermacam-macam. Bentuk isim yang dipelajari dalam ilmu nahwu adalah isim mabni ( semua bentuknya ditulis sama) dan isim mu’rab (bentuknya akan berubah sesuai jumlah dan kasus)

2. Fi’il

Merupakan kata kerja yang ada dalam bahasa Arab dan mempunyai tiga jenis yaitu madi, mudhori’ dan amr. Selain itu juga terdapat enam jenis bentuk atau wazan yang berbeda. Pembelajaran ilmu nahwu digunakan dalam membentuk kata kerja baik dalam waktu, jenis dan juga kaidah-kaidahnya.

3. Harf

Merupakan kata depan dan juga kata penghubung yang digunakan dalam menghubungkan kata ke dalam sebuah kalimat dalam bahasa Arab. Jenis-jenis harf yang dipelajari dalam ilmu nahwu ini adalah harf jar (kata depan), harf jazm (penghubung kata kerja) dan harf nasb (penghubung kata benda).

4. Kalimat

Pembentukan kalimat dalam bahasa Arab tentunya mengikuti aturan tata bahasa dalam susunan kalimatnya dan juga kaidah-kaidah dalam penggunaan kata-kata yang ada pada kalimat.

Pentingnya mempelajari konsep dasar isim, fi’il, harf dan kalimat dalam ilmu nahwu, serta memahami kaidah-kaidah tata bahasa yang ada pada bahasa Arab agar penggunaan bahasa Arab dapat digunakan dengan lancar dan juga tepat. Sedangkan dalam ilmu shorof membahas tentang beberapa topik di bawah ini:

  • Mempelajari bentuk kata kerja (wazan) serta cara menggunakan kata kerja tersebut dengan tepat dan juga menciptakan suasana hati yang berbeda.
  • Mempelajari tentang kata benda (isim) serta cara mengelompokkan mereka berdasarkan gender, kasus dan juga jumlah.
  • Mempelajari tentang jenis huruf serta cara menggunakan dan menghubungkan kata ke dalam sebuah kalimat.

Pembelajaran ilmu shorof membantu memberikan pembelajaran tentang struktur kata yang ada dalam bahasa Arab sehingga kita bisa dengan lancar dan juga akurat dalam membaca bahasa Arab.

Di mana Belajar Bahasa Arab Nahwu Shorof?

Belajar bahasa Arab nahwu shorof biasanya ada pada kurikulum Islam, pesantren, atau Islamic School. Tujuan pembelajaran tersebut tentunya untuk memudahkan dalam membaca kalimat dalam bahasa Arab agar benar dan juga tepat, karena jika salah dalam membaca atau menulis kata dalam bahasa Arab maka akan merusak arti asli dari kata tersebut.

Belajar Bahasa Arab dan Hafalan Al-Quran di Pondok Tahfidz Annajah

Jika Anda masih bingung di mana tempat belajar bahasa Arab yang aktif dan interaktif plus bisa belajar hafalan atau tahfidz quran, Annajah solusinya. 

Di sini terdapat pilihan program yang menarik mulai dari tahfidz hingga boarding school, yang sekaligus memungkinkan Anda bisa fasih berbahasa Arab maupun bahasa Inggris. 

Durasi program belajar juga beragam yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar Anda. Tunggu apa lagi? Yuk cari info lebih dalam terkait program-program Annajah selengkapnya, segera daftarkan diri Anda dan orang terdekat sekarang juga!