close
Dauroh Tahsin Tahfidz Ramadhan
Logo Website Annajah
Search

Ternyata 10 Fan Ilmu Agama Ini Juga Penting Untuk Dipelajari!

Selain Nahwu Shorof, Ternyata 10 Fan Ilmu Agama Ini Juga Penting Untuk Dipelajari!

Table of Contents

Islam menorehkan banyak peristiwa dan sejarah. Oleh karena itu, banyak juga ilmu – ilmu yang menurun hingga zaman sekarang yang bersumber pada zaman dahulu. Al-Quran merupakan contoh dari ilmu yang digunakan sampai sekarang.

Alquran adalah kumpulan wahyu-wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Terdapat banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari Al Quran tentunya dengan tafsir yang benar sehingga makna dari Al Quran tersebut jelas.

Dari banyaknya Ilmu yang disampaikan dalam Al Quran serta ilmu – ilmu lain yang diajarkan oleh Nabi, Sahabat, Khalifah dan lainnya, semua ilmu tersebut perlu kita saring. Kiranya mana saja yang layak kita pelajari dalam kehidupan kedepannya dan kita terapkan di zaman ini.

Nah, untuk memperluas ilmu, disini kita membahas tentang cabang-cabang ilmu agama atau macam–macam ilmu agama (Fan Ilmu Agama).

Apa Itu Fan Ilmu Agama?

Dalam Agama Islam banyak sekali ilmu – ilmu yang dapat kita pelajari terutama dalam Kitab Al Quran. Ada banyak juga ajaran dari leluhur kita di zaman kejayaan Islam. Dari itu kita perlu untuk menyaringnya, memilih dan memilah mana saja ilmu yang layak kita pelajari. Dalam fan/cabang-cabang ilmu agama terdapat fan yang perlu kita pelajari dalam kehidupan.

Macam – macam Fan Ilmu

Berikut adalah ilmu-ilmu yang wajib kita pelajari yaitu sebagai berikut.

  1.     Ilmu Aqidah/ Ilmu Tauhid

Ilmu tauhid adalah ilmu yang belajar tentang sifat – sifat Allah SWT, dan sifat para utusannya. Sifat-sifat tersebut terdiri dari sifat jaiz, sifat yang mustahil, dan sifat wajib. Ilmu ini dapat menerangkan suatu hal yang dapat masuk akal untuk dijadikan bukti atas dalil agar dapat didengar tanpa ada keraguan hati.

  1.     Ilmu Al Quran

Secara etimologi, Ulumul Quran berasal dari dua kata yang pertama yaitu ulum yang berarti jamak dari kata ilmu, menjadi ilmu-ilmu Al Quran. Jadi Ulumul Quran yaitu kumpulan – kumpulan ilmu yang ada pada Al Quran, dengan demikian ilmu tafsir, ilmu qira’at asbabun nuzul dan lainnya adalah termasuk Ulumul Quran.

  1.     Ilmu Akhlaq

Ilmu Akhlak adalah ilmu yang berkaitan dengan tingkah laku manusia. Ilmu ini mempelajari tingkah laku, sopan santun manusia dalam pergaulan sehari hari ataupun kepada pencipta-Nya.

Dalam berkehidupan kita tidak boleh bertingkah laku sesuka hati kita atau seenaknya saja, dalam ilmu ini kita mempelajari bagaimana kita bertingkah laku sebagaimana peraturan yang ada baik secara ilmu agama ataupun dalam peraturan dimana kita berada.

  1.     Ilmu Hadist

Secara terminologi Hadist adalah segala perkataan dan segala perbuatan Nabi Muhammad SAW. Sedangkan secara Bahasa Hadist adalah perkataan, percakapan dan perbuatan.

Kita layak mempelajari ini karena Hadist ini adalah perkataan dan perbuatan nabi dan kita patut untuk mencontohnya dalam kehidupan sehari – hari.

  1.     Ilmu Ushul Fiqh

Ilmu Fiqh adalah ilmu untuk mengetahui hukum-hukum Allah SWT yang berhubungan dengan segala perbuatan baik wajib, sunnah, haram, mubah, makruh yang tentunya dengan dalil – dalil yang shahih atau benar.

  1.     Ilmu Faraidh

Faraidh merupakan bentuk jamak dari kata Faridhoh, diambil dari kata fardh yang artinya takdir atau ketentuan. Ilmu ini termasuk dalam ilmu fiqih yang mempelajari tentang hukum waris serta pembagian lengkapnya.

  1.     Ilmu Tajwid

Arti tajwid secara etimologi atau menurut bahasa yaitu memperindah sesuatu. Sementara itu, menurut istilah, tajwid yaitu mempelajari tentang kaidah dan tata cara membaca Al Quran dengan baik dan benar.

Tujuan dari belajar ilmu tajwid ini untuk menjaga bacaan Al-Quran dari adanya kesalahan dan juga perubahan dalam membacanya, serta menjaga lisan dari kesalahan membaca Al Qur’an.

Belajar Ilmu tajwid hukumnya Fardhu Kifayah sedangkan hukum membaca Al Quran dengan baik dan benar menurut kaidahnya hukumnya Fardhu Ain.

Dan ada lagi pembagian atau macam-macam fan ilmu yaitu ilmu alat yang akan dijelaskan di bawah ini.

  1.     Shorfun/Shorof

Ilmu ini mempelajari tentang morfologi suatu kata dalam Bahasa arab. Perubahan dari bentuk ke bentuk lainnya yang menghasilkan perubahan makna yang dimaksud.

Contoh dari Fi’il (kata kerja) Madhi menjadi Fi’il Mudhori, Masdar (kata benda), Isim fa’il (pelaku), isim maf’ul (kata benda objek) dan lainnya.

  1.     Nahwu

Ilmu Nahwu ini mempelajari tentang gramatikal pada Bahasa arab bagaimana status jabatan sebuah kata (kalimah) pada suatu kalimat (kalam). Apakah dia menjadi fa’il (pelaku/subjek), atau menjadi maf’ul (objek) atau menjadi jabatan lainnya.

  1.     Khot

Dalam Bahasa arab pun ada tata cara penulisan Bahasa arab yang terkandung dalam ilmu khot ini, dalam Bahasa Arab ada standar 7 jenis tulisan yaitu Naskhi, Farisi, Diwani jail, Diwani, Riq’ah, Tsulusi, Kufi.

  1.     Arudl

Arudl merupakan ilmu yang mempelajari tentang bahar. Bagaimana suatu nadhm disusun dengan 16 bahar yang sudah ada.

  1.     Bayan

Ilmu ini lebih sulit daripada ilmu shorof, ilmu ini mempelajari tentang majas dan perumpamaan dalam bahasa arab. Seperti halnya ilmu shorof, ilmu bayan ini juga membahas satu kata yang tidak melihat hubungannya dengan kata lain.

  1.     Ma’ani

Hampir sama pada ilmu bayan, ilmu ini sama sukarnya. Ilmu ini mempelajari lebih ke penambahan makna yang muncul karena ada perubahan susunan dalam kalimat Bahasa arab. Ilmu ini tidak hanya membahas satu kalimat saja, tapi melihat hubungan dengan kalimat bahasa arab yang lain juga.

  1.     Qofiyatun

Ilmu ini mempelajari dan membahas tentang mengatur bagaimana ujung satar awal harus sama dengan ujung satar tsani dalam satu bait. Satar adalah potongan suatu bait dalam satu nadhm.

  1.     Syi’run

Ilmu ini mempelajari serta membahas tentang bagaimana cara membuat syi’iran dalam Bahasa arab.

  1.     Isytiqoqun

Ilmu ini adalah pencetakan suatu lafadz dari lafadz yang lain. Sebenarnya Lafadz Allah – pun berasal dari kata ilahun setelah melalui berbagai perubahan, demikian juga dengan lafadz – lafadz lainnya.

  1. Insyaa’

Ilmu ini membahas dan mempelajari tentang bagaimana kita membuat kalimat Bahasa arab dengan baik dan benar. Biasanya Latihan dalam ilmu ini adalah dengan Menyusun urutan kata sembarang.

  1. Munadhoroh

Ilmu ini adalah ilmu tentang argument. Saat kita beradu argumen, agar argument sesuai dengan aturan, maka dibuatlah ilmu ini.

  1. Lughoh

Ilmu ini belajar tentang kosa kata dalam bahasa arab. Sepeti halnya vocabulary dalam Bahasa inggris.

  1. Ilmu Hikmah

Ilmu hikmah adalah ilmu batin dengan metode zikir dan doa. Ilmu ini tentunya menurut akidah dan syariat Islam, yang ditujukan pada urusan dunia dan lain – lainnya.

Nah itulah pengertian mengenai fan ilmu agama dan juga macam-macamnya. Mempelajari semua hal tersebut tidak perlu terburu-buru. Pelan tapi pasti, asal paham dengan benar, ilmu tersebut akan memberikan manfaat yang baik, baik dalam segi bahasa maupun kehidupan.

Buat kamu yang ingin belajar lebih dalam tentang bahasa arab kamu bisa membaca artikel Kosa Kata Bahasa Arab Seputar Kamar Tidur