Logo Website Annajah
Search

Isim Tasniyah: Definisi, Fungsi, Anggota, dan Contohnya

isim tasniyah

Table of Contents

Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan dalam kitab suci Al-Qur’an dan merupakan salah satu bahasa yang terbilang cukup sulit dan rumit untuk dipelajari dan dipahami dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat banyak ilmu yang dibahas mengenai kebahasaan dalam bahasa Arab. 

Beberapa kesulitan yang dialami yaitu, salah satunya yaitu pada tulisan arab gundul maupun tulisan arab tanpa harakat, sehingga tulisan tersebut dapat dibaca dengan beberapa cara dan apabila beda cara baca maka beda juga artinya.

Definisi Isim Tasniyah 

Pengertian Isim Tasniyah merupakan lafadz yang menunjukkan makna dua tambahan di akhir kata dengan isim yang berubah-ubah (mu’rob), tambahan alif dan nun maupun dengan tambahan ya’ dan nun. 

Maka cara untuk membuat isim tasniyah adalah dengan menambahkan alif dan nun atau ya’ dimana nun pada bentuk mufrad (tunggal).

Isim tasniyah merupakan lafazh isim yang menunjukkan makna ganda atau dobel, baik untuk isim mudzakkar maupun isim muannats. 

Sebuah makna disebut sebagai isim tasniyah apabila dapat menunjukkan makna ganda atau dua dengan sebab pada akhirnya telah ditambahi huruf alif dan nun dalam tingkah rofa’ dan ditambah dengan  ya’ dan nun dalam tingkah nashob dan jer. 

Isim tersebut dapat dipisah-pisahkan, artinya dapat diucapkan زيدو زيد dan isim tersebut bisa untuk diathofkan pada sesamanya, artinya bisa diucapkan زيدو زيد maka isim tersebut disebut sebagai isim tasniyah.

Anggota Isim Tasniyah

1. Isim Tasniyah Haqiqi

Isim tasniyah haqiqi merupakan suatu bentuk isim yang menunjukkan sebuah makna dua atau ganda dengan huruf-huruf tambahan pada akhir kalimatnya yang patut untuk ditajrid atau dipisah-pisah dan dibuat untuk di athaf-athafan.

2. Isim Tasniyah Majazi 

Isim tasniyah majazi merupakan satu bentuk isim yang menunjukkan sebuah makna dua atau ganda, akan tetapi tidak dapat untuk ditajrid atau dipisah-pisah dan dibuat untuk di athaf-athafan, namun bila sedang di athaf-athafkan, athafnya ditujukan kepada isim yang sepadan bukan untuk bentuk mufrad dari isim tasniyah itu sendiri. Isim tasniyah majazi disebut juga sebagai isim mulhaq bil mutsanna.

3. Isim Tasniyah Mulhaq

Jika, apabila isim tersebut tidak dapat untuk dipisah-pisah atau tidak bisa diathofkan pada isim yang lain, maka itu tidak dinamakan sebagai isim tasniyah hakiki namun, disebut sebagai isim tasniyah mulhaq yang mempunyai arti isim yang disamakan dengan isim tasniyah dalam I’robnya. 

Contoh Isim Tasniyah

1. Contoh Isim Tatsniyah Marfu’ atau Isim Tasniyah dengan I’rob Rofa’ 

  • دَخَلَ مُسْلِمَانِ Artinya telah datang dua orang muslim, dimana Muslimaani merupakan salah satu contoh penggunaan Isim Tatsniyah yang terdapat dalam I’rob Rofa’ dengan tanda huruf alif.
  • ضَرَبَ زَيْدَانِ Artinya telah memukul 2 orang zaid, dimana Zaidaani merupakan salah satu contoh penggunaan Isim Tatsniyah yang terdapat dalam I’rob Rofa’ dengan tanda huruf alif.
  • كَتَبَ هِنْدَانِ Artinya telah menulis 2 orang hindun, dimana Hindaani merupakan salah satu contoh penggunaan Isim Tatsniyah yang terdapat dalam I’rob Rofa’ dengan tanda huruf alif.

2. Contoh Isim Tatsniyah Manshub atau Isim Tatsniyah dengan I’rob Nashob 

  • اِشْتَرَيْتُ كِتَابَيْنِ   Artinya saya membeli 2 buku, dimana Kitabain merupakan salah satu contoh Isim Tatsniyah yang terdapat dalam I’rob Nashob dengan huruf ya’.
  • رَأَيْتُ المُعَلِّمَيْنِ    Artinya saya melihat 2 orang guru, dimana Mu’allimain merupakan salah satu contoh Isim Tatsniyah yang terdapat dalam I’rob Nashob dengan huruf ya’.
  • ضَرَبَتْ كَلْبَيْنَ   Artinya saya memukul 2 ekor anjing, dimana Kalbain merupakan salah satu contoh Isim Tatsniyah yang terdapat dalam I’rob Nashob dengan huruf ya’.

3. Contoh Isim Tatsniyah Majrur atau Isim Tatsniyah I’rob Jar atau I’rob Khofadh. 

  • سَلَّمْتُ عَلَى الْمُسْلِمَيْنِ  Artinya saya mengucapakan salam atas 2 orang muslim, dimana Muslimain merupakan salah satu contoh Isim Tatsniyah yang terdapat dalam I’rob Khofadh dengan huruf ya’.
  • زُرْتُ اِلَى المُعَلِّمَيْنِ Artinya saya telah berkunjung kepada 2 orang pengajar, dimana Mu’allimain merupakan salah contoh Isim Tatsniyah yang terdapat dalam I’rob Khofadh dengan huruf ya’.
  •  اَسْأَلُ اِلَى الطَّالِبَيْنِ Artinya saya bertanya kepada 2 orang pelajar, Tholibain merupakan salah satu contoh Isim Tatsniyah yang terdapat dalam I’rob Khofadh dengan huruf ya’.

4. Contoh Penulisan Isim Tatsniyah di Alqur’an

  • اَلَمۡ نَجۡعَلۡ لَّهٗ عَيۡنَيۡنِۙ‏  dalam QS, Al balad ayat 8 , dimana Ainain merupakan salah satu contoh penggunaan isim tasniyah.
  • وَلِسَانًا وَّشَفَتَيۡنِۙ dalam QS. Al balad ayat 9, dimana Syafatain merupakan salah satu contoh penggunaan isim tasniyah.
  • وَهَدَيۡنٰهُ النَّجۡدَيۡنِ‌ۚ dalam QS. AL Balad ayat 10, dimana Najdain merupakan salah satu contoh penggunaan isim tasniyah.
  • وَدَخَلَ مَعَهُ السِّجۡنَ فَتَيٰنِ dalam QS. Yusuf ayat 36, dimana Fatayaan merupakan salah satu contoh penggunaan isim tasniyah.
  • اِنۡ يَّكُنۡ مِّنۡكُمۡ عِشۡرُوۡنَ صَابِرُوۡنَ يَغۡلِبُوۡا مِائَتَيۡنِ dalam QS. Al Anfal ayat 65, dimana Miataini merupakan salah satu contoh penggunaan isim tasniyah.

Sekian penjelasan tentang isim tasniyah. Jika kamu ingin mempelajari jenis isim lainnya selain isim tasniyah dalam bahasa Arab, yuk gabung di Annajah!