Logo Website Annajah
Search

Ini Dia Informasi Lengkap Tempat, Program dan Biaya Pondok Pesantren Tahfidz Quran

ini dia informasi lengkap tempat, program, dan biaya pondok pesantren tahfidz quran

Table of Contents

Salah satu hal yang paling diinginkan oleh umat muslim yaitu dapat menghafalkan Al-Qur’an. Tentu saja banyak keutamaan dan diberikan derajat tinggi ketika di surga nanti. Akan tetapi menjadi seorang penghafal Al-Qur’an bukanlah suatu hal yang mudah namun bukan berarti juga hal tersebut mustahil untuk dilakukan.

Bagi kalian yang memiliki buah hati dan bercita-cita menjadikannya penghafal Al-Qur’an maka masukkanlah ke lingkungan yang memang mendukung untuk itu seperti Pondok Pesantren Tahfidz Quran.

Apa itu Pondok Pesantren Tahfidz Quran?

Pondok Pesantren Tahfidz Quran adalah lembaga yang berguna untuk membuat seseorang yang dulunya tidak menghafal Qur’an menjadi menghafalnya. Hal ini karena pesantren mempunyai sistem pembelajaran serta lingkungan yang mendukung akan hal tersebut.

Pesantren ini mulai banyak dilirik oleh para orang tua karena beberapa kelebihannya. Bahkan terdapat beberapa alasan yang perlu diketahui supaya semakin memantapkan hati memasukkan buah hati ke sana.

  •         Lebih aman

Tentunya di pondok pesantren anak akan selalu disibukkan dengan berbagai macam aktivitas bermanfaat seperti menghafalkan Qur’an. Hal semacam itu tentunya akan sangat berguna untuk mencegah anak-anak dari pergaulan yang tidak baik sehingga dampaknya orang tua merasa lebih aman.

  •         Memperdalam ilmu agama

Ilmu agama yang diberikan selama di pesantren bisa menjadi bekal ilmu agama dan ini akan berpengaruh pada fondasi keimanan yang dimiliki sehingga dapat membentuk anak sesuai dengan karakter dari seorang muslim.

  •         Menghafal Al-Qur’an dan belajar bahasa asing

Jangan beranggapan jika dimasukan ke pesantren hanya memperoleh ilmu agama saja namun ilmu pengetahuan umum seperti bahasa asing juga diajarkan. Berbagai bahasa asing tersebut seperti bahasa Inggris atau Arab.

  •         Lingkungan Islami

Suasana dari pesantren tentu saja Islami dan lingkungan tersebut akan membuat anak-anak merasa nyaman dan termotivasi untuk belajar agama karena lingkungannya mendukung.

  •         Mendapatkan teman yang sholeh

Lingkungan yang baik tentu saja diisi oleh anak-anak yang baik pula. Maka ketika berteman sekalipun anak kalian akan berteman dengan teman sholeh yang mengajak kepada kebaikan. Jadi dengan begitu buah hati akan mendapatkan teman yang selalu memberikan motivasi untuk bisa belajar agama dengan lebih baik terutama dalam menghafalkan Al-Qur’an.

  •         Ibadah lebih tertata

Berbagai macam aktivitas di pondok pesantren diatur sedisiplin mungkin terutama untuk waktu beribadah. Jadi bagi buah hati yang dulunya tidak memiliki waktu teratur untuk hal tersebut, namun setelah masuk ke pondok akan jadi lebih tertata terutama untuk beribadah.

  •         Dibimbing pengajar berpengalaman

Ketika kalian masuk ke dalam pesantren khusus tahfidz Qur’an tentu saja pengajar yang ada tidak sembarangan dan sudah pasti ahli di bidangnya. Maka dengan begitu proses pembelajaran menjadi lebih baik dan cepat.

Program Pondok Pesantren Tahfidz Quran Annajah Pare

Untuk kalian yang masih bingung memasukkan buah hati ke mana maka salah satu pilihannya yaitu Annajah Pare. Annajah ini adalah Pondok Pesantren Tahfidz Quran Modern yang berlokasi di Pare, Kediri, Jawa Timur. Jangan ragu memasukkan buah hati di sini karena pondok didirikan oleh tim yang memang mempunyai pengalaman bertahun-tahun di dalam melakukan pengelolaan lembaga pendidikan.

Tidak hanya berfokus pada pengajaran tahfidz Qur’an saja namun juga terintegrasi dengan pembelajaran bahasa asing seperti Arab dan Inggris yang tentunya dipilih sesuai program. Kelas tambahan lain seperti life skill era digital dan Islamic character building.

Tujuannya supaya tidak hanya mencetak penghafal Al-Qur’an namun juga mencetak generasi muslim yang tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Supaya bisa memberikan suatu pelayanan prima dan kualitas terbaik, Annajah memiliki fokus pada 3 pilar penting seperti kualitas SDM tenaga pendidik, sistem pembelajaran, dan infrastruktur pendukung.

Lokasi dari Pondok Pesantren Tahfidz Quran Annajah di Jl. Langkat No.88 Kec. Pare, Kab. Kediri, Jawa Timur. Berbagai program yang tersedia seperti berikut.

  1.   Program Tahfidz

Program ini dikhususkan bagi kalian yang ingin menghafal Al-Qur’an dengan kualitas mutqin. Walaupun dikhususkan untuk menghafal Al-Qur’an namun terdapat pembelajaran lain yang dituangkan dalam tujuan dan kegiatan program seperti di bawah ini.

Tujuan program:

  •               Islamic character building
  •               Hafal Al-Qur’an berkualitas mutqin
  •               Percaya diri melafalkan hafalan Al-Qur’an di depan umum 

Kegiatan program:

  •         Kelas untuk character building setiap Sabtu
  •         Kelas tahfidz sehari 5x pertemuan 
  1.   Program Tahfidz Bahasa Plus

Program ini dikhususkan bagi kalian yang ingin menghafal Al-Qur’an dengan kualitas mutqin dengan tambahan mempelajari bahasa asing. Pembelajaran bahasa asing yang ditawarkan seperti Arab dan Inggris disesuaikan dengan pilihan.

Menariknya lagi ada kegiatan atau kelas lain yang diajarkan seperti life skill era digital dan Islamic character building. Jangan khawatir ada waktu luang yang tidak bermanfaat karena semua kegiatannya dirancang secara intensif mulai pagi sampai malam.

Semua kegiatan tadi dibimbing oleh pengajar yang memang benar-benar berkompeten. Sehingga para santri akan didik dengan baik dan maksimal dalam proses pembelajarannya. Adapun tujuan dan kegiatan programnya seperti berikut.

Tujuan program:

  •         Islamic character building
  •         Menghafal Al-Qur’an kualitas mutqin
  •         Jago bahasa asing aktif 

Kegiatan program:

  •         Kelas tahfidz 5x sehari
  •         Kelas bahasa Inggris 2x sehari dibimbing oleh tenaga pengajar bersertifikat TOEFL ITP
  •         Kelas bahasa Arab 2x sehari dibimbing oleh tenaga pengajar asli Yaman
  •         Kelas character building setiap hari Sabtu

Biaya Pesantren Tahfidz Quran Annajah Pare

Besaran biaya untuk masing-masing program tentu saja berbeda tergantung dari waktu tempuh dan jenis program yang diinginkan. Namun khusus untuk program bahasa plus Arab atau Inggris biayanya sama. Besaran biaya di Annajah Pare dikenal dengan sebutan infaq. Adapun rinciannya sebagai berikut ini.

  1.   Program Tahfidz

  •         Infaq untuk program bulanan Rp 750.000 (untuk program di atas 1 bulan biaya akan ditambahkan sekitar          Rp 700.000 per bulan)
  •         Infaq untuk program tahunan Rp800.000
  1.   Program Tahfidz Bahasa Plus (Arab atau Inggris)

  •         Infaq program 1 bulan yaitu Rp 1.250.000
  •         Infaq program 2 bulan yaitu Rp 2.300.000
  •         Infaq program 3 bulan yaitu Rp 3.350.000
  •         Infaq program 4 bulan yaitu Rp 4.400.000
  •         Infaq program 5 bulan yaitu Rp 5.450.000
  •         Infaq program 6 bulan yaitu Rp 6.500.000

Biaya di atas di Pondok Pesantren Tahfidz Quran Annajah tentu saja sudah termasuk dengan berbagai fasilitas termasuk asrama yang nyaman, pendamping asrama, pengajar berkompeten, dan lainnya. 

Mengingat fasilitas serta kegiatan yang berkualitas tadi tentu saja biaya tersebut sangatlah terjangkau. Untuk pendaftaran memang kuotanya terbatas namun jangan khawatir karena kelas baru dibuka setiap bulannya.

Terlebih kalian akan mendapatkan lingkungan belajar yang kondusif serta memotivasi untuk menghafalkan Al-Qur’an dengan cepat dan benar tentunya. Untuk kalian yang tidak ingin mengambil program tahfidz bisa mengambil program lainnya di Pondok Pesantren Tahfidz Quran ini yaitu program Tahsin.

Program Tahsin ini diperuntukkan untuk kalian yang baru belajar membaca Al-Qur’an maupun yang sudah bisa membaca namun ingin memperbaiki bacaan sesuai tajwid. Untuk programnya tersedia tiga pilihan yaitu 1 bulan, 2 bulan, dan 3 bulan dengan biaya terjangkau.

Nah, jika ingin mempelajari lebih lanjut mengenai Tahfidz dan Tahsin tersebut, Anda atau bahkan anak-anak Anda dapat belajar ke pondok tahfidz modern An-najah di Pare, Jawa Timur.