close
Dauroh Tahsin Tahfidz Ramadhan
Logo Website Annajah
Search

Inilah Dahsyatnya Surat Al-Waqi’ah Yang Belum Kamu Tahu

Inilah Dahsyatnya Surat Al-Waqi’ah Yang Belum Kamu Tahu

Table of Contents

Tahukah Anda, surat Al-Waqi’ah memiliki banyak keunggulan dan manfaat bagi pembacanya? Ada banyak sekali surat yang ada di Al Quran. Namun demikian, mengapa surat ini menjadi salah satu hal yang sangat sering dibicarakan sebagai surat yang bisa mendatangkan kekayaan?

Membaca surat dalam Al Quran merupakan salah satu amalan yang sangat penting sebagai seorang muslim. Jika Anda rajin membaca Al Quran dan memahami artinya, Anda akan mendapatkan banyak sekali pahala. Rajin membaca Al Quran juga akan membuat Anda merasa lebih tenang.

Saat Anda ingin mendapatkan banyak pahala dari membaca Al Quran, maka Anda harus memahami cara membaca Al Quran dengan benar. Selain itu, Anda juga harus tahu surat-surat yang memiliki fadhilah atau keutamaan.

Membaca sebuah surat yang memiliki keutamaan merupakan salah satu amalan yang sangat penting. Apabila Anda ingin mendapatkan banyak pahala, maka Anda perlu membaca surat dengan seksama. Lalu, apakah ada surat yang bisa memberikan Anda banyak keutamaan?

Suratt Al-Waqi’ah merupakan surat ke 56 yang ada dalam Al Quran. Surat ini merupakan salah satu surat yang banyak diyakini oleh umat Islam sebagai surat yang memiliki banyak keutamaan. Lalu, apa saja keutamaan yang dimiliki oleh surat ini?

Apa Manfaat Surat Al-Waqi’ah?

Ada begitu banyak keutamaan yang dimiliki oleh surat ini. Jika Anda membaca surat ini, ada banyak sekali keutamaan yang bisa diperoleh. Lalu, apa saja sesungguhnya keutamaan yang bisa diperoleh saat membaca surat ini?

  1. Surat Al-Waqi’ah merupakan surat yang bisa membuat pembacanya mengingat Allah. Surat ini merupakan pengingat bahwa hanya Allah yang berkuasa di dunia serta akhirat. Tidak ada siapa pun dan apa pun yang bisa menandingi Allah. Pun demikian halnya dengan hari akhir. Hanya Allah yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat. Hal ini akan membuat pengalaman Anda membaca Al Quran menjadi lebih menyenangkan.
  2. Surat ini juga dapat melindungi pembacanya dari kefakiran. Berdasarkan hadis dari Abdullah bin Mas’ud yang berkata: Nabi Muhammad SAW bersabda, barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah di setiap malam, maka dia tak akan tertimpa kefakiran selamanya. Ibnu Masud juga berkata bahwa ia menyuruh anak perempuannya membacanya.
  3. Surat ini juga menjadi salah satu hal yang menghindarkan pembacanya dari sifat lalau. Dari hadis yang sahih, Rasulullah mengatakan bahwa siapa pun yang membaca surat ini akan dicatat bukan sebagai orang yang lalai.
  4. Surat ini juga berfungsi sebagai pengingat akan kebenaran yang dimiliki oleh Al Quran. Sebagai yang kita ketahui, Al Quran merupakan pedoman dan tuntunan hidup yang harus dijalankan oleh umat muslim. Hal ini menjadikannya sebuah hal yang sangat penting dalam bagian hidup umat muslim.

Surat ini memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi kaum muslim yang memang menyukai membaca Al Quran. Amalan ini merupakan salah satu amalan yang paling banyak dilakukan oleh orang karena bisa menghindarkan pembacanya dari kefakiran. Lalu, apa saja keutamaan surat ini?

Keutamaan Surat Al-Waqi’ah

Surat ke 56 di Al Quran ini memiliki beberapa keutamaan. Dalam hal ini, keutamaan merupakan hal yang membuat surat ini menjadi istimewa. Memang, semua surat dalam Al Quran merupakan surat yang istimewa. Namun demikian, ada beberapa keutamaan yang akan datang pada Anda sebagai pembacanya.

Apa saja keutamaan dari surat ini?

  1. Surat ini menjelaskan mengenai sifat neraka. Jika Anda membacanya dengan teliti dan menghayati isinya, maka Anda akan memahami apa saja sifat neraka. Hal ini akan membuat Anda takut kepada Allah dan semakin menghindari perbuatan yang berdosa.
  2. Sama seperti surat ini yang menjelaskan sifat-sifat neraka, surat ini juga menjelaskan tentang keindahan surga. Maka, hati Anda pun akan bergetar dan ingin menjadi salah satu penghuni surga. Anda akan jauh lebih serius dalam beribadah, serta menjadi seorang yang taat melakukan hal baik.
  3. Agar bisa tinggal di surga, maka Anda juga harus mengetahui sifat-sifat penghuni surga. Hal inilah yang juga dijelaskan dalam surat ini. Surat yang satu ini menjelaskan apa saja sifat penghuni surga agar Anda lebih termotivasi dalam beribadah.
  4. Surat Al-Waqi’ah juga menjadi sebuah pengingat akan kematian. Hal ini akan membuat Anda semakin rajin beribadah serta menghindari semua hal yang dilarang oleh Allah. Surat ini juga akan menjadi pengingat bahwa tidak ada yang abadi.

Keutamaan surat ini menjadikannya salah satu surat yang istimewa dan mampu menjadikan pembacanya seorang yang lebih rajin beribadah, melakukan hal baik, serta menjadi teladan di mana pun berada. Surat ini juga menjadi salah satu materi yang biasanya dibahas oleh pendakwah.

Kapan Waktu yang Tepat Membaca Surat Al-Waqi’ah?

Membaca surat Al Waqi-ah bisa dilakukan kapan saja. Bagaimana pun, surat membaca Al Quran bisa dilakukan kapan saja tanpa perlu memikirkan kapan waktu yang tepat. Walaupun begitu, banyak yang merekomendasikan untuk membaca surat ini di waktu dzuhur.

Membaca surat ini di waktu yang tepat mungkin akan sangat berpengaruh pada bagaimana Anda meyakini maknanya dalam hati. Namun, membaca Al Quran merupakan hal yang sangat penting dilakukan kapan pun.

Al Quran merupakan salah satu hal yang bisa menentramkan jiwa. Jadi, Anda juga akan merasa lebih tenang saat membaca Al Quran. Allah menyukai hamba yang mengingatnya di waktu yang tepat. Tidak hanya itu, membaca al Quran juga akan mengingatkan Anda akan makna hidup ini.

Apakah Benar Jika Membaca Al-Waqi’ah Secara Rutin Dapat Memperkaya Harta?

Allah menjanjikan bahwa orang yang membaca Al Quran dan melakukan semua perbuatan baik akan mendapatkan hidup yang berkah. Namun, apakah surat ini akan membawa banyak harta ke dalam kehidupan Anda?

Nabi Muhammad mengatakan bahwa siapa pun yang membaca Al Quran akan terhindar dari kefakiran. Namun, Anda juga harus memahami bahwa bukan sebuah amalan yang akan mendatangkan harta bagi Anda. Ibadah memiliki makna lebih dari sekadar harta.

Meyakini bahwa surat ini bisa mendatangkan harta merupakan hal yang kurang tepat. Bagaimana pun, harta akan hadir ketika Anda berdoa dan berusaha. Namun, meyakini bahwa harta bisa hadir semata-mata karena membaca surat ini tentu sebuah pemahaman yang salah.

Lalu, apa yang seharusnya Anda lakukan? Beribadah dengan ikhlas merupakan kunci agar hidup Anda Bahagia dan memiliki keberkahan. Oleh karenanya, Anda bisa mendapatkan banyak sekali kebaikan dari membaca surat ini.

Surat Al-Waqi’ah merupakan salah satu surat yang akan mendatangkan keberkahan dalam hidup Anda. Maka, tidak heran apabila Anda akan memperoleh banyak hal yang semakin menguatkan iman Anda sebagai seorang muslim dengan membaca surat ini.

Apakah Anda siap menjadi seorang muslim yang ikhlas beribadah?

Baca Juga Metode Hafalan Al-Qur’an