Logo Website Annajah
Search

Inilah Langkah – langkah untuk Belajar Bahasa Arab untuk Pemula

Inilah Langkah-langkah untuk Belajar Bahasa Arab untuk Pemula

Table of Contents

Belajar bahasa baru merupakan hal yang sangat menantang bagi semua orang, karena dengan belajar bahasa baru ini kita dapat berbicara atau berkomunikasi dengan mereka yang menggunakan Bahasa tersebut. Bahasa arab sebagai Bahasa yang lumayan banyak digunakan di dunia ini sangat menantang untuk dipelajari karena Bahasa arab ini berbeda dengan Bahasa lain apalagi dengan Bahasa Indonesia, banyak sekali perbedaan didalamnya.

Dalam belajar Bahasa arab untuk pemula ini kita perlu mempelajari tentang kosa kata, kata kerja, tata Bahasa, struktur kalimat dan kemudian berlatih. Banyak Sekolah terutama di sekolah berbasis islami seperti MI, MTS, MA dan Pondok pesantren yang selain belajar Bahasa inggris disana kita juga belajar Bahasa arab.

Bahasa Arab menggunakan bentuk alfabet yang sangat berbeda dengan Bahasa Indonesia maupun inggris. Dan dalam Bahasa arab pun lebih berbeda dengan adanya bentuk kata yang sifatnya laki – laki dan perempuan (mudzakkar dan muannats) serta ada pembagian kata seperti tunggal (mufrad), ganda (mutsanna), plural (jamak). Maka itu belajar Bahasa Arab untuk pemula sangatlah menantang untuk dipelajari.

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Arab Secara Otodidak?

Belajar secara otodidak yaitu seseorang yang belajar ilmu baru dengan tidak membutuhkan guru atau pembimbing dalam proses belajarnya. Dalam belajar Bahasa baru secara otodidak ini kita belajar sendiri tanpa bimbingan yang pastinya perlu keseriusan yang tinggi.

Belajar Bahasa arab untuk pemula secara otodidak ini ada cara cepatnya yaitu dengan mempraktikkannya langsung dalam kehidupan sehari – hari, yang tentunya dengan kondisi situasi yang banyak orang belajar Bahasa arab atau banyak orang yang menggunakan Bahasa arab.

Berikut adalah tips belajar Bahasa arab secara otodidak.

  1. Mempunyai kemauan yang tinggi

Kemauan dalam belajar adalah hal yang paling penting karena dengan tidak adanya kemauan yang tinggi dari dalam diri masing – masing, usaha yang telah kita lakukan untuk belajar Bahasa akan berakhir sia – sia.

  1. Perbanyak kosa kata Bahasa arab

Belajar Bahasa arab secara otodidak atau tanpa bimbingan dengan cara yang satu ini yaitu memperbanyak kosa kata, menghafalkannya, lalu mempraktikkannya dalam kehidupan sehari – hari. Cukup diawali dengan kosa kata yang ada di sekitar kita dahulu atau kosa kata mendasar seperti makan, minum, menulis membaca dan lainnya.

  1. Praktik berkomunikasi langsung

Apabila dirasa sudah cukup dalam menguasai kosa kata dan susunan kalimat, maka mulailah praktik dengan guru atau mencari teman yang berasal dari arab. Karena dengan itu kita akan terbiasa mengobrol dengannya dan memperlancar pengucapan dalam Bahasa arab.

  1. Mengunjungi daerah yang menggunakan Bahasa Arab

Belajar dengan mengunjungi langsung daerah yang menggunakan Bahasa arab adalah cara yang cepat dan efektif dalam belajar Bahasa arab untuk pemula. Karena itu kita disana mau tidak mau harus menggunakan bahasanya dan agar terbiasa dan memperlancar pengucapan dalam berkomunikasi Bersama orang arab langsung. Pada akhirnya kita dapat terbiasa dengan Bahasa tersebut.

  1. Belajar dari Buku atau buku online

Saat ini banyak sekali buku online atau e-book yang dapat kita pelajari ada yang berbayar ada juga yang tidak berbayar. Kita bisa belajar melalui tips ini karena sekarang era digital, sangat dianjurkan bagi kalian untuk belajar online entah dari buku online maupun menonton video YouTube.

Belajar Bahasa arab untuk pemula dapat juga diawali dengan mencari materi dasar Bahasa arab dengan membaca buku Bahasa arab yang ada. Materi awal seperti pelafalan, bentuk huruf dan lain sebagainya. Jika sudah mempelajari tentang materi dasarnya dan sekiranya sudah dapat menguasai materi dasar, lalu mulailah mencari kosa kata dan mulai hafalkan. Kosa kata dalam kehidupan sehari – hari dahulu karena bisa sambal dipraktekkan sembari menghafalkan Kembali.

Mempraktekkan kosa kata yang telah dihafalkan seperti Menyusun kalimat Bahasa arab atau dengan memulai percakapan dengan orang yang paham Bahasa arab atau orang yang berasal dari negara Arab langsung. Jangan takut, karena kita masih dalam tahap belajar dan orang yang kita ajak berbicara pun paham, apabila ada kesalahan pun pasti akan dikoreksi langsung. Jadi jangan takut untuk mencoba dan mempraktekkannya langsung.

Belajar menerjemahkan juga diperlukan karena selain kita menghafal dengan belajar sendiri, kita juga perlu menerjemahkan suatu kata atau kalimat dalam Bahasa arab. Tujuannya agar kita dapat lebih memahami lawan bicara kita yang menggunakan Bahasa arab baik orang Indonesia yang paham Bahasa arab maupun orang arab langsung. Untuk itu kita perlu belajar menerjemahkan agar dapat menangkap kata – kata yang diucapkan oleh lawan bicara kita. Ingat jangan takut untuk mencoba karena apabila kita salah, pasti akan dikoreksi dan menjadi sebuah pembelajaran untuk kedepannya.

Bahasa Arab ini banyak digunakan di daerah timur tengah dan banyak dijumpai di aktivitas sehari hari umat muslim. Cara belajar Bahasa arab dengan otodidak sebenarnya mudah dan sederhana, yang terpenting adalah Kemauan, dan niat yang tinggi untuk belajar Bahasa arab.

Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Belajar Bahasa Arab?

Dalam belajar Bahasa arab, diperlukan niat dan kemauan tinggi karena hal itu yang akan menentukan berhasil atau tidaknya dan lama atau cepatnya belajar Bahasa arab. Dengan hal itu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar Bahasa arab, itu tergantung kita sendiri apabila belajar dengan otodidak berarti yang diperlukan adalah niat dan kemauan yang tinggi untuk belajarnya. Fokus dalam belajar Bahasa arab dan berusaha penuh dalam latihannya karena Bahasa arab ini berbeda dengan Bahasa Indonesia maupun inggris.

Belajar Bahasa arab yang dilakukan dilingkungan madrasah atau sekolah yang berbasis islami yang menurut pola belajarnya itu selama 3 tahun untuk mempelajari secara keseluruhan. Ada juga kursus Bahasa arab yang metode belajarnya selama 2 tahun yaitu full dengan Latihan dan praktik berdialog. Namun ada juga pesantren, pondok pesantren umumnya belajar dengan basis Bahasa arab disekolah maupun di kehidupan asrama.

Di Pondok pesantren lebih efektif dalam belajar Bahasa arab karena dalam pesantren diwajibkan menggunakan Bahasa arab. Tidak semua pesantren, namun pesantren pada umumnya menerapkan sistem tersebut. Belajar Bahasa arab untuk pemula sangat baik dipesantren karena dalam pesantren dan sekolahnya pun menggunakan Bahasa arab, dalam kehidupan sehari – hari pun santri harus menggunakan Bahasa yang ada waktu untuk bergantian antara Bahasa arab dan Bahasa inggris. Jadi santri akan terbiasa dengan pelafalan berbahasa arab dan inggris.

Pendidikan formal Pesantren umumnya ditempuh dengan waktu selama 6 tahun, dalam 6 tahun belajar sudah pasti mengerti Bahasa arab mulai dari materi dasar maupun materi mendalam. Banyak pelajaran yang berhubungan dengan Bahasa arab diantaranya seperti nahwu shorf dan lain sebagainya sebagai unsur dalam pembelajaran Bahasa arab yang lengkap.

Baca Juga 100 Ungkapan Bahasa Arab Sehari – Hari Yang Harus Kamu Tahu