Logo Website Annajah
Search

Inilah Segudang Manfaat Membaca Surat Al Mulk Yang Wajib Diketahui

Inilah Segudang Manfaat Membaca Surat Al Mulk Yang Wajib Diketahui

Table of Contents

Surat Al Mulk merupakan surat ke 67 yang ada dalam Al Quran. Bagi umat muslim, membaca Al Quran merupakan salah satu amalan yang bisa menambah pahala. Tidak hanya itu, membaca Al Quran juga bisa menentramkan jiwa. Sebagai umat muslim, membaca surat yang ada dalam Al Quran juga merupakan keajaiban.

Membaca Al Quran ada banyak manfaatnya. Manfaat surat Al Mulk sendiri sudah cukup banyak. Walaupun demikian, semua surat yang ada dalam Al Quran merupakan surat yang baik dan mampu membawa manfaat bagi pembacanya.

Namun, beberapa surat diyakini memiliki keutamaan. Surat Al Mulk adalah salah satunya. Surat ini diyakini mampu menghindarkan pembacanya dari siksa kubur. Tidak hanya itu, surat Al Mulk juga bisa membuat pembacanya tidak disulitkan saat berada di pengadilan kubur.

Keutamaan surat ini memang ada banyak. Bagi Anda yang penasaran dengan apa saja keutamaan dan manfaat membaca surat Al Mulk, kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Apa Manfaat Membaca Surat Al Mulk Sebelum Tidur

Membaca Al Quran merupakan amalan yang sangat baik untuk semua umat muslim. Ketika membaca ayat-ayat Al Quran, umat muslim bisa merasakan ketenangan dan ketenteraman. Memang, setiap pembaca Al Quran merupakan orang yang beruntung.

Surat Al Mulk yang ada dalam Al Quran memiliki beberapa keutamaan. Terlebih apabila dibaca sebelum tidur. Surat Al Quran yang satu ini memiliki manfaat surat Al Mulk yang menakjubkan.

Apa Saja Keutamaannya?

  1. Surat Al Mulk akan mendatangkan syafaat bagi pembacanya. Syafaat adalah penolong dan akan membuat pembacanya mendapatkan pahala yang besar. Manfaat surat Al Mulk adalah karena surat ini sudah disebutkan dalam hadis.

‘Dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda: Sungguh, surat di dalam Al Quran yang ayatnya berjumlah 30 dapat memberikan syafaat bagi yang membacanya. Ia akan diampuni, yakni surat Tabarakalladzi biyadihil mulku’ (HR Ahmad, Abu Daud, Ar-Tirmizi, An-Nasai dan Ibnu Majah)

Hadis di atas menunjukkan bahwa siapa pun yang membaca surat Al Mulk akan memberi pembacanya pengampunan. Maka, surat ini merupakan pelindung bagi pembacanya, yang akan menghapus dosa.

  1. Membaca surat Al Mulk sebelum tidur juga akan menjadi penyelamat sika kubur. Bagaimana pun, saat Anda membaca surat ini, Anda akan mendapat keutamaan berupa perlindungan dari siksa kubur.

‘Dari Ibnu Abbas berkata, Rasulullah SAW bersabda: Surat Al Mulk merupakan pencegah, surat penyelamat yang dapat menyelamatkan pembacanya dari adzab kubur.’ (HR At Tirmidzi}

Hadis ini shahih dan sudah banyak diamini oleh umat muslim. Oleh karenanya, hadir ini juga bisa dipahami sebagai pelindung dari siksa kubur.

  1. Pembaca surat Al Mulk juga akan mendapatkan banyak kebaikan dan manfaat. Manfaat surat Al Mulk yang pastinya akan membuat Anda semakin rajin mengaji adalah karena Anda akan mendapatkan banyak kebaikan.

Membaca surat Al Mulk bukan hanya akan membuat Anda mendapatkan pahala dari membaca ayat suci Al Quran, namun juga mendapatkan banyak kebaikan, seperti membuat Anda lebih tenang dan tenteram.

Membaca surat Al Mulk sebelum tidur juga menjadi salah satu cara Anda dalam mengamalkan amal soleh. Membaca ayat suci Al Quran sebelum tidur juga akan membuat hati lebih tenang sebelum tidur. Jadi, Anda akan tidur dalam keadaan lebih tenang dan nyaman.

Apa Istimewanya Surat Al Mulk?

Surat Al Mulk merupakan surat ke 67 yang ada dalam Al Quran. Sesungguhnya, semua surat dalam Al Quran membawa kebaikan. Semuanya memiliki pesan dari Allah bagi umat manusia. Tidak hanya itu, surat yang ada dalam Al Quran juga merupakan tuntunan untuk menjalankan perintah Allah.

Surat Al Mulk memiliki beberapa keutamaan yang dimiliki oleh surat Al Mulk. Ini dia beberapa keutamaan yang dimiliki oleh surat Al Mulk:

  1. Memberikan syafaat di hari kiamat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, surat Al Mulk mampu melindungi pembacanya dan memberikan syafaat pada hari kiamat nanti. Hal ini membuat pembacanya mendapatkan banyak keuntungan.
  2. Membaca surat Al Mulk juga menjadi salah satu hal yang sangat baik, karena mampu menaikkan derajat pembacanya. Jika Anda rutin membaca surat ini sebelum tidur, maka Allah akan menaikkan derajat Anda masing-masing 30 kebaikan serta 30 ampunan.
  3. Membuat Nabi Muhammad bahagia juga merupakan salah satu hal yang menjadi keutamaan surat Al Mulk. Jika Anda membaca surat ini, Anda juga akan membuat Nabi Muhammad Bahagia, sama halnya seperti ketika Anda membaca solawat. Apalagi jika Anda juga mengamalkan isinya.
  4. Saat Anda membaca surat Al Mulk, Anda juga akan mendapat keutamaan berupa lindungan dari siksa kubur. Membaca surat ini akan menyelamatkan Anda dari siksa kubur. Dengan membaca surat ini, Anda juga akan mendapatkan pengampunan.

Membaca surat dalam Al Quran, apa pun suratnya, akan membawa kebaikan bagi Anda. Tidak hanya membuat Anda tenang, namun hidup Anda akan diterangi oleh Al Quran yang menyelamatkan Anda dari kejahatan yang Anda di dunia.

Apa Makna Arti Terjemahan Surat Al Mulk?

Surat Al Mulk memiliki terjemahan yang bermakna sangat dalam. Surat ini membahas tentang esensi kehidupan dan pentingnya manusia menjaga agar kehidupan mereka selalu baik. Mengamalkan surat Al Mulk dengan senantiasa beribadah dan mengingat kematian adalah hal yang sangat penting.

Ada banyak tafsir yang menjelaskan mengenai makna surat ini, jika Anda memilih ahli tafsir, pastikan Anda memilih yang memang memiliki ilmu. Bagaimana pun, ketika Anda membaca Al Quran, Anda juga perlu mempelajari tafsirnya.

Memahami tafsir dari sebuah surat Al Quran akan membawa Anda ke banyak sekali keuntungan. Terutama jika Anda memang ingin mendalami ilmu tafsir.

Surat Al Mulk memiliki makna bahwa Allah lah yang menguasai dunia ini, semua kerajaan di langit dan di bumi adalah milik Allah. Hal ini juga menjadi simbol dari sikap umat manusia yang berserah kepada Allah.

Ketika Anda berserah kepada Allah, maka Anda akan mendapatkan pahala karena beriman kepada Allah. Hal ini juga membuat Anda lebih termotivasi untuk mengaji dan mempelajari ilmu agama dengan lebih mendalam.

Membaca surat Al Mulk bisa dilakukan ketika Anda hendak pergi tidur. Saat Anda hendak tidur, maka Anda juga akan mendapatkan ketenangan ketika Anda tidur. Membaca ayat Al Quran memang akan memberi ketenangan batin.

Selain itu, Anda juga akan merasa lebih tenang dan tidak terburu-buru saat beraktivitas. Anda juga akan jadi jauh lebih merasa dekat dengan Allah.

Membaca surat Al Mulk memang akan memberi Anda banyak keuntungan. Manfaat surat Al Mulk yang sudah Anda baca di atas pastinya bisa Anda dapatkan apabila rajin membaca suratnya. Apalagi jika Anda mengamalkan isi dari surat ini, tentunya ada banyak keutamaan yang bisa diperoleh.

Baca juga Dasyatnya Surat Al-Waqi’ah