Logo Website Annajah
Search

Makna dan Keutamaan Surat Al-Baqarah 285-286

Keutamaan Surat Al-Baqarah 285-286

Table of Contents

Surat Al-Baqarah adalah surat yang terpanjang di dalam Al-Quran dengan jumlah ayatnya yaitu 286. Dua ayat terakhir yaitu surat Al-Baqarah 285-286 ternyata dianjurkan untuk selalu dibaca oleh umat muslim karena terdapat keutamaan atau keistimewaan dari dua ayat tersebut.

Sebenarnya banyak keutamaan yang bisa didapatkan dari membaca surat Al-Baqarah. Hanya saja dua ayat terakhir tersebut sangat istimewa dan mempunyai keutamaan yang lebih besar daripada ayat yang lainnya.

Informasi kali ini akan mengajak Anda mengenal lebih dekat keutamaan apa saja yang terdapat dalam dua ayat terakhir tersebut. Dengan begitu, Anda mempunyai pedoman dan keteguhan hati untuk selalu mengamalkan dua ayat tersebut.

Apa Keutamaan Surat Al Baqarah 2 Ayat Terakhir?

Surat Al-Baqarah merupakan surat yang kedua di dalam Al-Quran, dimana memunyai arti Sapi Betina. Surat Al-Baqarah sendiri merupakan golongan surah Madaniyah karena diturunkan di kota Madinah dengan jumlah ayat 286.

Abu Mas’ud Al-Badri dalam hadisnya mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, yang artinya “Siapa yang membaca 2 ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka akan diberikan kecukupan”.

Menurut buku Fiqih Doa dan Dzikir Jilid 2, hasil karya Syaikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Badr mengatakan bahwa kecukupan dalam membaca surat Al-Baqarah 285-286 dimaknai sebagai sebuah penjaga dan pelindung manusia dari segala macam keburukan.

Bisa disimpulkan kedua ayat terakhir ini dianjurkan untuk dibaca agar bisa mendapatkan perlindungan dari hal-hal buruk yang akan menimpa kita. Tentu saja, semua hal tersebut kembalikan lagi harapannya untuk digantungkan kepada Allah SWT.

Keutamaan yang bisa Anda dapatkan dari Surat Al-Baqarah 285-286 menurut buku karya dari Ustaz Ahmad Zacky El-Syafa dengan judul Buku Pegangan Doa dan Keselamatan Ratibul Haddad, diantaranya adalah:

  1. Rasulullah SAW telah memberitahukan bahwa Rasulullah SAW dianugerahi penutup surat Al-Baqarah sebagai gudang atau penyimpan harta di bawah ‘Arasy (HR. Ahmad)
  2. Rasulullah SAW telah menjelaskan bahwa rumah yang tidak dibacakan 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah dalam rentang waktu tiga malam, maka anak setan akan mendekati rumah tersebut (HR. Tirmidzi)

Dari sini, kita bisa menyimpulkan bahwa surat Al-Baqarah mampu melindungi dari gangguan setan.

  1. Rasulullah SAW telah menyebutkan bahwa dengan membaca 2 ayat terakhir dari surat Al-Baqarah yaitu 285 dan 286 dianggap mempunyai nilai yang sama dengan membaca satu surat penuh Al-Baqarah (HR. Bukhari)
  2. Keutamaan lainnya bisa dijauhkan dari segala macam penyakit
  3. Keutamaan dari dua ayat Surat Al-Baqarah juga bisa memperbarui keimanan. Hal tersebut bisa terjadi karena di dalam ayat tersebut mempunyai sikap pasrah kepada Allah SWT serta doa untuk meminta kebaikan dunia dan akhirat

Itulah keutamaan yang bisa Anda dapatkan khusus dari surat Al-Baqarah 285-286 jika diamalkan setiap harinya. Kedua ayat inilah yang bisa menjadi alasan bagi umat muslim untuk bangun di malam hari dan mengamalkannya untuk meminta perlindungan dan kecukupan dunia serta akhirat.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Membaca Surat Al-Baqarah?

Setiap doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT tentunya mempunyai waktu yang mustajab untuk dilakukan berdoa. Orang muslim tentunya sudah mengetahui beberapa waktu doa yang mustajab untuk dilakukan, salah satunya membaca 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah.

Surat Al-Baqarah 285-286 mempunyai waktu mustajab untuk dilakukan yaitu ada malam hari. Selain pada malam hari, ada waktu yang paling mustajab yaitu dilakukan setelah selesai sholat pada sepertiga malam. Waktu inilah yang sangat yang menjadi waktu emas untuk melakukan doa.

Setelah selesai sholat di sepertiga malam, dianjurkan untuk membaca surat Al-Baqarah dua ayat terakhir ini. Niscaya Anda bisa mendapatkan kecukupan rezeki baik di dunia maupun di akhirat nantinya.

Dengan membaca dan mengamalkan kandungan dari dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah juga bisa diberikan pahala yang setara ibadah pada malam Qiyamul Lail oleh Allah SWT. Subhanallah, begitu banyak keistimewaan yang bisa Anda dapatkan hanya dengan mengamalkan 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah ini.

Apa Isi Kandungan Surat Al-Baqarah Ayat 285-286?

Perlu Anda ketahui kandungan yang terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 285-286. Dengan mengamalkan dua ayat terakhir tersebut, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat diantaranya yaitu:

  1. Mempunyai waktu malam istimewa

Dua ayat terakhir surat Al-Baqarah mampu membuat malam menjadi istimewa. Pada waktu tersebut saat mengamalkannya maka kita bisa diberikan kecukupan rezeki untuk dunia bahkan akhirat.

  1. Menjauhkan dari godaan jin dan setan

Rumah yang dihuni oleh orang yang selalu mengamalkan dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah mampu menjauhkan oleh jin dan setan,

  1. Mendapatkan pahala setara ibadah Qiyamul Lail

Sama seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa mendapatkan pahala yang setara dengan ibadah Qiyamul Lail saat mengamalkan kandungan surat Al-Baqarah ayat 285 dan 286.

Hal ini juga dijelaskan dalam sebuah hadis Ibnu Mas’ud Anshari RA, dimana Rasullah bersabda “Allah telah menurunkan Al-Quran sebagai gudangnya suarga. Dia yang Maha Rahman menuliskannya sendiri sebelum diciptakannya makhluk selama seribu tahun. Barang siapa yang membaca dua ayat itu (Surat Al-Baqarah ayat 285-286) setelah akhir malam, maka cukuplah baginya ganjaran dari Qiyamul Lail”.

  1. Dua ayat terakhir yang merupakan pengingat kebesaran Allah SWT

Dalam ayat 286 dalam surat Al-Baqarah, menerangkan tentang kekuasaan Allah SWT. Allah SWT tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan dari hambanya. Dari sini, kita bisa mengetahui bahwa Allah SWT memberikan ujian yang berbeda ke setiap umatnya.

Umatnya mempunyai kemampuan yang berbeda dalam memikul masalah, sehingga Allah SWT tidak akan memberikan ujian yang sama melainkan mengukur batas kemampuannya. Hamba yang taat tentunya tetap akan tawakal dan berdoa kepada Allah SWT, sehingga bisa menemukan jalan keluar melalui semua ujian yang datang.

Jadi, untuk Anda yang mendapatkan ujian dari Allah SWT maka Anda harus percaya bahwa Anda mampu mengatasinya. Anda tetap harus husnudzon kepada Allah SWT bahwa ujian yang Anda terima memang sudah sesuai dengan kemampuan Anda.

Itulah kandungan yang terdapat dalam dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah. Keberadaan kedua ayat tersebut memang istimewa, mulai dari besar pahala yang didapatkan hingga pengingat akan kebesaran Allah SWT.

Selesai sudah informasi terkait keistimewaan dari surat Al-Baqarah 285-286 mulai dari keutamaan, waktu hingga kandungannya saat diamalkan.

Semua ayat Al-Quran tidak ada yang buruk atau tidak bermakna, justru setiap ayat yang diturunkan oleh Allah SWT mempunyai makna yang luar biasa saat diamalkan oleh umat-umat yang beriman. Salah satunya adalah dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah ini.

Jadi, apakah Anda sudah membaca dan mengamalkan Surat Al-Baqarah ayat 285 dan 286 di setiap sepertiga malam? Jika belum, mulai sekarang Anda harus mencoba dan berlatih istiqomah agar bisa merasakan keistimewaan dari dua ayat tersebut.

Baca juga Apa Saja Metode Hafalan Al-Qur’an