Logo Website Annajah
Search

Mengenal Lebih dalam Seputar Pesantren Tahfidz, Tempat, Program, dan biayanya

mengenal lebih dalam seputar pesantren tahfidz, tempat, program, dan biayanya

Table of Contents

Zaman yang terus mengalami perkembangan tentu saja membuat para orang tua harus multitasking. Tidak hanya pandai dalam urusan pekerjaan namun juga harus pandai mengurus pendidikan anak. Mempunyai anak cerdas dan berakhlak mulia tentunya menjadi impian dari setiap orang tua.

Salah satu cara untuk mewujudkannya yaitu memasukkan buah hati ke Pesantren Tahfidz. Melalui pesantren tadi tidak hanya memperoleh pendidikan umum namun juga belajar menghafal Al-Qur’an. Hati orang tua mana yang tidak akan tersentuh jika sang buah hati pintar menghafal Al-Qur’an.

Bahkan menjadi hafidz Qur’an memiliki keutamaan tersendiri di akhirat kelak yang tentunya itu merupakan suatu balasan yang luar biasa. Maka dari itu bagi kalian yang memiliki anak kecil sebaiknya ditanamkan sejak dini dengan memberikannya pendidikan tahfidz Al-Qur’an.

Apa itu Pesantren Tahfidz?

Bagi yang belum tahu apa itu Pesantren Tahfidz, jadi pesantren ini merupakan sebuah lembaga yang bermanfaat untuk membuat seseorang yang dulunya belum mengetahui jadi mengetahui dan yang belum menghafal menjadi menghafal Al-Qur’an.

Jadi dengan kata lain pesantren ini merupakan lembaga yang membantu anak-anak kalian menjadi lebih mudah dalam menghafal Al-Qur’an dengan sistem pembelajaran dan lingkungan yang mendukung untuk hal tersebut.

Walaupun memiliki banyak keunggulan namun masih banyak orang tua yang belum berminat memasukkan anaknya ke pesantren. Adapun alasan kenapa harus memasukkan anak ke pesantren terutama jika ingin buah hatinya menjadi penghafal Al-Qur’an sebagai berikut.

  •         Orang tua merasa aman

Di pesantren buah hati akan disibukkan dengan kegiatan yang bermanfaat seperti belajar menghafal Qur’an dan kegiatan lainnya. Hal tersebut tentunya akan mencegah anak-anak dari berbagai macam pergaulan yang buruk sehingga orang tua akan merasa lebih aman.

  •         Mendalami ilmu agama

Tentunya kalian paham jika fondasi keimanan adalah ilmu agama sehingga akan membentuk anak sesuai dengan karakter seorang muslim.

  •         Tahfidz dan bahasa asing

Saat anak masuk ke pesantren maka tidak hanya memperoleh pelajaran untuk menghafal Al-Qur’an saja namun juga bahasa asing lain seperti bahasa Inggris. Tentunya hal tersebut akan menambah kompetensi siswa.

  •         Tempat Islami

Berbicara mengenai pesantren tentu saja suasana yang dihadirkan Islami. Suasana yang nyaman tersebut tentu saja membuat anak-anak dan siapa pun yang berada di sana akan merasa nyaman dalam belajar agama.

  •         Menemukan teman yang soleh

Berada di lingkungan yang baik tentu saja akan mudah bagi kalian menemukan teman-teman yang mengajak pada kebaikan. Sehingga kalian akan menemukan teman yang saling memberikan motivasi untuk belajar agama lebih baik lagi.

Terutama untuk kalian yang ingin menghafalkan Al-Qur’an berada di tempat yang kondusif untuk melakukannya akan membuat kalian semakin mudah dalam menghafalkannya.

  •         Ibadah semakin tertata

Tentu saja pesantren memiliki jadwal yang teratur terutama untuk beribadah. Jadi bagi kalian yang sebelumnya sering beribadah secara asal-asalan dengan masuk ke pesantren maka kebiasaan tersebut sudah bisa dihilangkan.

  •         Dibimbing oleh pengajar berpengalaman

Tentu saja saat masuk ke Pesantren Tahfidz, anak kita akan mendapatkan pengajar yang benar-benar ahli di bidangnya. Salah satunya yaitu tahfidz Qur’an, tentunya dengan memperoleh pengajar yang ahli maka sistem pembelajaran untuk menghafal Qur’an tadi menjadi lebih cepat dan baik.

Dimana Tempat Pesantren Tahfidz?

Berbicara mengenai Pesantren Tahfidz maka salah satunya yang bisa dipilih yaitu Annajah yang merupakan Pondok Tahfidz Modern dan lokasinya yaitu Kampung Bahasa Pare, Kediri, Jatim. Pondok ini didirikan oleh tim yang memang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam melakukan pengelolaan lembaga pendidikan.

Annajah memberikan proses untuk pembelajaran Al-Qur’an terintegrasi bersama bahasa asing (Arab atau Inggris) dan juga life skill pada era digital dan juga Islamic Character Building. Sehingga nantinya akan bisa melahirkan generasi muslim tangguh penjaga Al-Qur’an sehingga dapat menghadapi tantangan masa depan.

Guna memberikan pelayanan prima serta kualitas terbaik mala Annajah berfokus kepada 3 pilar penting yaitu infrastruktur pendukung, kualitas SDM tenaga pendidik, dan sistem pembelajaran. Untuk alamat Pondok Tahfidz An Najah di Jl. Langkat No.88 Kec. Pare, Kab. Kediri, Jawa Timur.

Program Pesantren Tahfidz di Annajah

Untuk program di Pesantren Tahfidz Annajah tersedia Program Tahfidz dan Program Tahfidz Bahasa Plus. Untuk lebih jelasnya simak informasi berikut ini.

  1.   Program Tahfidz Bahasa Plus

Program ini cocok untuk yang ingin mempunyai hafalan Al-Qur’an berkualitas mutqin (hafalan yang kuat) sembari mempelajari bahasa asing. Untuk program ini terdapat dua pilihan bahasa yaitu Arab atau Inggris serta terdapat program lain seperti Islamic character building dan life skill era digital.

Kegiatan yang dimiliki bersifat intensif mulai pagi hingga malam dan tentunya dibimbing oleh pengajar berkompeten pada bidangnya sehingga menunjang santri di dalam proses pembelajarannya.

Program ini memiliki tujuan

  •         Menghafal Al-Qur’an dengan kualitas mutqin
  •         Jago bahasa asing aktif (Arab atau Inggris)
  •         Islamic character building

 

Keterangan dari kegiatan program ini sebagai berikut

  •         Kelas tahfidz sehari sebanyak 5x pertemuan
  •         Kelas bahasa Inggris sehari sebanyak 2x pertemuan dan diajar oleh pengajar bersertifikat TOEFL ITP (dipilih sesuai program bahasa yang diinginkan)
  •         Kelas bahasa Arab sehari sebanyak 2x pertemuan dan diajar oleh pengajar asli Yaman (dipilih sesuai program bahasa yang diinginkan)
  •         Kelas untuk character building setiap Sabtu

 

  1.   Program Tahfidz

Program ini bertujuan agar kalian bisa mempunyai hafalan Al-Qur’an berkualitas mutqin. Untuk program ini kalian tidak mempelajari bahasa asing dan terfokus pada tahfidz Qur’an saja.

Program ini memiliki tujuan:

  •         Hafal Al-Qur’an berkualitas mutqin
  •         Percaya diri melafalkan hafalan Al-Qur’an di depan umum
  •         Islamic character building

 

Keterangan dari kegiatan program ini sebagai berikut

  •         Kelas tahfidz sehari sebanyak 5x pertemuan
  •         Kelas untuk character building setiap Sabtu

 

Biaya Program di Pesantren Tahfidz Annajah

Setelah mengetahui mengenai program yang ada maka informasi selanjutnya terkait biayanya. Untuk lebih jelasnya biaya atau infaq ini tergantung dari lamanya pendidikan yang diinginkan.


  1. Program Tahfidz Bahasa Plus (Arab atau Inggris)

  •         Infaq program 1 bulan Rp1.250.000
  •         Infaq program 2 bulan Rp2.300.000
  •         Infaq program 3 bulan Rp3.350.000
  •         Infaq program 4 bulan Rp4.400.000
  •         Infaq program 5 bulan Rp5.450.000
  •         Infaq program 6 bulan Rp6.500.000

 


  1. Program Tahfidz

  •         Infaq program bulanan Rp750.000 per bulan (jika mengambil di atas 1 bulan maka biaya tambahannya Rp700.000 per bulan)
  •         Infaq tahunan Rp8.000.000 per tahun

 

Terdapat beberapa fasilitas yang akan kalian dapatkan dengan biaya tersebut seperti asrama nyaman, pengajar berkompeten, pendamping asrama, Al-Qur’an terjemahan, modul dan buku catatan, seragam tahfidz, sertifikat penunjang, dan masih banyak lainnya.

Jadi itulah hal-hal yang perlu kalian ketahui mengenai Pesantren Tahfidz di Annajah beserta program serta biaya yang dibayarkan, tentunya dengan mengikuti kelas pesantren tadi cita-cita untuk menghafalkan Al-Qur’an dengan baik dan benar cepat terealisasikan.

Bahkan apa pun program yang dipilih di Annajah kalian akan mendapatkan kelas Islamic character building. Sehingga ketika keluar dari sana kalian akan memiliki kepribadian berkarakter Islam yang baik tentunya.

Nah, jika ingin mempelajari lebih lanjut mengenai Tahfidz dan Tahsin tersebut, Anda atau bahkan anak-anak Anda dapat belajar ke pondok tahfidz modern An-najah di Pare, Jawa Timur.