Khabar terdiri dari dua jenis, yakni khabar mufrod dan juga khabar ghoiru mufrod. Nah gimana sih perbedaan khabar mufrod dan khabar ghoiru mufrod?
Kemampuan menentukan khabar sangat diperlukan apabila kita ingin mengidentifikasi bahasa arab atau meng-‘irab kalimat bahasa Arab, khususnya dalam Al-Qur’an.
Apa Itu Khabar?
Pengertian khabar secara bahasa berarti berita, kabar atau informasi.
Kata kabar dalam Bahasa Indonesia merupakan kata serapan dari Bahasa Arab, khabar.
Seakan memberikan makna bahwa kabar itu berarti memberikan berita atau informasi.
Sementara secara istilah, Syaikh Ash-Shanhaji mendefinisikan khabar:
الخبر هو إسم مرفوع مسند اليه
“Khabar adalah isimi marfu’ yang disandarkan kepadanya (mubtada)”
Ada beberaa ketentuan dalam khabar tersebut, ketentuan-ketentuan itu antara lain:
- Khabar wajib sama dengan mubtada dari segi mufrad (tunggal), tatsniyah (dua), maupun jamak (banyak).
- Khabar boleh dibuang apabila terdapat sebuah tanda yang menunjukkan keberadaan khabar.
- Khabar wajib dibuang apabila memenuhi ketentuan berikut:
Ø Apabila khabar menunjukkan arti sifat secara mutlak (menunjukkan bentuk yang umum).
Ø Apabila mubtadanya merupakan lafal-lafal yang hanya digunakan untuk sumpah.
Dalam Al-Qur’an, dengan rima-nya yang tinggi, kita dapat melihat ragam penggunaan khabar di dalamnya. Apabila kita tidak menguasai materi khabar ini, terutama dua jenis khabar tadi, kita akan kesulitan dalam memaknai ayat-ayat tersebut secara tekstual dan kontekstual,
Artikel yang sedang teman-teman saat ini akan membahas tentang kedua macam khabar tersebut. Bagaimanakah penjelasannya? Langsung saja kita simak pembahasannya.
Apa yang Dimaksud Khabar Mufrad?
Sesuai dengan namanya, khabar mufrod terdiri dari dua kata. Khabar yang penjelasannya sudah penulis jelaskan di atas.
Sedangkan mufrad artinya tunggal atau sendiri.
Perlu dipahami bahwa maksud mufrad disini bukanlah bentuk kalimatnya, tetapi banyak dari kalimat yang menjadi khabar tersebut.
Dengan demikian, maksud khabar mufrad adalah khabar yang terdiri dari hanya satu kalimat saja.
Pembagian khabar mufrad dibagi menjadi dua bagian lagi, yakni khabar dengan isim jami dan khabar dengan isim musytaq.
Isim Jamid merupakan isim yang tidak memiliki pola kalimat, tidak ada kalimat asalnya, seperti lafadz akhun “أخ”.
Apabila kita menemukan khabar dengan kalimat yang tidak mempunya asal dari kalimat tersebut, maka itu masuk dalam kategori khabar mufrad isim jamid.
Sedangkan isim musytaq itu kebalikan dari isim jamid. Isim musytaq adalah isim yang memiliki pola kalimat, ia mempunya kalimat asal. Misalnya, lafadz “جميل”.
Lafadz tersebut berasal dari kata kerja “جمل – يجمل”.
Apabila kita menemukan kalimat khabar ini, maka itu termasuk dalam kategori khabar mufrad isim musytaraq.
Apa yang Dimaksud Khabar Ghoiru Mufrad?
Dilihat dari namanya, ghairu mufrad artinya bukan tunggal atau tidak sendiri, maka khabar ghairu mufrad adalah khabar yang tidak sendirian, ia tidak hanya terdiri dari satu kalimat saja.
Pembagian khabar ghairu mufrad ini diklasifikasikan menjadi dua bagian, yakni khabar jumlah dan khabar syibhul jumlah.
Pertama, khabar jumlah.
Sebelum memahami khabar jumlah, kita harus tau dulu apa itu jumlah. Secara simplenya jumlah dalam Bahasa Indonesia artinya kalimat.
Dalam ilmu nahwu, jumlah terbagi menjadi dua bagian, yakni jumlah ismiyah dan juga jumlah fi’liyah.
Jumlah ismiyah adalah jumlah yang terdiri dari isim, sehingga kita akan menemukan susunan mubtada dan khabar lagi di dalamnya.
Sementara jumlah fi’liyah adalah jumlah yang terdiri dari fa’il, sehingga kita akan menemukan susunan fi’il dan fail di dalamnya.
Dengan demikian, khabar jumlah khabar yang tidak terdiri dari satu kata karena jumlah merupakan susunan dari beberapa kata.
Catatan kedua adalah khabar jumlah apabila kita pisahkan dari mubtada’nya, maka ia tetap memahamkan bagi pembaca.
Dari khabar jumlah itu juga, seharusnya kita akan menemukan susunan mubtada dan khabar atau susunan fi’il dan fa’il.
Kedua, khabar syibhul jumlah.
Syibhul jumlah bermakna menyerupai jumlah.
Sebab, ia terdiri dari tidak hanya satu kata saja, tetapi belum bisa dikatakan jumlah karena tidak memberikan pemahaman bagi pembaca.
Syibhul jumlah terdiri dari dua jenis, yakni zharaf dan juga jar majrur.
Misalnya saja, dalam khabar syibhul jumlah yang berbentuk zharaf, yakni lafadz “الجَوَّالُ عَلَى الْمَكْتَبِ”. Lafadz yang berwarna merah tersebut, apabila kita pisahkan dengan mubtadanya, maka belum bisa memahamkan.
Apabila kita hanya mengucapkan “على المكتب”, maka orang yang mendengarkan ucapan itu akan kebingungan dan bertanya, apa yang di atas meja?
Begitu juga contoh dalam khabar syibhul jumlah yang berbentuk jar majrur. Saya kasih contoh lafadz “الدَّرْسُ بَعْدُ الْمَغْرِبِ”.
Lafadz “بَعْدُ الْمَغْرِبِ” termasuk khabar ghairu mufrad dalam kategori syibhul jumlah.
Masuk dalam kategori syibhul jumlah karena lafadz “بَعْدُ الْمَغْرِبِ” akan menimbulkan pertanyaan bagi orang yang mendengar lafadz tersebut.
Kenapa dengan setelah magrib? Ada apa?
Perbedaan Khabar Mufrod dan Khabar Ghoiru Mufrod
Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat menangkap bahwa perbedaan khabar mufrad dan ghairu mufrad itu ada pada banyak katanya, bukan bentuk katanya.
Contohnya, lafadz “الرَّجُلَانِ قَائِمَانِ”, walaupun lafadz “قَائِمَانِ” dalam bentuk mutsanna (bukan mufrad), maka ia tetap masuk dalam bagian khabar mufrad karena jumlah katanya hanya satu.
Namun perlu diperhatikan untuk lafadz yang merupakan bentuk idhafah. Contohnya lafadz “هَذَا مِفْتَاحُ البَاب”.
Lafadz “مِفْتَاحُ البَاب” merupakan khabar mufrad, walaupun jumlah katanya terlebih dari satu. Sebab, idhafah itu dalam Bahasa Indonesia disebut dengan frasa, gabungan dua kata atau lebih yang membentuk satu kesatuan, misalnya, polisi tidur. Begitu pun dengan “مِفْتَاحُ البَاب”, itu merupakan satu kesatuan sehingga tetap masuk dalam kategori khabar mufrad.
Contoh Khabar Mufrod
اللَّهُ الصَّمَدُ
الطَّالِبُ مَرِيْضٌ
الحُخَّجُ مُفْتَعَلَةٌ
زَيْدٌ مُدَرَّسٌ
الكِتَابُ جَدِيْدٌ
القَلَمُ جَمِيْلٌ
البُسْتَانُ نَظِيْفٌ
الرَّجُلَانِ قَائِمَانِ
اَنْتِ جَمِيْلَةٌ
هُوَ مُحْسِنٌ
Contoh Khabar Ghoiru Mufrod
زَيْنَبُ فِى دُكَّانِ
مُحْمُوْدٌ عِنْدَكَ
الطَّالِبُ عِلمُهُ كَثِيْرٌ
عليّ يصلّى في المسجد
الجوّال على المكتب
الَحَمْدُ لِلهِ
الأُسْتَاذُ أَمَامَكَ
الطَّالِبُ يَدْرُسُ اللُّغَةَ الْعَرَبِيَةَ
الطَّالِبُ عِلْمُهُ كَثِيْرٌ
مُحَمَّدٌ يَذْهَبُ اِلَى المَدْرَسَةِ
Demikian, pembahasan tentang perbedaan khabar mufrad dan khabar ghairu mufrad. Apabila ada yang kurang dipahami atau ada kekeliruan dalam pembahasan ini, penulis memohon maaf dan membuka pintu untuk turut berdiskusi.
Demikian, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.
Pondok Tahfidz Annajah membuka kesempatan untukmu untuk mempelajari dan memperdalam ilmu tahsin dan tahfidz Al-Quran dan bahasa Arab dengan cara yang interaktif dan penuh manfaat di bulan Ramadhan yang penuh berkah!
Tunggu apa lagi? Dapatkan sensasi belajar dengan atmosfer yang berbeda dengan daftar program Ramadhan Annajah sekarang juga, yuk!