Logo Website Annajah
Search

Bagaimana Tahsin Ayat Kursi yang Tepat dan Baik

bagaimana tahsin ayat kursi yang tepat dan benar

Table of Contents

Ayat Kursi merupakan salah satu ayat yang paling disukai umat Islam. Bagaimana tidak ayat ini berisi jutaan doa baik yang ketika dilantunkan dapat memberikan kebaikan kepada pengucapnya. Selain itu, ayat Kursi juga memiliki banyak keutamaan jika dibaca dengan baik dan benar terlebih jika menggunakan metode tahsin yang tepat.

Istilah di atas mungkin tak lagi asing bagi kaum muslim dan dapat diartikan sebagai sifat yang sempurna. Kalimat ini sering digunakan dalam konteks membaca ayat suci Al-Quran secara sempurna.

Untuk mengetahui Tahsin Ayat Kursi yang tepat alangkah baiknya kita pelajari terlebih dahulu tentang apa itu Tahsin.

Apa Itu Tahsin?

Tahsin merupakan salah satu metode membaca Al-Quran yang tentunya menyempurnakan dan membaguskan bacaan sesuai dengan tajwid. Selain itu, dalam membaca juga penting memperhatikan beberapa aspek seperti makhraj huruf, keindahan bacaan, hingga bagaimana sifat dari huruf tersebut.

Tahsin sendiri berasal dari Bahasa Arab yang artinya memperbaiki, memperkaya, dan meningkatkan. Jika diartikan maka ini merupakan kegiatan untuk memperbaiki, memperindah suatu bacaan al-Quran sesuai dengan bacaan Rasulullah SAW.

Membaca suatu ayat Al-Quran dengan metode membaca Al-Quran ini tentu menjadi keutamaan. Pasalnya, suatu amalan jika dikerjakan dengan sempurna dan ikhlas maka dapat mendatangkan kebaikan berlipat ganda kepada yang membaca. Oleh karena itu, penting untuk membaguskan bacaan Al-Quran menggunakan metode tahsin dan juga tilawah.

Cara Baca Ayat Kursi Dengan Tepat Dan Baik

Ayat Kursi berada pada Surat Al Baqarah ayat ke-255. Ayat ini menjadi amalan yang selalu dilakukan oleh Nabi sebelum tidur di malam hari. pasalnya ayat ini memiliki banyak sekali keutamaan kepada para pembacanya sehingga tak heran jika ayat ini selalu dianjurkan untuk dibaca setiap hari.

Tidak hanya membacanya yang menjadi keutamaan namun sangat disarankan membaca ayat Kursi dengan metode yang tepat dan baik. Cara membacanya saat akan tidur dilakukan dengan menengadahkan tangan layaknya sedang berdoa. Hal ini akan meningkatkan kekhusyukan Anda dalam membaca lantunan ayat demi ayat pada ayat Kursi.

Cara membaca ayat Kursi yang baik dan benar dilakukan dengan bersuci menggunakan air wudhlu. Hal ini bertujuan untuk mensucikan Anda dari najis-najis kecil yang jika tetap ada dapat membuat bacaan menjadi tidak sah atau diterima.

Setelah itu mulai membaca ayat Kursi dengan memulai bacaan basmalah. Hal ini bertujuan untuk membuka dengan kalimat indah dan menghindari dari godaan syaitan. Setelah itu Anda bisa melanjutkan bacaan ayat Kursi dengan khusyuk dan metode tahsin. Jangan membaca ayat dengan terburu-buru namun cobalah memahami setiap kata dan artinya untuk mendapatkan keutamaan di setiap ayatnya.

Cara membaca ayat Kursi yang baik dan benar dimulai dengan mengenal huruf baca dan juga tanda baca. Hal ini akan membuat lafal yang keluar menjadi sempurna dan memahami setiap bacaannya. Anda juga perlu mengetahui kapan posisi pemberhentian yang tepat dan kapan posisi untuk dilanjutkan.

Tak hanya itu, saat membaca ayat al-Quran yang baik dan benar juga diperlukan pengenalan terhadap tajwid. Ilmu ini digunakan untuk membunyikan suatu huruf dan kalimat Al-Quran dengan baik dan benar. Ilmu ini seperti grammar jika Anda sedang belajar Bahasa Inggris yang akan membuat lantunan semakin jelas dan mudah dipahami.

Ilmu tersebut tidak cukup dilakukan karena Anda juga harus mengetahui terkait isyarat harakat di mana dalam Al-Quran terdapat beberapa tanda baca seperti Mad Arid Lissukun, mad Wajib Muttasil dan juga tanda baca lainnya. Hal ini penting karena setiap tanda baca memiliki fungsi masing-masing, contohnya mad jika bertemu dengan huruf hijaiyah pada akhir kalimat maka cara membacanya harus dimatikan terlebih dahulu baru kemudian dipanjangkan.

Membaca Al-Quran dengan baik dan benar merupakan hal yang tidak akan sulit untuk dilakukan. Diperlukan pembiasaan diri dalam melatih setiap bacaan secara teratur. Pasalnya jika tidak terbiasa maka ilmu yang dirasa juga tidak akan diaplikasikan. Sebaliknya semakin sering diaplikasikan maka lama kelamaan akan fasih dan lihai dalam membacanya.

Saat ini Anda juga bisa mencari guru ngaji yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan bacaan. Guru ini akan menjelaskan mengenai apa saja yang kurang dan perlu ditingkatkan sehingga akan ada koreksi setiap kali Anda membaca Al-Quran. Hal ini akan membuat Anda terbiasa dan belajar dari kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan dalam membaca selama ini.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=7EP_H0s-Hmg[/embedyt]

Manfaat Baca Ayat Kursi Secara Tepat Dan Baik

Seperti diketahui bahwasanya ayat Kursi merupakan ayat yang memiliki banyak keistimewaan. Namun rasanya belum banyak orang menyadari hal tersebut. Berikut sederetan manfaat yang didapatkan dengan membaca ayat Kursi dengan baik:

  •         Mendapatkan Surga

Manfaat pertama yang akan didapatkan dengan membaca ayat Kursi secara rutin adalah mendapatkan surga dari Allah. Hal ini seperti yang tertuang dalam salah satu hadis shahih di mana siapa saja yang membaca ayat Kursi setelah sholat maka tidak akan ada satu pun yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian. Tentu menjadi manfaat yang sangat besar bagi orang muslim karena surga merupakan tujuan utama yang ingin dicapai.

  •         Mendapatkan Pahala Syahid

Manfaat selanjutnya dari membaca ayat Kursi adalah mendapatkan pahala syahid dengan catatan membaca secara rutin. Hal ini juga diungkap dalam suatu hadis shahih di mana setiap orang yang membaca ayat Kursi secara teratur sehabis sholat maka Allah akan mencabut nyawanya. Hal ini setara dengan berperang dengan para nabi hingga akhirnya mendapatkan mati syahid.

Tentu manfaat ini begitu luar biasa mengingat pahala mati syahid begitu besar. Jika orang zaman dahulu harus pergi berperang untuk mati syahid maka orang zaman sekarang tentu tidak akan merasakan hal tersebut. Sebagai gantinya maka cukup melakukan beberapa amalan utama yang akan Allah beri pahala setara.

  •         Mendapatkan Perlindungan

Manfaat lain yang akan didapatkan dengan membaca ayat Kursi secara konsisten adalah mendapatkan perlindungan dari Alllah SWT. Perlindungan yang dimaksud dapat berupa perlindungan dari godaan setan, kejahatan, dan juga beberapa hal lain yang membahayakan.

Janji pemberian perlindungan ini juga disampaikan pada suatu hadis shahih di mana ketika membaca ayat Kursi sebelum tidur maka Allah akan senantiasa menjaga dan memberikan perlindungan. Hal ini akan membuat setan-setan tidak akan berani mendekati hingga pagi hari.

  •         Dimudahkan Segala Urusan

Manfaat lain yang juga akan didapatkan dengan membaca ayat Kursi dengan teratur adalah Allah akan memudahkan segala urusannya. Dalam hal ini nantinya Allah akan memberikan beberapa nikmat seperti dada yang lapang, hati yang tenang, urusan yang dimudahkan, pertolongan, hingga perluasan rezeki tiada tara.

Sebagai muslim saat akan membaca ayat Kursi maka sangat dianjurkan pada beberapa waktu terbaik ini. Waktu ini dianggap sebagai waktu yang mujarab untuk membacakan ayat Kursi. Waktu-waktu tersebut adalah setelah selesai sholat fardhu, sebelum tidur, hingga di pagi hari.

Membaca ayat Kursi dengan baik dan menggunakan tahsin akan membawa begitu banyak kebaikan. Pasalnya setiap ayat yang dibaca dengan sempurna maka akan memberikan pahala berlipat ganda bagi yang membacanya. Oleh karena itu, yuk mulai biasakan membaca ayat suci al-Quran dengan bacaan yang baik dan benar.

pelajari juga tentang Tahsinul Qiraah

Yuk belajar Tahsin Quran bersama Annajah, sudah saatnya belajar dan meneladani Al-Quran dengan mudah dan menyenangkan!