close
Dauroh Tahsin Tahfidz Ramadhan
Logo Website Annajah
Search

Kumpulan Hadits Tentang Bersyukur Beserta Keutamaannya

Table of Contents

Banyaknya Hadits tentang bersyukur dan juga keutamaannya tentunya menunjukkan bahwa penting bagi setiap muslim untuk mensyukuri segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kita dalam jumlah yang tidak bisa kita hitung. Janji Allah terhadap orang-orang yang bersyukur adalah akan melipatgandakan nikmat yang didapatkan dan juga disyukuri.

Selain bersyukur adalah sebuah kewajiban, tentunya juga mempunyai keutamaan yang besar bagi manusia. Sehingga kita jangan sampai kita menjadi manusia yang kufur akan nikmat yang Allah berikan, hingga merasa bahwa segala sesuatu yang terjadi kepada kita adalah hasil dari jerih payah kita sendiri. Padahal dalam setiap kenikmatan itu pasti atas campur tangan Allah SWT juga. 

Hadits Tentang Bersyukur

Syukur merupakan bentuk rasa pengakuan dari seorang hamba yang diberikan kepada pemberi nikmat yaitu Allah SWT dengan dibarengi ketaatan kepada Allah SWT. Sedangkan bersyukur sendiri merupakan bentuk perbuatan yang dilakukan untuk berterima kasih atas segala nikmat dan juga karunia yang diberikan oleh Allah SWT.

Begitu banyak nikmat yang Allah berikan dan bisa kita rasakan dalam setiap helaan nafas, maka kita wajib untuk mengucap syukur. Banyak Hadits tentang bersyukur yang bisa kita baca dan renungkan sebagai bentuk pengingat untuk semakin memperbanyak bersyukur.

1. Hadits Riwayat Muslim

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ، وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ؛ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

Artinya: “Seorang mukmin itu sungguh menakjubkan, karena setiap perkaranya itu baik. Namun tidak akan terjadi seperti demikian kecuali pada mukmin sejati. Jika ia mendapat kesenangan, ia bersyukur dan itu baik baginya. Jika ia tertimpa kesusahan, ia bersabar dan itu baik baginya.” (HR. Muslim. no.7692)

مُطِرَ النَّاسُ على عهدِ النَّبيِّ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ فقالَ النَّبيُّ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ 

2. Hadits Riwayat Bukhari

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ الَّلهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى الَّلهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: نِعْمَتَانِ مَغْبُوْنٌ فِيْهِمَا كَشِيْرٌ مِنْ النَّاَسِ الصِّحَّةُ وَاْلفَرَاغُ

Artinya: “Dari Ibnu Abbas, ia berkata. Nabi SAW bersabda: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, yaitu kesehatan dan waktu).” (HR. Bukhari)

3. Hadits Riwayat Tabrani

(قَا اللهُ تَعَالىَ : يَاابْنَ اَدَمَ, اِنَّكَ مَاذَكَرْتَنِى شَكَرْتَنِى, وَاِذَامَانَسِيْتَنِى كَفَرْتَنِى (رواه الطبرانى عن ابى هريرة

Artinya: “ Allah berfirman dalam Hadits qudsi-Nya: “ Wahai anak Adam, bahwa selama engkau mengingat Aku, berarti engkau mensyukuri Aku dan apabila engkau melupakan Aku, berarti engkau telah mendurhakai Aku!.” (HR. Tabrani)

4. Hadits Riwayat Ahmad dan Baihaqi

وَمَنْ لاَيَشْكُرِ النَّاسَ لاَيَشْكُرِ الله

Artinya: “ Barang siapa yang tidak bersyukur kepada manusia, berarti ia tidak bersyukur kepada Allah.” (HR. Ahmad dan Baihaqi)

5. Hadits Riwayat Ibnu Majah

كن وَرِعًا تكن أعبدَ الناسِ ، و كن قنِعًا تكن أشْكَرَ الناسِ

Artinya: “ Jadilah orang yang wara’, maka engkau akan menjadi hamba yang paling berbakti. Jadilah orang yang qana’ah, maka engkau akan menjadi hamba yang paling bersyukur.” (HR. Ibnu Majah)

Keutamaan Bersyukur

Nikmat yang Allah berikan kepada setiap makhluk-Nya diberikan secara merata, tidak ada makhluk hidup di dunia ini yang tidak mendapatkan nikmat dari Allah SWT. Itulah alasan mengapa Islam sangat menganjurkan kita untuk senantiasa bersyukur, karena dalam bersyukur kita akan mendapatkan banyak kebaikan. Berikut merupakan keutamaan bersyukur dalam Islam:

1. Menjalankan Perintah Allah

Salah satu perintah Allah yang harus kita penuhi adalah bersyukur, karena rasa syukur kita terhadap nikmat yang Allah berikan akan menjadi ladang ibadah untuk kita.

2. Mengingat dan Mengakui Nikmat Allah

Berbagai macam nikmat yang Allah berikan yaitu berupa rezeki, kesehatan dan juga umur agar kita senantiasa bersyukur. Dengan mengakui segala anugerah yang Allah berikan melalui apa pun yang kita miliki itulah sebagai bentuk mengingat dan juga mengakui bahwa adanya Allah sang pemberi nikmat.

3. Mendapat Rezeki yang Berkah

Sebagai orang muslim kita dianjurkan untuk tidak merasa iri dengan apa pun yang orang lain miliki, karena apa pun yang kita punya saat ini adalah nikmat terbaik yang sudah Allah berikan. Tugas kita hanya bersyukur agar Allah memberikan keberkahan.

4. Jalan Menuju Surga

Rasa sabar dan juga syukur atas apa pun yang terjadi dalam kehidupan kita terutama saat mendapatkan ujian, maka Allah akan menjanjikan surga.

5. Jauh dari Penyakit Hati

Bersyukur dapat menghindarkan kita dari penyakit hati seperti iri, dengki, dendam dan lain sebagainya. Karena dengan kita bersyukur maka kita hanya akan mengharap ridho-Nya.

6. Mendapat Tambahan Nikmat

Orang-orang yang bersyukur atas nikmat yang Allah berikan maka akan Allah tambahkan nikmat tersebut menjadi berlipat ganda.

Begitu banyak nikmat yang Allah berikan dan tidak bisa kita hitung. Semoga dengan adanya Hadits tentang bersyukur akan membuat kita senantiasa bersyukur atas segala apa pun yang terjadi dalam kehidupan kita dan mendapatkan keberkahan serta Ridho dari Allah SWT.

Yuk pelajari lebih dalam berkaitan dengan ilmu agama Islam dan Al-Quran bersama Pondok Tahfidz Annajah! Ikuti terus artikel-artikel kami dan temukan ilmu baru setiap harinya. 

Gap year di Podok Annajah