close
Dauroh Tahsin Tahfidz Ramadhan
Logo Website Annajah
Search

Simak Cara Terbaik Menghafal Al-Qur’an

simak cara terbaik menghafal alquran

Table of Contents

Salah satu hal yang banyak diinginkan umat Islam yaitu memiliki keahlian untuk menghafal Al-Qur’an. Banyak keutamaan yang akan diperoleh ketika berhasil menjadi seorang penghafal Al-Qur’an salah satunya akan diberikan derajat yang tinggi di surga.

Akan tetapi untuk menjadi seorang penghafal Al-Qur’an bukanlah suatu pekerjaan yang mudah karena terkadang untuk menghafalkan satu surat saja dibutuhkan waktu yang cukup lama. Kendati demikian bukan berarti kalian tidak dapat menghafalkannya.

Mengapa Perlu Menghafal Al-Qur’an?

Tentunya kalian bertanya-tanya kenapa menghafalkan Al-Qur’an itu perlu dilakukan. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa umat muslim harus menghafalkan Al-Qur’an.

1. Penghafal Al-Qur’an Merupakan Shohibul Qur’an

Shohibul Qur’an merupakan orang yang menghafalkannya di dalam hati. Derajat seseorang di surga kelak bergantung pada banyaknya hafalan yang dimiliki. Jadi ini menjadi salah satu keutamaan bagi penghafal Al-Qur’an dengan syarat tujuannya dalam menghafalkan tadi untuk mengharap Allah tabaraka wa ta’ala bukan untuk harta dan dunia.

2. Syafa’at Untuk Shahibul Qur’an

Al-Qur’an tadi akan menjadi penolong di hari kiamat dan membawa syafaat untuk para Shohibul Qur’an dan itu merupakan keutamaan yang lainnya.

3. Hafalan Qur’an Berpengaruh Pada Derajat di Surga

Tentu saja semakin banyak hafalannya maka kedudukan di surga kelak akan semakin tinggi. Banyak dalil mengenai keutamaan yang satu ini.

4. Sebaik-baiknya Manusia

Al-Qur’an memberikan banyak sekali kebaikan bagi umat Islam. Maka siapa pun yang mempelajari serta mengajarkan Al-Qur’an maka dia adalah sebaik-baiknya manusia.

5. Diberikan Mahkota Serta Pakaian Kemuliaan

Di hari kiamat kelak Allah akan memberikan mahkota dan pakaian kemuliaan bagi orang-orang yang menghafal Al-Qur’an. Tidak hanya itu saja nantinya akan ditambahkan pahala yang berasal dari setiap ayat yang dibaca.

6. Orang Tuanya Akan Diberikan Mahkota Cahaya di Akhirat Kelak

Siapa yang menghafalkan Al-Qur’an, mengkaji serta mengamalkannya akan diberikan mahkota untuk kedua orang tuanya yang terbuat dari cahaya terang seperti matahari.

Melihat keutamaan tersebut maka sudah saatnya kalian mulai belajar menghafalkan Al-Qur’an. Terdapat beberapa cara untuk menghafalkannya, simak informasinya berikut ini.

7 Cara menghafal Al-Qur’an dengan mudah

Berikut ini cara menghafal Al-Qur’an:

1. Konsisten Muroja’ah/Mengulang-ulang

Tips untuk bisa menghafalkan Al-Qur’an dengan mudah yaitu kalian harus sering mengulangi bacaan per ayat dengan begitu akan lebih mudah bagi kalian dalam menghafalkannya. Sebaiknya jangan pernah terburu-buru untuk menambahkan hafalan tanpa melakukan pengulangan ayat sebelumnya berkali-kali.

Hal tersebut sangat berguna mengurangi resiko dari hilangnya hafalan. Sangat disarankan untuk melakukan murojaah sesering mungkin agar hafalan bisa melekat untuk waktu yang lama. pengulangan Al-Qur’an perlu dilakukan setiap hari agar ayat tadi tidak hilang maupun terlupa.

Tidak ada waktu tertentu kapan untuk menghafal, disarankan setiap hari pagi dan malam hari. Namun untuk suasana yang lebih bersemangat melakukan pengulangan di malam hari.

2. Memiliki Capaian/Target

Pastikan sebelum kalian memiliki niatan untuk menghafal Al-Qur’an, akan lebih baik jika membuat target hafalan. Jika mempunyai target yang jelas maka akan lebih mudah dalam memotivasi diri agar tetap semangat untuk menghafal.

Terkadang pada saat menghafalkan Al-Qur’an kalian mengalami beberapa kendala seperti malas menambah hafalan serta hafalan susah masuk. Ketika mengalami hal tersebut maka semangat untuk menghafal akan berkurang. Maka dengan adanya target tadi membuat kalian menjadi lebih disiplin.

3. Memiliki Satu Mushaf Khusus untuk Hafalan Al-Qur’an

Supaya aktivitas menghafal menjadi mudah dilakukan maka pastikan untuk memakai mushaf Al-Qur’an yang sama. Tentunya memakai mushaf yang sama dapat memberikan kemudahan karena dapat mengetahui letak ayar yang sudah dihafalkan.

Analogi dalam menghafal Al-Qur’an sebenarnya serupa dengan merekam gambar di dalam memori. Maka dari itu, bentuk mushaf bisa memberikan sebuah pengaruh pada struktur hafalan kalian di dalam memori otak.

4. Rajin Mendengarkan Murotal

Salah satu cara paling mudah dan banyak dipraktekan untuk menghafalkan Al-Qur’an yaitu sering mendengarkan murotal. Tidak dipungkiri kalian akan lebih mudah dalam mengingat sebuah ayat ketika dilantunkan ke dalam irama merdu serta diperdengarkan berulang-ulang.

Tentunya semakin sering kalian mendengarkan murotal tentu akan semakin banyak ayat yang bisa kalian hafalkan dengan cepat.

5. Memiliki Jadwal Hafalan/Menghafal

Membuat sebuah jadwal rutin yang berguna untuk menghafalkan Al-Qur’an adalah suatu hal penting untuk dilakukan agar nantinya kalian bisa disiplin dalam melakukan hafalan. Ada baiknya kalian menyediakan waktu khusus untuk melakukan hafalan setiap harinya.

Berbicara mengenai waktu ada beberapa yang dianjurkan untuk menghafal Al-Qur’an yaitu sepertiga malam terakhir, pagi hari selesai waktu sholat subuh, dan pertengahan siang hari.

Jangan lupa untuk menetapkan tanggal kalian ingin menyelesaikan hafiz Qur’an. Sebaiknya menentukan jadwal dengan benar seperti hitungan tahun, bulan, serta lainnya. Tentunya dengan menentukan jadwal tadi kalian akan lebih mudah dalam mencapai tujuan untuk menghafalkan Al-Qur’an.

6. Terus Belajar untuk Memperbaiki bacaan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika menghafalkan Al-Qur’an memang mempunyai banyak keutamaan, namun tetap saja perlu dilakukan dengan baik dan benar. Maka dari itu sebelum kalian mulai dalam menghafalkannya sangat penting mengecek lagi kualitas bacaan yang kalian miliki.

Usahakan untuk memberikan sedikit waktu untuk melakukan perbaikan pada bacaan Al-Qur’an supaya nantinya hafalan akan lebih sempurna dan pahala yang diperoleh bisa berlipat ganda. Hal tersebut diperlukan supaya kalian bisa terhindar melakukan kesalahan dalam membaca dan membuat kekeliruan.

7. Konsistensi

Untuk kalian yang sudah memantapkan hati menjadi penghafal Al-Qur’an tentu saja harus mempunyai prinsip teguh untuk selalu menjaga hafalan yang dimiliki dalam kondisi serta situasi apa pun. Selalu ingat bahwa kalian tidak akan memperoleh kesuksesan tanpa melakukannya dengan konsisten. Hal tersebut berlaku juga ketika kalian menghafalkan Al-Qur’an.

Maka dari itu kalian harus konsisten dengan jadwal, manajemen waktu dan murajaah yang sudah ditetapkan sebelumnya. Jangan sampai kalian memiliki target namun tidak menjalankannya dengan sungguh-sungguh karena akan tidak memiliki dampak apa pun bagi kalian.

Itulah cara terbaik yang bisa kalian lakukan untuk menghafalkan Al-Qur’an. Semua elemen tersebut saling terkait dan akan lebih maksimal jika dilakukan semuanya. Jika kalian menghafal melalui murotal namun tidak memiliki target dan konsisten maka hafalan kurang maksimal dan akan terkesan kurang bersemangat ketika menghafalkannya.

Akan lebih baik lagi jika kalian berada di suatu lingkungan yang mendukung kalian untuk menjadi seorang tahfidz Qur’an dan salah satunya ditempuh dengan cara masuk ke dalam pondok tahfidz Qur’an.

Tentu saja dengan masuk ke dalam pondok tersebut usaha kalian untuk menghafal Al-Qur’an akan lebih maksimal. Namun jangan asal dalam memilih pondok, pastikan jika pondok tersebut mempunyai SDM berkualitas, sistem pembelajaran, dan infrastruktur pendukung yang baik.

Hal tersebut memiliki tujuan agar nantinya kalian bisa menghafalkan Al-Qur’an sesuai dengan target yang sudah ditentukan sebelumnya. Sebagai contoh tanpa sistem pembelajaran yang baik kalian hanya akan menghafal saja tanpa mengetahui cara baca yang benar dan metode yang tepat untuk menghafalkannya.

Baca juga Beragam Kemuliaan Utama Tahfidz Al-Qur’an