close
Logo Website Annajah
Search

Ini Dia Beragam Kemuliaan Utama Menjadi Tahfidz Al-Quran!

beragam kemuliaan utama tahfidz alquran

Table of Contents

Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam yang digunakan sebagai pedoman dalam kehidupan. Belajar memahami Al-Quran tentu akan memudahkan jalan kehidupan karena akan menuntun Anda menuju ke tempat yang benar. Tak heran jika banyak orang kemudian mencoba program Tahfidz Al-Qur’an untuk mengenalnya secara mendalam dalam jiwa dan raga.

Kemuliaan Tahfidz Al Quran salah satunya adalah mampu memberikan banyak keistimewaan bagi siapa saja yang bisa menghafalkannya. Hal ini bukan janji belaka karena telah disebutkan secara jelas dalam firmannya bagi hamba yang mau menghafal Al-Quran.

Apa Itu Tahfidz Al-Qur’an?

Meskipun banyak orang sudah mengetahui terkait Tahfidz Al-Qur’an namun tak semua orang terinformasi mengenai hal ini. Tahfidz berasal dari Bahasa Arab yaitu tahfidzh yang berarti menghafal. Proses ini dapat dikatakan merupakan proses pengulangan suatu pelajaran dan suatu ilmu yang dilakukan dengan berbagai macam metode seperti membaca atau pun mendengar.

Secara umum Tahfidz Al-Qur’an diartikan sebagai proses untuk memelihara, menjaga, serta melestarikan kemurnian isi Al-Quran yang merupakan pedoman bagi umat Islam melalui Rasulullah SAW. Metode penghafalan akan membuat orang memahami dan mengerti semua bacaan Al-Quran di luar kepala tapa harus membacanya. Hal ini akan sangat membantu menjaga Al-Quran jika terjadi perubahan atau pun pemalsuan dan juga menjaga dari kelupaan secara sebagian atau pun secara keseluruhan.

Program tahfidz saat ini banyak dijalankan di berbagai macam tingkat pendidikan mulai dari SD hingga SMA. Biasanya program ini dapat terbagi menjadi beberapa tingkatkan seperti kelas menghafal 1 jus, 10 juz, hingga akhirnya menghafal 30 juz dalam Al-Quran.

Manfaat Dan Keutamaan Tahfidz Al-Qur’an

Ada beragam manfaat dan keutamaan yang akan didapatkan dengan menjadi Tahfidz Al-Qur’an. Ketika mengetahui serangkaian kebaikan tersebut tentu akan membuat orang tertarik dan termotivasi untuk belajar Al-Quran lebih dalam lagi dan lagi. Berikut merupakan manfaat yang diberikan dengan menghafal Al-Quran:

1. Manfaat Spiritual

Manfaat pertama yang akan diberikan dengan menghafal Al-Quran tentu adalah manfaat spiritual. Bagaimana tidak Al-Quran penuh dengan firman-firman Allah yang isinya kaya akan berjuta-juta berkah dan kebaikan. Tentu bagi orang yang mampu menghafalnya akan mendapatkan berkah kebaikan tiada tara.

Hal tersebut dapat terlihat pada bagaimana kondisi dan suasana hati seseorang di mana akan senantiasa tenang dan dilindungi. Tak jarang orang juga akan merasakan yang namanya berbagai macam kemudahan dalam hidup jika berpegang teguh pada Al-Quran. Allah akan senantiasa memudahkan segala urusan yang tengah dan akan dilalui.

Manfaat spiritual yang dirasakan memang tidak tersirat langsung namun manfaat ini juga akan berpengaruh pada berbagai aspek kehidupan termasuk urusan materiil. Ketenangan hati dan spiritual yang bagus akan membuat hidup lebih tertata dan tenang dalam menjalaninya sehingga materiil pun akan tetap didapatkan.

2. Manfaat Etika Dan Akhlak

Manfaat lain yang juga akan dirasakan dengan tahfidz Al-Quran adalah masalah etika dan akhlak. Menghafalkan Al-Quran dapat menciptakan generasi baru yang penuh etika dan berakhlak. Bagaimana tidak, penghafal Al-Quran akan senantiasa berpatokan pada pedoman-pedoman dan nilai dalam Al-Quran sehingga perilakunya akan sesuai dengan ketentuan dan tidak akan menyimpang.

3. Intelektual

Manfaat lain yang juga akan didapatkan adalah masalah intelektual. Melalui program menghafal Al-Quran dapat menjadi sarana untuk meningkatkan otak. Bagaimana tidak otak merupakan anggota tubuh yang jika digunakan secara terus menerus maka akan semakin kuat.

Otak ini diibaratkan seperti kumparan yang mana akan terus berjalan dengan mesin yang aktif dan dinamis. Setiap kali digunakan maka partikel dan sel yang ada dalam otak akan diaktifkan sehingga akan semakin memperkuat otak tersebut. Tak heran jika penghafal Al-Quran akan dengan mudah mengolah berbagai data yang masuk ke dalam otaknya.

4. Manfaat Keilmuan

Manfaat yang tentu akan didapatkan dengan menghafal Al-Quran adalah manfaat keilmuan. Orang yang mampu memahami Al-Quran dengan baik maka akan mengerti berbagai macam bidang ilmu kehidupan. Ilmu ini sangat berguna bagi kehidupan karena banyak ilmu-ilmu yang ada di dunia berpatokan pada firman yang terdapat di dalam Al-Quran.

Orang-orang yang mengerti kandungan Al-Quran akan mampu menemukan berbagai macam intisari kehidupan. Hal ini jelas sangat berguna dalam menjalani hidup karena segala sesuatu dijalankan dengan berdasarkan ilmu sehingga belajar ilmu Al-Quran membuat Anda memiliki berbagai macam ilmu.

Selain manfaat yang didapatkan penghafal Al-Quran juga akan merasakan beberapa keutamaan yang sangat istimewa. Berikut merupakan keistimewaan yang terdapat di dalam Al-Quran:

5. Golongan Manusia Terbaik

Keutamaan pertama yang akan didapatkan dengan menghafal Al-Quran adalah menjadi golongan manusia terbaik. Bagaimana tidak orang yang menghafal Al-Quran akan selalu mendapatkan rahmat dan kasih sayang-Nya. Hal ini akan menjadikan manusia tersebut sebagai manusia terbaik yang senantiasa diberikan keberuntungan dalam setiap proses kehidupannya.

Selain itu para penghafal Al-Quran juga akan senantiasa diberikan perlindungan dan dijaga oleh para malaikat yang baik dan mulia. Mereka akan senantiasa dilimpahi pahala yang begitu banyak dan menjadi manusia kesayangan Allah.

6. Lebih Utama Menjadi Imam Sholat

Ketika Tahfidz Al-Qur’an maka Anda akan menjadi diutamakan untuk imam sholat. Bagaimana tidak, para penghafal Al-Quran sangat baik dan paham mengenai bacaan yang terdapat di dalamnya. Tak heran jika kemudian akan dijadikan sebagai imam dalam sholat.

7. Mendapatkan Syafaat

Keutamaan lain yang akan didapatkan oleh penghafal Al-Quran seorang adalah syafaat yang merupakan keutamaan dan pertolongan di akhirat. Nantinya akan diberikan pertolongan oleh Rasulullah SAW di hari akhir sehingga akan selamat di dunia dan akhiratnya.

8. Diperbolehkan Hasud

Hasud merupakan hal yang sangat tidak diperbolehkan di dalam Al-Quran. Namun untuk hasud membaca Al-Quran diperbolehkan karena dapat memberikan motivasi ke orang lain untuk senantiasa berbuat baik dan memperbaiki diri.

9. Pahala Berlipat Ganda

Membaca Al-Quran merupakan bentuk ibadah yang senantiasa dijalankan oleh orang muslim. Sebagai kabar gembiranya ibadah ini akan dilipatgandakan menjadi 10 kali lipat pahalanya. Perhitungan ini meliputi tiap huruf yang ada di dalam Al-Quran sehingga bayangkan seberapa banyak pahala yang akan didapatkan dengan membaca Al-Quran secara rutin.

10. Keinginan Dikabulkan Oleh Allah

Keutamaan lain yang akan dimiliki oleh penghafal Al-Quran adalah setiap keinginan akan dikabulkan oleh Allah. Hal ini jelas bukan janji belaka karena Allah akan mengabulkan dan memberikan kebaikan berlipat ganda pada orang-orang yang senantiasa mendekatkan diri dan mengingat Allah.

11. Rumah Yang Indah

Ketenangan yang didapatkan oleh penghafal Al-Quran tentu akan menjadi rumah indah setiap orang. Hal ini akan membuat kehidupan lebih tenang dan tertata sehingga akan membuat orang lai di sekitarnya merasakan kenyamanan yang sama.

Tahfidz Al-Qur’an memberikan banyak sekali manfaat baik bagi diri sendiri atau pun bagi agama. Pasalnya dengan menghafal Al-Quran maka akan membantu memelihara isi dan firman Allah agar senantiasa terjaga. Jadi sangat dianjurkan untuk menghafal Al-Quran yang akan memberikan berjuta kebaikan.

Baca juga Simak Cara Terbaik Menghafal Al-Qur’an

Demikian pembahasan terkait kemuliaan Tahfidz Al Quran, semoga kita semua menjadi pribadi yang mencintai Al Quran dan rajin menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Yuk belajar ilmu terbaru seputar bahasa Arab, tahsin dan Ilmu Al-Quran bersama Pondok Tahfidz dan Tahsin Annajah Kampung Inggris Pare. Di sini Anda akan mendapatkan atmosfer dan sensasi belajar yang kondusif, interaktif  serta berbeda dari yang lainnya. 

Sekarang hafalan Quran di Annajah bisa bonus lancar bahasa Inggris loh. Tunggu apa lagi? Yuk daftarkan diri Anda di Program Tahfidz + English Annajah Kampung Inggris Pare sekarang juga!

 

Program Tahfidz Quran dan Bahasa Inggris Annajah Pare