Logo Website Annajah
Search

Inilah Prinsip-prinsip Utama Menghafal Al-Qur’an

inilah prinsip prinsip utama menghafal alquran

Table of Contents

Menghafal Al-Quran adalah ciri khas dari umat muslim dan untuk pembelajarannya biasanya lebih mudah di Pondok Tahfidz. Saat ini sudah banyak pondok untuk tempat belajar dan juga menghafal Al-Quran.

Untuk menghafalkan Al-Quran memang tidak mudah karena harus menghafalkan sedikit demi sedikit. Namun, dengan niat dan bantuan metode yang efektif menghafal Al-Qur’an tentu menjadi lebih mudah.

Bagi Anda yang ingin menghafalkan Al-Quran simak dahulu apa saja keutamaan menjadi penghafal Al-Quran, godaan menghafal Al-quran, prinsip, dan juga beberapa program tahfidz yang tersedia di Annajah.

Mengapa Menjadi Seorang Penghafal AlQuran?

Keutamaan menjadi seorang penghafal Al-Quran adalah:

  1. Termasuk Golongan Manusia Terbaik
    Salah satu alasan atau keutamaan menjadi penghafal Al-Quran adalah termasuk golongan manusia terbaik. Penghafal Al-Quran akan bersama dengan para malaikat dan juga mendapatkan pahala meskipun masih terbata-bata.
  1. Lebih Utama jadi Imam
    Keutamaan menghafalkan Al-Quran kedua ialah lebih utama jadi imam salat. Nah, hal ini diriwayatkan Rasulullah dari Ibnu Mas’ud Ansori pada hadist riwayat Bukhari yang berbunyi “yang lebih berhak memimpin kamu adalah yang paling bagus bacaan Al-Quran di antara kamu”.
  1. Memperoleh Syafaat
    Menghafal Al-Quran juga akan mendapatkan syafaat atau pertolongan oleh Allah SWT. Jadi penghafal akan memberi keutamaan di akhirat nantinya.
  1. Satu-satunya Sifat Hasud yang diperbolehkan
    Menghafal Al-Quran merupakan satu-satunya hasud yang diperbolehkan. Hasud merupakan sikap seseorang yang mengharapkan supaya nikmat yang diperoleh orang lain hilang kedirinya. Sifat ini termasuk haram untuk dilakukan untuk orang yang ingin memperoleh kebaikan seperti yang didapatkan oleh orang lain tanpa nikmat yang didapatkan orang lain tersebut hilang.
  1. Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda
    Membaca Al-Quran adalah salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT. Dalam ibadah inilah Allah akan berjanji melipatgandakan pahalanya jadi 10 kali lipat.

Nah, itulah beberapa keutamaan menghafal Al-Quran yang perlu Anda ketahui jadi segeralah mencari Pondok Tahfidz sekarang juga.

Godaan Menghafal AlQuran

Menghafal Al-Quran memang bukan hal yang mudah karena terkadang ada halangan atau godaan yang datang, seperti :

  1. Tidak Menyadari Pentingnya Al-Quran
    Salah satu contoh godaan atau halangan yang sering muncul pada saat menghafal Al-Quran adalah tidak menyadari pentingnya Al-Quran. Pasti ada diantara dari mereka tidak hafal Al-quran dan memang karena tidak tahu begitu pentingnya serta gunanya menghafalkan Al-Quran. Inilah yang membuat mereka tidak tertarik untuk menghafalkan Al-Quran dan bahkan tidak ada bayangan untuk mencobanya.
  1. Khawatir Hafalannya Terlupakan
    Khawatir jika hafalan terlupakan juga sering terjadi pada penghafal Al-Quran. Rasa takut ini bisanya dapat terjadi pada orang-orang yang hatinya lemah sehingga membuatnya merasa ragu. Inilah yang dapat menyebabkan mereka ragu untuk menyelesaikan hafalan Al-Quran dan memilih tidak melanjutkannya.
  1. Takut Tidak Dapat Mengamalkannya
    Godaan selanjutnya yang sering terjadi adalah takut jika tidak bisa mengamalkannya dengan baik. Pastinya banyak penghafal Al-Quran yang merasa seperti ini sehingga perasaan ragu mulai muncul. Hal ini sering jadi penghambat untuk menghafalkan Al-Quran karena belum yakin apakah nantinya dapat mengamalkannya dengan baik.
  1. Takut Miskin
    Ada beberapa orang yang tidak ingin menghafalkan Al-Quran karena takut miskin. Hal semacam ini dapat terjadi karena proses menghafalkan Al-Quran sulit dan dapat membuat jadi malas bekerja karena terus sibuk menghafalkan Al-Quran saja.

Begitulah beberapa contoh godaan-godaan atau kendala yang sering terjadi bagi penghafal Al-Quran. Nah, bagi Anda yang mulai tertarik untuk menghafalkan Al-Quran bisa coba ke salah satu Pondok Tahfidz terbaik.

Prinsip yang Harus Dimiliki Seorang Penghafal AlQuran

Bagi Anda penghafal Al-Quran perlu tahu prinsip-prinsip yang wajib dimiliki, seperti :

  1. Memperbanyak Tilawah atau Khatam Al-Quran
    Prinsip yang harus dimiliki oleh seorang penghafal Al-Quran adalah harus memperbanyak tilawah. Tilawah adalah membaca ayat-ayat suci Al-Quran secara lafadz memakai mushaf dan bersuara keras. Tilawah merupakan salah satu kunci utama supaya lidah terlatih menghafalkan lafadz-lafadz Al-Quran.
  1. Tajwid adalah Utamanya dan Maqamat Penyempurnaannya
    Prinsip yang kedua adalah Tajwid merupakan utamanya dan maqamat sebagai penyempurnaannya. Tajwid berarti memberi setiap huruf haknya maupun makhrajnya dan mustahaknya maupun sifatnya, dan mengembalikan setiap hukum aslinya. Maqamat merupakan memposisikan suara di posisi-posisi tertentu berdasarkan lagu dan tangga nadanya.
  1. Meluruskan Niatnya
    Prinsip yang ketiga adalah meluruskan niat. Niat adalah kuncinya untuk bisa membuka pintu apa saja, termasuk menghafalkan. Bukan sembarangan niat atau sekedar keinginan saja, namun niat yang ikhlas.
  1. Bertahap Menghafalkan Al-Quran
    Prinsip yang keempat adalah menghafalkan Al-Quran secara bertahap dan juga tidak terburu-buru agar cepat selesai 30 juz. Proses menghafalkan Al-Quran seharusnya secara bertahap dan cepat menghafal merupakan anugerah dari Allah SWT, namun cepat-cepat menghafalnya datangnya karena dari setan.
  1. Menuliskan Program dan Rencana Menghafalkan Al-Quran
    Prinsip kelima adalah menuliskan program dan rencana menghafal Al-Quran. Penting sekali untuk menuliskan program dan rencana hafalan sesuai dengan metode yang digunakan. Tulislah target-target yang diinginkan selama proses menghafalkan Al-Quran.

Demikian contoh prinsip-prinsip yang wajib dimiliki oleh penghafal Al-Quran. Anda bisa mulai belajar menghafal Al-Quran di Pondok Tahfidz.

Program Tahfidz di Annajah dan Biayanya

Ada sejumlah program Tahfidz yang tersedia di Annajah dan di bawah penjelasannya beserta rincian biayanya. Program Tahfidz yang ada di Annajah diantaranya :

  1. Program Tahfidz English Plus

    Salah satu program Tahfidz yang tersedia di Annajah adalah program unggulan atau program Tahfidz bahasa plus yang cocok untuk Anda yang ingin memiliki hafalan Al-Quran dengan kualitas mutqin dan sambil belajar bahasa Inggris. Kegiatannya biasanya bersifat intensif, yaitu mulai dari pagi sampai malam dan akan dibimbing oleh pengajar yang sudah kompeten pada bidangnya.

Daftar Biaya atau infaq Program Tahfidz English Plus adalah :

  • 1 bulan         Rp. 1.250.000,-
  • 2 bulan         Rp. 2.300.000,-
  • 3 bulan         Rp. 3.350.000,-
  • 4 bulan         Rp. 4.400.000,-
  • 5 bulan         Rp. 5.450.000,-
  • 6 bulan         Rp. 6.500.000,-
  1. Program Tahfidz Arabic Plus

    Program Tahfidz Arabic Plus ini cocok untuk pemula yang baru belajar mengaji juga. Hafalan Al-Quran dengan kualitas mutaqin sekaligus belajar Bahasa Arab aktif di Pondok Tahfidz.

Daftar Biaya atau infaq Program Tahfidz Arabic Plus adalah :

  • 1 bulan         Rp. 1.250.000,-
  • 2 bulan         Rp. 2.300.000,-
  • 3 bulan         Rp. 3.350.000,-
  • 4 bulan         Rp. 4.400.000,-
  • 5 bulan         Rp. 5.450.000,-
  • 6 bulan         Rp 6.500.000,-
  1. Program Tahsin Al-Quran

    Program Tahsin Al-Quran satu ini fokus untuk belajar bacaan Al-Quran sesuai dengan kaidah Tajwid, menghafalkan surat-surat dan Islamic character building.

Daftar Biaya atau infaq Program Unggulan adalah :

  • 1 bulan         Rp. 750.000,-
  • 2 bulan         Rp. 1.450.000,-
  • 3 bulan         Rp. 2.150.000,-
  1. Program Tahfidz Al-Quran

    Program ini fokus untuk menghafal A-Quran dengan kualitas mutqin, percaya diri menghafalkan Al-Quran di depan umum dan lainnya.

Daftar Biaya atau infaq Program Unggulan adalah :

  • Bulanan        Rp. 750.000,-
  • Tahunan        Rp. 8.000.000,-

Jadi, seperti itulah informasi mengenai keutamaan menjadi penghafal Al-Quran, godaan menghafal Al-Quran, prinsip dan juga beberapa program tahfidz yang tersedia di Pondok Tahfidz Annajah.