Logo Website Annajah
Search

Ini Dia Penjelasan Lengkap Metode Tahfidz Utsmani

penjelasan lengkap metode tahfidz utsmani

Table of Contents

Pondok pesantren merupakan salah satu tempat untuk menuntut ilmu agama Islam dan Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam yang selayaknya harus dibaca setiap hari. Tetapi masih banyak muslim yang belum paham asal ayat Al-Quran yang dibaca serta ada juga yang belum paham dalam membaca Al-Quran. Salah satu metode tahsin yang biasa dilakukan di Pondok Pesantren Annajah yaitu Tahsin Utsmani.

Apa yang Dimaksud dengan Tahsin Utsmani

Sebelum membahas lebih lanjut terkait dengan metode ini Anda harus paham Apa itu metode Utsmani.

Metode Utsmani merupakan suatu metode yang disajikan dengan cara yang sangat mudah serta menyenangkan. Metode ini bercirikan nasyid dan tahapan 5 langkah kegiatan belajar mengajarnya. Tahapan 5 langkah dari proses belajar Usman yaitu membaca dari depan, membaca dari belakang, membaca acak, qiraah fardiyah atau membaca buku secara Individual, talaqqi atau klasikal.

Pembelajaran dengan metode ini tentu saja membutuhkan persiapan pondok pesantren Annajah memiliki guru yang sudah berkompeten untuk mengajar Tahsin Utsmani. Pondok pesantren Annajah merupakan salah satu pondok pesantren yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan pembelajaran terutama untuk pembelajaran bagi yang ingin menghafalkan Al-Quran.

Program Tahfidz di Pondok Tahfidz dan Tahsin di Annajah Pare

Program yang ada di pondok pesantren ini diantaranya ada program tahsin dan program Tahfidz.

Program Tahsin Al-Quran

Program Tahsin Al-Quran ini merupakan program yang khusus untuk santri pondok pesantren Tahfidz Annajah. Program ini khusus untuk santri yang ingin fokus dalam belajar mengaji serta memperbaiki bacaan Al-Quran yang sesuai dengan kaidah tajwid.

Metode pembelajaran cara talaqqi ini memadukan teori serta praktek secara seimbang sehingga dapat membuat santri akan lebih cepat belajar Al-Quran dengan benar. Program Tahsin Al-Quran ini merupakan program bacaan Al-Quran yang sesuai dengan kaidah tajwid. Santri juga bisa menghafal surat-surat pilihan peserta Islamic Character Building.

Kalau Tahsin Utsmani ini dibuka sehari 5 kali pertemuan dengan dipimpin oleh Ustaz atau Ustazah yang sudah berpengalaman dalam mengajar Tahsin dengan bonus kelas character building yang di ajarkan setiap hari Sabtu. Fasilitas yang akan didapatkan dari program Tafsir Al-Quran ini yaitu sebagai berikut

  •     Asrama yang nyaman
  •     Pengajar yang berkompeten
  •     Pendampingan asrama
  •     Seragam Tahfidz
  •     Al Quran terjemahan
  •     Modul serta buku catatan
  •     Kaos dan goodie bag
  •     Character building
  •     Pin dan gantungan kunci
  •     Protokol kesehatan
  •     Sertifikat penunjang
  •     Ekstra program dan Rihlah

Program Tahfidz Al-Quran

Program Tahfidz Al-Quran merupakan salah satu program yang ada di Pondok Pesantren Annajah. Tahfidz ini berfokus untuk santri yang ingin menghafalkan Al-Quran dengan program murojaah ataupun ziyadah yang menargetkan kualitas hafalan agar tetap mutqin.

Tahfidz Al-Quran ini merupakan salah satu program yang tidak hanya menghafalkan Al-Quran saja tetapi juga ada kelas Islamic character building. Kelas Tahfidz ini dilaksanakan 5 kali pertemuan dalam satu harinya dan dipimpin oleh Ustad ataupun Ustadzah yang sudah hafal Al-Quran 30 juz secara bersanad.

Selain menghafalkan Al-Quran ada juga bonus kelas character building yang dilaksanakan setiap hari Sabtu oleh program belajar Tahfidz Al-Quran ini. Fasilitas yang didapatkan juga sama seperti fasilitas program lainnya.

Selain 2 program tersebut pondok pesantren ini juga memiliki 2 program lainnya yaitu ada program Tahfidz English plus dan ada program Tahfidz Arabic Plus.

Pondok pesantren Annajah ini memiliki berbagai keunggulan yang akan memberikan keuntungan bagi santri yang mengikuti berbagai program terutama untuk program Tahsin Utsmani dan tahfidz Al-Quran.

Keunggulan Program tahfidz dan Tahsin di Annajah Pare

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan yang dimiliki oleh pondok pesantren Annajah.

  •     Tenaga Pengajar yang Kompeten

Keunggulan dari pondok pesantren Annajah ini yaitu memiliki tenaga pengajar yang kompeten. Dalam program tahsin dan tahfidz Al-Quran juga memiliki tenaga pengajar yang memang berkompeten di bidangnya.

Semua pengajar yang ada sudah profesional dan paham betul dengan yang diajarkan kepada santri. Bahkan untuk program tahsin dan tahfidz Al-Quran ini memiliki tenaga pengajar yang merupakan seorang penghafal Al-Quran 30 juz.

  •     Lingkungan Belajar yang Kondusif

Keunggulan yang dimiliki oleh pondok pesantren ini selanjutnya yaitu memiliki lingkungan belajar yang kondusif. Lingkungan pembelajaran yang kondusif ini merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk program Tahsin Utsmani dan tahfidz Al-Quran.

Pondok pesantren ini memiliki lingkungan sekitar yang juga sama-sama dalam lingkungan tempat belajar yaitu Kampung Pare Inggris yang ada di Kediri. Hal ini akan membuat santri lebih fokus untuk belajar.

  •     Tempat Belajar yang Terpisah

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki oleh pondok pesantren Annajah selanjutnya yaitu tempat belajar yang terpisah antara santri putra dan santri putri. Hal ini tentu akan membuat santri lebih nyaman untuk belajar karena tidak bersama dengan lawan jenisnya.

Pada umumnya pondok pesantren memang sudah menerapkan sistem terpisah untuk pembelajaran santri mereka. Tetapi tak jarang masih ada pondok pesantren yang tidak menerapkan hal tersebut.

  •     Mendapatkan Sertifikat Penunjang

Meskipun termasuk pembelajaran dengan sistem informal tetapi santri akan mendapatkan sertifikat penunjang yang bisa digunakan untuk penunjang pendidikan selanjutnya atau jika Anda ingin bekerja.

Tidak semua pondok pesantren memberikan sertifikat penunjang untuk santri. Sehingga pondok pesantren ini termasuk yang memberikan keuntungan berupa sertifikat untuk santrinya.

  •         Fasilitas yang lengkap dan Menjalankan Protokol Kesehatan

Keunggulan lain yang dimiliki oleh pondok pesantren ini yaitu punya fasilitas yang lengkap untuk menunjang pembelajaran.

  •     Ikatan Keluarga yang Erat

Meskipun belajar jauh dari keluarga tetapi Anda masih memiliki banyak keluarga melalui pondok pesantren Annajah ini. Melalui Al-Quran Anda akan mendapatkan banyak keluarga sehingga tidak akan merasa kesepian meskipun berada jauh dengan keluarga.

Saat jauh dari keluarga di rumah mendapatkan keluarga di tempat tinggal sementara merupakan salah satu yang bisa menjadi support sistem untuk Anda sehingga tidak terlalu kesepian saat di tempat yang jauh dari rumah.

  •     Channel Pembayaran Resmi

Tidak perlu takut uang hilang atau penipuan karena pondok pesantren ini memiliki channel pembayaran yang resmi atas nama pondok pesantren Annajah tersebut.

Biaya Program Tahfidz Dan Tahsin Di Annajah Pare

Biaya untuk program tahsin dan tahfidz yang ada di pondok pesantren Annajah tergolong murah. Biaya untuk tahsin Al-Quran ini hanya Rp750.000 untuk 1 bulan, untuk 2 bulan Rp1.450.000 dan 3 bulan Rp2.150.000.

Biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti program Tahfidz Al-Quran juga terjangkau. Pembayaran bisa dilakukan secara bulanan dan tahunan. Untuk biaya bulanan yang harus dibayarkan yaitu Rp750.000 dan tahunan yang harus dibayarkan yaitu Rp8.000.000.

Itulah beberapa informasi tentang Pondok Pesantren Annajah yang merupakan pondok pesantren yang menggunakan metode Tahsin Utsmani. Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti pembelajaran di Pondok Pesantren Annajah ini Anda bisa langsung menghubungi contact center dari Pondok Pesantren ini.

Nah, jika ingin mempelajari lebih lanjut mengenai Tahfidz dan Tahsin tersebut, Anda atau bahkan anak-anak Anda dapat belajar ke pondok tahfidz modern An-najah di Pare, Jawa Timur.