close
Dauroh Tahsin Tahfidz Ramadhan
Logo Website Annajah
Search

Kumpulan Hadits tentang Berbuat Baik beserta Terjemahannya

Table of Contents

Rasulullah telah memberikan uswatun khasanah kepada kita dengan memberikan banyak nasehat dan hadits berbuat baik kepada sesama manusia. Berbuat baik adalah perbuatan yang mulia dan diajarkan di semua agama.

Nilai kebaikan selalu dijadikan hal yang paling utama dibanding apa pun. Tidak hanya dalam sudut pelaku kebaikan, namun juga bagaimana kita menilai orang lain.

Dalam agama Islam khususnya, berbuat kebaikan terhadap sesama manusia disebut sebagai ihsan. Manusia yang memiliki sifat ihsan artinya manusia yang selalu memberikan manfaat kebaikan dan bisa menahan diri dari perbuatan keji dan munkar terhadap orang lain maupun dirinya sendiri. Inilah yang membuat manusia diridhoi oleh Allah SWT dan dinilai memiliki akhlak terpuji.

Pentingnya Berbuat Baik

Perintah untuk senantiasa berbuat baik tidak hanya bisa kamu temukan di dalam kitab Al-Quran. Kamu juga akan menemukan banyak sekali perintah dan anjuran untuk berbuat baik dalam hadits yang disampaikan oleh Rasulullah.

Kamu bisa membaca atau mempelajarinya bersama dengan ulama atau guru yang kamu rasa bisa memberikan ketenangan dalam hati. Semua ini penting agar Anda bisa mengajarkan kebaikan sejak dini kepada anak-anak yang akan meneruskan perjuanganmu di jalan Allah.

Dengan mengajarkan perintah Al-Quran dan hadits berbuat baik kepada anak, maka ini akan membentuk kepribadian dan mengembangkan karakter yang baik dan bermanfaat. Jika semua anak dibekali dengan nilai-nilai kebaikan, maka ini bisa sangat membantu upaya pembentukan generasi dengan akhlak yang baik di masa depan.

Hadits tentang Berbuat Baik

Berikut ini adalah beberapa contoh Hadits yang disampaikan Rasulullah kepada para sahabat maupun keluarga Beliau berkaitan dengan perintah berbuat baik dan menjadi manusia ihsan.

1. Berbuat Baik Terhadap Sesama Makhluk

Berikut ini Hadits yang berisi perintah untuk berbuat baik terhadap sesama makhluk hidup yang dinukil dari sahabat Abu Ya’la Syaddad bin ‘Aus, Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya Allah telah menetapkan perbuatan baik atas segala sesuatu. Jika kalian membunuh maka berlakulah baik dalam hal tersebut. Jika kalian menyembelih berlakulah baik dalam hal itu, hendaklah kalian mengasah pisaunya dan menyenangkan hewan sembelihannya.” – Riwayat Shahih Muslim.

Hadits tersebut menyampaikan perintah atau anjuran untuk berbuat baik pada sesama makhluk hidup ciptaan Allah, bahkan berbuat kebaikan terhadap hewan maupun tumbuhan dan lingkungan alam sekitar.

Disebutkan bahwa meskipun dalam melaksanakan penyembelihan terhadap hewan, manusia juga harus tetap memperhatikan kemaslahatan hewan tersebut. Ini menunjukkan bahwa Islam adalah Rahmatan Lil’alamin adalah benar adanya.

2. Berbuat Baik Terhadap Tetangga dan Teman

Contoh Hadits berbuat baik selanjutnya adalah sebagai berikut:

“Dari Abdullah bin Amr ra, bahwa Nabi Saw bersabda, “Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah mereka yang paling baik kepada sahabatnya dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah mereka yang paling baik kepada tetangganya.” – Hadits Riwayat At-Tirmidzi.

Hadits di atas adalah sabda Rasulullah kepada umatnya untuk senantiasa memelihara hubungan baik dengan orang terdekat, baik itu teman, sahabat, tetangga, kolega, termasuk keluarga. Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan wasilah dari orang lain.

Tidak hanya sebatas itu, level keikhlasan yang tertinggi adalah ketika kamu bisa melakukan kebaikan kepada tetangga dan teman adalah semata-mata karena perintah Allah SWT dan bukan demi mendapat balasan atau pujian dari manusia lain.

3. Berbuat Baik Kepada Orang Tua

Lalu berikut ini adalah bacaan hadits perintah untuk berbuat baik terhadap kedua orang tua:

“Dari sahabat Abdullah bin Amr RA, beliau menceritakan, seorang sahabat mendatangi Rasulullah SAW dan mengatakan, ‘Aku datang kepadamu untuk berbaiat hijrah dan kutinggalkan kedua orang tuaku dalam keadaan menangis. Rasul menjawab, ‘Pulanglah, buatlah keduanya tertawa sebagaimana kau membuat mereka menangis,’” – Hadits Riwayat Abu Dawud.

Dari Hadits tersebut sudah jelas disampaikan bahwa berbuat baik dan memuliakan orang tua adalah hal yang paling utama dan diutamakan, bahkan Rasulullah menganjurkan sahabat supaya lebih mendahulukan memuliakan orang tua daripada mengikuti beliau berhijrah.

Padahal kita bisa melihat bahwa kedua hal tersebut adalah hal yang baik, namun Rasulullah lebih mengetahui keutamaan yang lebih utama. Semoga kita bisa lebih bijaksana dalam memperlakukan orang tua kita dan tidak mengabaikan mereka demi kepentingan lain yang belum tentu lebih utama.

Saat ini banyak orang yang bahkan lebih memilih untuk membiarkan orang tua mereka dirawat di panti jompo. Mereka tidak sadar bahwa telah membuang pintu surga dan menjauhkan ridho Allah dari mereka.

Semoga kita terhindar dari perilaku semacam itu dan senantiasa mendapatkan keberkahan karena bakti kita kepada orang tua dan bisa terhindar dari azab Allah yang amat pedih.

Itulah beberapa contoh Hadits berbuat baik yang bisa membantu Anda menjadi manusia yang ihsan dan bisa memberikan banyak manfaat bagi makhluk lain, karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama.

Baca juga: Kumpulan Hadits tentang Riba dalam Kehidupan Sehari-hari