close
Dauroh Tahsin Tahfidz Ramadhan
Logo Website Annajah
Search

Kumpulan Kata-kata Mutiara Bahasa Arab tentang Kehidupan

Table of Contents

Kata-kata mutiara bahasa Arab tentang kehidupan bisa menjadi pelajaran maupun motivasi dan prinsip untuk menjalankan kehidupan ini. Dalam perjalanan hidup manusia pasti akan mengalami berbagai keadaan seperti senang, sedih maupun kecewa.

Ketika dalam keadaan yang sulit, kata-kata mutiara ini mungkin bisa menguatkan kamu dan membuatmu lebih semangat menjalani hidup.

Kata-kata Mutiara Bahasa Arab tentang Kehidupan dan Artinya

Berikut beberapa contoh kata-kata bahasa Arab mengenai kehidupan beserta artinya:

1. Man jadda wajada

Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan memperoleh kesuksesan. Hal ini terbukti pada kehidupan manusia. Manusia telah dituntut untuk melakukan pekerjaannya dengan bersungguh-sungguh.

Seperti halnya menggapai impian, seseorang yang pantang menyerah dan melakukannya dengan sungguh-sungguh pasti akan mendapatkan kesuksesan. 

2. Man shobaro dzofiro

Barang siapa yang bersabar maka ia akan beruntung. Tidak hanya bersungguh-sungguh namun bagi orang yang bersabar dalam menjalani kehidupan ini bersabar untuk mendapatkan yang ia inginkan pasti akan berbuah manis.

Keberuntungan akan menghampirinya, oleh karena itu kedua kata-kata mutiara bahasa Arab tentang kehidupan ini saling berhubungan dan disebut sebagai mantra kehidupan yang harus selalu diingat. 

3. As shobru yu’ienu a’la kulli amalin

Kesabaran itu akan menolong segala pekerjaan. Selalu bersabarlah atas semua masalah yang sedang kamu hadapi. Buah dari kesabaran itu selalu manis. 

Bersabarlah ketika kamu belum bisa menggapai apa yang kamu inginkan. Pasti ada hal baik yang akan diberikan oleh Tuhan padamu. Kesabaran akan selalu menolongmu dalam segala hal termasuk pekerjaan. 

4. Jarib wa laahidzh takun a’arifan

Cobalah dan perhatikanlah niscaya kamu jadi orang yang mengetahui. Kata-kata mutiara bahasa Arab tentang kehidupan ini mengajarkan sebagai manusia untuk terus belajar. Pelajari semuanya, jangan takut untuk mencoba maka hasilnya kamu bisa mengetahui apa yang telah kamu pelajari.

Belajar itu tidak akan sia-sia, jika saat ini apa yang kamu pelajari belum membuahkan hasil. Suatu hari nanti pasti dan pasti akan membantumu menghadapi kehidupan ini. 

5. Qulil haqqo walau kaana murrun

Katakanlah kebenaran meskipun itu pahit. Janganlah pernah berbohong karena sesuatu yang buruk suatu saat mungkin akan berdampak tidak baik bagimu. Berkatalah jujur meskipun hal tersebut pahit untuk didengar. 

Dalam agama juga mengajarkan bahwa tidak dibenarkan berbohong demi kebaikan. Hal tersebut karena bohong tetap saja merupakan hal buruk meskipun dilakukan untuk menutupi sesuatu. 

6. Idza tammal Aqlu qollal kala

Jika akan seseorang sudah sempurna maka sedikitlah bicaranya. Kata-kata mutiara atau peribahasa ini juga ada dalam bahasa Inggris yang menyebutkan talk less do more. Hal ini menunjukkan orang yang pandai akan sedikit bicara namun bekerja lebih banyak. 

7. Ma ajma antabtasima hiyna yadzunnu la khoru na anka sawfa tabkii

Alangkah indah jika engkau tersenyum ketika orang lain mengira engkau akan menangis. Bukan berbohong terkadang lebih baik untuk menutupi kesedihanmu dari orang lain. Tebarkan selalu energi positif dan selalu tersenyum apa pun keadaan yang sedang kamu hadapi.

Biarlah dirimu saja dan Tuhanmu saja yang mengetahui dan serahkan semuanya pada Tuhanmu maka Tuhan Semesta Alam akan memberimu pertolongan. 

8. A lamu juz u minalhayati wa man lam ya tallam lam ya’rifma’nal hayata

Rasa sakit merupakan bagian dari kehidupan. Siapa saja yang tidak pernah sakit maka ia belum mengetahui arti kehidupan. Arti kehidupan berarti seorang manusia pernah mengalami semuanya jatuh bangun kehidupan telah dihadapi dan yang terpenting untuk selalu tersenyum dan pantang menyerah. 

9. Qona ‘atu nisfussa’adata

Sikap qona’ah merupakan setengah dari kebahagiaan. Qona’ah merupakan sikap rela untuk menerima apa pun atau merasa cukup terhadap hasil yang telah diupayakan. Qona’ah berarti bersyukur kepada Yang Maha Kuasa atas segala yang diberikan kepadanya.

Jika seorang manusia selalu merasa cukup dan bersyukur akan hidupnya niscaya hidupnya akan dipenuhi akan kebahagiaan. 

10. Insanu bila sodiyqin ka wardati bila rohiyqiin

Manusia tanpa kawan layaknya mawar tanpa nektar. Semuanya akan terasa hambar dan tidak ada rasa manis dalam hidup ini. Seperti yang telah disebutkan juga pada kitab suci dalam hidup ini tidak hanya hubungan atau ikatan antara manusia dan Tuhan saja yang harus dipelajari dan dilakukan.

Namun ikatan atau hubungan antar sesama manusia juga harus dipelajari dengan baik. Apabila hubungannya dengan Tuhan baik maka hubungan antar sesama manusia juga baik. Dalam Islam tidaklah mungkin manusia yang memiliki tauhid baik namun memiliki hubungan yang buruk dengan sesama manusia. 

11. Kulla lahdzotin fii haya ti kanzun la yatakarroru

Setiap kesempatan yang ada pada hidup ini adalah harta berharga yang tidak akan bisa terulang kembali. Jalani kehidupanmu dengan sepenuh hati dan berikan yang terbaik apa yang sudah menjadi amanah untukmu karena dalam dunia ini semuanya tidak akan bisa terulang kembali. 

Itulah beberapa kata-kata mutiara bahasa Arab tentang kehidupan yang bisa menguatkanmu dalam menjalani kehidupan ini. Semoga bermanfaat.

Agar dapat mengetahui kata atau kalimat dalam bahasa Arab lebih dalam, yuk mulai belajar bahasa Arab dari sekarang. 

Anda bisa belajar Tahsin Quran dan Tahfidz Quran disertai dengan pembelajaran bahasa Arab di Kampung Inggris Pare, tepatnya di Pondok Tahsin dan Tahfidz Annajah!

Penasaran? Yuk kunjungi website kami, dan daftarkan diri Anda sekarang!