close
Dauroh Tahsin Tahfidz Ramadhan
Logo Website Annajah
Search

Macam-macam Sapaan dalam Bahasa Arab Beserta Artinya

Table of Contents

Dalam menggunakan kata sapaan bahasa Arab tentunya membutuhkan dhomir serta mudzakkar dan muannats yang digunakan dengan tepat. Letak dari kata sapaan tersebut berada pada awal pembicaraan sehingga digunakan sebelum kata kerja.

Dalam mempelajari bahasa Arab, kita tidak hanya diharuskan menghafal kosa kata dasar namun juga kalimat yang akan digunakan dalam sebuah percakapan. Kata sapaan dalam bahasa Arab yang umum kita dengar adalah “Assalamu’alaikum” atau “ahlan wasahlan”.

Manfaat dan Kegunaan Sapaan dalam Bahasa Arab

Manfaat dan juga kegunaan sapaan dalam bahasa yaitu sebagai kalimat pembuka sebelum membuka suatu pembicaraan dengan orang lain. Sapaan bahasa Arab juga harus digunakan dengan tepat baik dhomir maupun mudzakkar dan muannatsnya agar kalimat yang diutarakan tersampaikan dengan benar. 

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang banyak digunakan terutama bagi yang beragama Islam. Banyak ragam atau jenis bahasa Arab yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya penggunaan kalimat sapaan berdasarkan keterangan waktu pagi, siang, sore, dan malam.

Kumpulan Sapaan dalam Bahasa Arab beserta Artinya

1. Kata Sapaan Formal atau Religius

Kata sapaan ini dapat digunakan dalam keadaan formal atau percakapan yang dilakukan sehari-hari. Adapun ucapan sapaan yang biasanya digunakan adalah “Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh” yang mempunyai arti “Semoga keselamatan tercurah atasmu atau kalian dan rahmat Allah dan berkah dari-Nya.”

Biasanya juga disingkat dengan “salam” yang artinya “keselamatan atasmu.” Berikut adalah beberapa contoh pemakaian salam formal.

  • “Salam yaa akhi” yang artinya “Keselamatan atasmu, wahai saudara lelakiku.” Yang kemudian dijawab dengan “Wa’alaikumsalam” yang artinya “Keselamatan atasmu juga.”
  • “Assalamu’alaikum syukran ‘alaa qabulu thalabun shadiiqii” artinya “Assalamualaikum, terima kasih sudah menerima permintaan pertemanan saya.” Kemudian dijawab “Ma’assyukri Wa’alaikumsalam” artinya “ Sama-sama, wa’alaikumsalam.”
  • “Assalamu’alaikum, kayfa haalikum?” artinya “Assalamu’alaikum apa kabarmu?.” Kemudian dijawab “Wa’alaikumsalam Bikhair Alhamdulillah.” Artinya “Wa’alaikumsalam Baik, Alhamdulillah.”

2. Kata Sapaan Berdasarkan Waktu

Terdapat tiga sapaan bahasa Arab berdasarkan waktu, yaitu : selamat pagi, selamat siang, dan selamat sore. Sebelum menentukan kata sapaan, terlebih dahulu harus mengikuti jenis fi’ilnya, yaitu madhi atau mudhari. Di bawah ini akan dijelaskan tentang ketentuan penggunaannya:

– Selamat Pagi

Kalimat sapaan selamat pagi dalam bahasa Arab “Shobahal Khayr” yang berarti “Shobah” subuh atau pagi, sedangkan arti “Khayr” adalah baik. Dengan begitu, ucapan selamat pagi tersebut memberikan doa kebaikan bagi lawan bicara pada pagi hari.

Lalu balasan untuk kata sapaan tersebut adalah “Shobah an-nuur”. Arti dari kata nuur sendiri adalah “cahaya”, maka secara harfiahnya adalah “Cahaya Pagi.” Di bawah ini merupakan contoh penggunaannya:

  • “Shabahal Khayr” artinya “Selamat pagi” jawabnya “Shabah an-Nuur.” Yang artinya “Selamat pagi.”
  • “Shabahal Khayr, ayyuhal mu’alim” (Selamat pagi wahai guru). Jawabnya “Shabah an-Nuur” (selamat pagi)
  • “Shabahal Khayr yaa habibi, shabah jamiil” (selamat pagi sayang, pagi yang indah). Jawabnya “Na’am yaa hayati. Shabah an-nuur” (betul sayang, selamat pagi)
  • “Shabah alkhayr ya ummi wa’abi” (selamat pagi ayah dan ibu). Jawabnya “Shabah an-nuur” (selamat pagi)

– Selamat Siang

Kalimat sapaan selamat siang adalah “naharuka sa’iid” yang artinya “semoga siangmu baik atau menyenangkan. Balasan dari sapaan tersebut adalah “sa’iidun mubaarak” yang artinya “siang yang penuh berkah.” Di bawah ini merupakan contoh pemakaiannya:

  • “Naharuka sa’iid” (selamat siang) jawabnya “sa’iidun mubaarak” (selamat siang juga)
  • “Ayyuhal mu’allim, nahaaruka sa’iid” (selamat siang guru) jawabnya “sa’iidun mubaarak” (selamat siang)
  • “Naharuka sa’iid, naharu jamiil” (selamat siang, siang yang indah) jawabnya “sa’iidun mubaarak” (selamat siang)
  • “Naharuka sa’iid ya ummi wa abii” (selamat siang ibu dan ayah) jawabnya “sa’iidun mubaarak” (selamat siang)

– Selamat Sore

Kalimat sapaan yang digunakan di atas pukul 12 adalah “masaa’ul khayr” (Selamat sore). Jawabnya adalah “masaa’un nuur” (selamat sore juga). Di bawah ini merupakan contoh pemakaiannya:

  • “Masaa’ul khayr” (selamat sore) jawabnya “masaa’un nuur” (selamat sore juga)
  • “Ayyuhal mu’allim, masaa’ul khayr” (selamat sore guru) jawabnya “masaa’un nuur” (selamat sore juga)
  • “Masaa’ul khayr, masaa’ul jamiil” (selamat sore, sore yang indah) jawabnya “masaa’un nuur” (selamat sore)
  • “Masaa’ul khayr ya ummi wa abii” (selamat sore ibu dan ayah) jawabnya “masaa’un nuur” (selamat sore)

3. Kata Sapaan Ketika Bertemu

Sebagai orang yang ramah, setiap bertemu dengan orang lain pasti akan menyapa. Kata sapaan dalam bahasa Arab yang biasa digunakan adalah “Ahlan wasahlan atau marhaban” (selamat datang) jawabnya “Ahlan biik” (Keselamatan bagimu)

4. Kata Sapaan Ketika Berpisah

Kata sapaan yang digunakan saat berpisah ini menggunakan harf (kata hubung), contohnya “ilal liqoo’” (sampai jumpa), jawabnya “ma’as salaamah” (semoga di dalam keselamatan atau sampai jumpa lagi)

Lewat kata-kata sapaan bahasa Arab di atas tentunya akan menciptakan hubungan sosial yang baik, karena salah satu sikap ramah adalah dengan mengucapkan kata sapaan sebagai bentuk hormat sesama manusia.

Itu tadi merupakan kumpulan sapaan dalam bahasa Arab beserta contoh kalimatnya yang bisa Anda praktikkan sehari-hari. 

Mari ketahui lebih banyak kosakata dan percakapan bahasa Arab bersama Annajah. Dengan ikutan programnya, Anda dan keluarga bisa belajar dan memahami Al-Quran serta bahasa Arab yang lebih fasih lagi. 

Yuk cari tahu lebih lanjut terkait program-program Annajah, dan daftarkan di Anda sekarang juga!

Gap year di Podok Annajah