close
Dauroh Tahsin Tahfidz Ramadhan
Logo Website Annajah
Search

Manfaat dan Keutamaan Membaca Surat Yasin

Table of Contents

Keutamaan surah Yasin salah satunya karena surat ini merupakan jantungnya Al-Qur’an. Untuk itu, sangatlah utama jika kita membaca surat Yasin secara rutin. Surat Yasin tergolong dalam surat Makkiyah, artinya surat yang diturunkan di Makkah. Untuk lebih jelasnya, mari kita membahas tentang keutamaan surat Yasin.

Keutamaan Membaca Surat Yasin

Berikut merupakan beberapa keutamaan surah Yasin.

– Mendapatkan Kebahagiaan Dunia Akhirat

Barangsiapa yang senantiasa membaca Surat Yasin secara rutin maka ia akan memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. 

وَعن يحيى بن كثير قال : “بَلَغَنَا أَنهُ مَنْ قَرَأَ يس حيْنَ يُصْبحُ لَمْ يَزَلْ فيْ فَرَح حتَى يُمْسيَ وَمَنْ قَرَأَهَا حيْنَ يُمْسي لَمْ يَزَلْ في فَرَح حَتَى يُصْبحَ”

Artinya: Diriwayatkan dari Yahya Ibn Katsir dia berkata “Telah sampai padaku sebuah sabda Rasul bahwa sesungguhnya barang siapa yang membaca surat Yasin pada waktu pagi, maka ia senantiasa memperoleh kegembiraan sampai sore, dan jika ia membacanya di sore hari maka ia senantiasa dapat gembira sampai pagi.

– Pahala 10 Kali Lipat

Membaca surah Yasin secara rutin pahala 10 kali lipat dari membaca Al-Qur’an biasa. Keutamaan ini dijelaskan dalam hadis Rasulullah sebagai berikut.

 إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْبًا، وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس. ومَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ”.

Artinya: “Sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai kalbu (inti) dan kalbu Al Quran adalah surat Yasin. Dan barangsiapa membaca surat Yasin, maka Allah mencatat baginya karena bacaan surat Yasin itu pahala membaca Al Quran 10 kali.”

– Urusan Lebih Dimudahkan

Bagi orang yang membaca surah Yasin dengan tujuan untuk keluar dari kondisi yang sulit maka Allah akan memudahkan urusannya. Hal ini dijelaskan dalam tafsir Ibnu Katsir bahwasanya setiap menghadapi masalah yang sulit dan malapetaka maka dianjurkan membaca surat Yasin.

– Memperoleh Syafaat

Membaca surat Yasin rutin juga dapat mendatangkan syafaat di dunia dan di akhirat. Hal ini dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW dalam tafsir Ruhul Al bayan.

وفي الحديث 

إنَّ فِي الْقُرْآنِ لَسُوْرةٌ تَشْفَعُ لِقَارِئِها وَيَغْفِرُ لِسَامِعِهَا تُدْعَى فِي التوراةِ الْمُعِمَّةَ” 

Artinya: Dalam Hadits disebutkan “sesungguhnya di dalam Al Quran terdapat suatu surat yang dapat memberi syafaat bagi pembacanya, memberi ampunan bagi yang mendengarnya.

Bacaan, Terjemahan, dan Isi Kandungan Surat Yasin

Untuk memahami lebih dalam tentang keutamaan surah Yasin, berikut merupakan bacaan, terjemahan, dan isi kandungan surat Yasin.

يسٓ

yā sīn

1. Yaa siin (hanya Allah yang mengetahui artinya),

وَٱلْقُرْءَانِ ٱلْحَكِيمِ

walqur’aanilḥakiim

2. Demi Al Quran yang penuh hikmah,

إِنَّكَ لَمِنَ ٱلْمُرْسَلِينَ

innaka laminal mursaliin

3. Sesungguhnya kamu salah seorang dari rasul-rasul,

عَلَىٰ صِرَٰطٍ مُّسْتَقِيمٍ

‘alaa shiraathim mustaqiim

4. (yang berada) di atas jalan yang lurus,

تَنزِيلَ ٱلْعَزِيزِ ٱلرَّحِيمِ

tanziilal ‘aziizir raḥiim

5. (sebagai wahyu) yang diturunkan oleh Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang,

لِتُنذِرَ قَوْمًا مَّآ أُنذِرَ ءَابَآؤُهُمْ فَهُمْ غَٰفِلُونَ

litundzira qaumam maa undzira aabaa uhum fa hum ghaafiluun

6. Agar kamu memberi peringatan kepada kaum yang bapak-bapak mereka belum pernah diberi peringatan, karena itu mereka lalai.

لَقَدْ حَقَّ ٱلْقَوْلُ عَلَىٰٓ أَكْثَرِهِمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ

laqad ḥaqqal qaulu ‘alaa aktsarihim fa hum laa yu’minuun

7. Sesungguhnya telah pasti berlaku perkataan (ketentuan Allah) terhadap kebanyakan mereka, karena mereka tidak beriman.

إِنَّا جَعَلْنَا فِىٓ أَعْنَٰقِهِمْ أَغْلَٰلًا فَهِىَ إِلَى ٱلْأَذْقَانِ فَهُم مُّقْمَحُونَ

innaa ja’alnaa fii a’naaqihim aghlaalan fa hiya ilal-adzqaani fa hum muqmaḥuun

8. Sesungguhnya Kami telah memasang belenggu di leher mereka, lalu tangan mereka (diangkat) ke dagu, maka karena itu mereka tertengadah.

وَجَعَلْنَا مِنۢ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ سَدًّا وَمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا فَأَغْشَيْنَٰهُمْ فَهُمْ لَا يُبْصِرُونَ

wa ja’alnaa mim baini aidiihim saddaw wa min khalfihim saddan fa aghsyainaahum fa hum laa yubshiruun

9. Dan Kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding (pula), dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat.

وَسَوَآءٌ عَلَيْهِمْ ءَأَنذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ

wa sawaa un ‘alaihim a andzartahum am lam tundzir-hum laa yu’minuun

10. Sama saja bagi mereka apakah kamu memberi peringatan kepada mereka ataukah kamu tidak memberi peringatan kepada mereka, mereka tidak akan beriman.

Surat Yasin merupakan urutan ke-36 surat dalam Alquran yang terdiri dari 83 ayat. Berikut ini merupakan bacaan, terjemahan, sekaligus isi kandungan surat Yasin ayat 1 sampai 10.

Pada Quran surat Yasin ayat 1-10, kandungannya berisi bahwa Allah telah menurunkan kitab Alquran kepada Rasulullah SAW kemudian menjadikan Rasulullah SAW sebagai manusia mulia yang memberi petunjuk kepada umat manusia sehingga selamat dari kesesatan.

Selain itu, Allah menurunkan Alquran dengan tujuan salah satunya sebagai landasan dan pedoman hidup manusia yang benar, khususnya untuk umat Islam. Dalam ayat 10 Allah menyampaikan bahwa banyak orang kafir yang akan diazab oleh Allah karena ingkar dan tidak taat terhadap peringatan Allah.

Makna dan isi kandungan surat Yasin ayat 1 sampai 10 begitu dalam sehingga bisa menjadi peringatan kepada kita semua untuk selalu menguatkan iman dan taqwa kepada Allah dan Rasul-Nya.

Demikianlah penjelasan mengenai keutamaan surah Yasin beserta bacaan, terjemahan, dan isi kandungannya. Semoga kita senantiasa istiqomah membaca surat Yasin secara rutin dan mentadaburi isi kandungannya.