Logo Website Annajah
Search

Nama Bayi Islami 4 Kata Berawalan S dan T

Rekomendasi Nama Bayi Islami 4 Kata Bahasa Arab Yang Bermakna Indah Berawalan s dan t

Table of Contents

Menurut catatan dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) memberikan saran untuk memberikan nama pada anak dengan rangkaian nama yang tak terlalu panjang seperti Nama Bayi Islami misalnya. Hal itu karena pemerintah mempunyai keterbatasan secara teknis dalam hal pencatatan yang ada di sistem administrasi kependudukan.

Namun sayangnya, masih banyak orang tua yang terobsesi untuk memberikan nama yang panjang dengan harapan yang terkandung di dalamnya. Memberikan nama untuk buah hati dengan rangkaian yang panjang umumnya terjadi ketika orang tua menginginkan banyak hal untuk disematkan di dalam nama buah hati tercinta.

Padahal jika menggunakan nama bayi yang menggunakan bahasa Arab atau yang diambil dari Al-Qur’an misalnya, bisa mengandung makna yang cukup banyak meski rangkaian katanya tak terlalu panjang. Apalagi dalam aturan Dukcapil memiliki aturan umum yang dilakukan untuk melakukan pencatatan nama di Indonesia dengan ketentuan sebagai berikut:

Aturan umum Dukcapil untuk pencatatan nama di Indonesia

1. Tak menggunakan simbol

Pastikan nama yang diberikan untuk anak tidak menggunakan simbol, melainkan hanya terdiri dari huruf alfabet saja.

2. Tak menggunakan nama alias

Usahakan juga untuk tidak mencantumkan kata alias dalam pencatatan data kependudukan. Penyebabnya adalah hal itu bisa memunculkan peluang untuk memicu kebingungan di masa yang akan datang tentang identitas anak.

3. Nama yang mudah untuk dieja

Berikan nama yang mudah untuk dilafalkan, dieja, diingat dan tidak terlalu panjang. Alasannya adalah dalam hal pencatatan nama sering kali terjadi kesalahan pada huruf konsonan atau huruf vokal yang kemudian membuat pencatatan administrasi pun terhambat.

Salah satu jenis nama yang banyak dicari oleh para orang tua adalah nama yang memiliki awalan huruf S dan T.

Berikut akan kita berikan referensi beberapa Nama Bayi Islami yang memiliki awalan huruf tersebut untuk diberikan pada buah hati tercinta.

Nama Bayi Islami 4 Kata Bahasa Arab Berawalan S

Pemberian nama untuk anak bisa dilakukan dengan mengambil nama Nabi, Rasul, Sahabat hingga tokoh Islam terkenal dengan harapan mereka bisa menjadi sosok yang sesuai dengan nama yang disandangnya.

Berikut adalah nama yang terdiri dari rangkaian kata berbahasa Arab dengan awalan huruf S.

Nama untuk anak laki-laki diawali huruf S

1. Sakhi Ammar Fathee Karim

Artinya adalah seorang pemimpin yang memiliki hati yang dermawan, murah hati sekaligus mempunyai umur panjang.

Nama Bayi Islami tersebut mengandung doa agar supaya anak bisa menjadi seorang pemimpin yang memiliki kemurahan hati, dermawan dan bisa peduli dengan orang lain yang ada di sekelilingnya khususnya yang membutuhkan bantuan.

Terdapat doa pengharapan untuk anak agar supaya bisa memiliki umur yang panjang sehingga bisa lebih bermanfaat untuk orang banyak dalam jangka waktu lama.

2. Said Ulya Aziz Tamam

Artinya adalah seorang laki-laki yang berbahagia dan mempunyai kedudukan yang mulia, bertubuh perkasa dan sempurna.

Nama tersebut mengandung doa agar supaya anak bisa menjadi seorang laki-laki dengan kedudukan yang mulia dan dilimpahi kebahagiaan di dalam kehidupannya.

Selain itu juga terdapat harapan agar supaya anak bisa tumbuh sempurna dan bertubuh sehat perkasa sehingga bisa hidup dengan baik.

Nama untuk anak perempuan diawali huruf S

1. Sahla Areha Hasna Shabirah

Artinya adalah anak perempuan yang memiliki kemurnian hati, pembawaan yang anggun dengan akhlak mulia serta memiliki sifat yang sabar.

Nama tersebut memiliki doa agar supaya anak bisa tumbuh menjadi perempuan yang mempunyai hati yang murni, berpembawaan anggun dan berakhlak mulia sehingga menjadi pribadi yang disukai oleh orang-orang yang ada di sekelilingnya. Anak tersebut juga didoakan agar supaya bisa menjadi sifat yang sabar.

Nama Bayi Islami 4 Kata Bahasa Arab Berawalan T

Jenis rangkaian Nama Bayi Islami yang berikutnya yang banyak dicari oleh para calon orang tua adalah nama dengan awalan huruf T. Berikut beberapa referensi untuk rangkaian nama dengan awalan huruf T untuk buah hati tercinta.

Nama untuk anak laki-laki diawali huruf T

1. Tajuddin Aadil Latif Owais

Artinya adalah mahkota agama yang bisa bersikap adil, penuh dengan kelembutan dan baik hati, sama seperti sifat yang dimiliki oleh para sahabat Rasulullah SAW.

Nama tersebut memiliki doa yaitu agar supaya bisa menjadi pemimpin atau mahkota agama yang mampu untuk bersikap adil pada semua orang yang dihadapinya. Terdapat juga doa agar supaya bisa menjadi seseorang yang memiliki hati yang lembut dan baik hati seperti sifat yang dimiliki oleh kebanyakan sahabat Rasulullah SAW.

2. Tamam Akbar Rayyan Alfarizqi

Artinya adalah anak laki-laki yang memiliki kemurahan hati, mempunyai ketampanan fisik maupun hati dan bisa membawa rezeki berlimpah untuk keluarganya.

Doa yang terkandung di dalam nama tersebut adalah agar supaya anak bisa menjadi seorang laki-laki yang mempunyai hati yang murah dengan ketampanan fisik serta hati yang dimilikinya sehingga membuatnya banyak disukai oleh banyak orang.

Terdapat juga doa untuk anak tersebut agar supaya bisa menjadi pembawa rezeki yang berlimpah untuk keluarga dan orang yang ada di sekitarnya.

Nama untuk anak perempuan diawali huruf T

1. Tsamara Adiva Arsyila Savina

Artinya adalah anak perempuan yang cantik, memiliki sifat pemberani, lembut dan baik hati serta memiliki kehidupan yang sejahtera.

Nama Bayi Islami tersebut mengandung doa agar supaya bisa menjadi sosok perempuan yang cantik fisik dan hatinya, mempunyai sifat yang pemberani dalam hal yang positif, serta memiliki hati yang lembut dan baik hati.

Hal tersebut menjadikannya sosok wanita yang bisa mengayomi dengan baik sehingga ke depannya bisa memiliki kehidupan yang lebih sejahtera.

2. Tsurayya Atiqah Zayda Rifaya

Artinya adalah anak perempuan yang cantik dan lembut, yang memiliki keteguhan hati dan berotak cerdas.

Nama tersebut memiliki doa tersendiri agar supaya anak yang diberikan nama bisa menjadi seorang perempuan yang memiliki kecantikan fisik dan hati, hati yang baik dan lembut namun teguh pendiriannya.

Juga terdapat harapan agar supaya anak bisa menjadi seorang perempuan yang cerdas sehingga bisa memiliki prinsip hidup yang dipegangnya dengan kuat.

Setelah mendapatkan referensi nama yang sesuai dengan keinginan, berikut adalah beberapa cara atau tata cara pemberian nama dalam Islam.

  • Bahwa pemberian nama untuk anak menjadi tanggung jawab dan hak dari seorang ayah sebagai pemimpin dalam keluarga
  • Memberikan nama untuk menunjukkan garis keturunan yang berasal dari nama ayahnya, karena di akhirat kelak Allah SWT akan memanggil nama setiap orang Islam dengan nama ayahnya tersebut
  • Memberikan nama anak dengan nama yang disukai oleh Allah SWT, yaitu nama-nama yang memiliki arti yang baik
  • Berikan nama di waktu yang tepat sesuai dengan anjuran di dalam agama Islam yaitu segera setelah anak lahir, hari ketiga dari kelahirannya dan di hari ketujuh dari hari kelahiran anak
  • Hindari pemberian nama menyerupai nama orang kafir, seperti misalnya memberikan nama untuk anak dengan nama yang digunakan untuk patung

Itulah beberapa tata cara untuk memberikan Nama Bayi Islami yang sesuai dengan syarat ketentuan agama Islam.

Mau tau lebih banyak kosakata bahasa Arab sebagai referensi nama bayi bernuansa islami?

Yuk perdalam dalam belajar Al-Quran dan bahasa Arab bersama An-najah! 

Bersama para pengajar yang profesional dan berpengalaman di bidang ilmu agama, Anda juga bisa memilih program unggulan yang sesuai dengan kebutuhan belajar Anda.

Yuk daftar sekarang!