Logo Website Annajah
Search

Rekomendasi Kamus Bahasa Arab Terlengkap yang Harus Kamu Punya

Rekomendasi Kamus Bahasa Arab Terlengkap yang Harus Kamu Punya

Table of Contents

Mempelajari bahasa asing memang memiliki banyak tantangan sehingga butuh ketelatenan dan keseriusan agar dapat menguasainya. Anda mungkin bisa menggunakan buku kamus untuk membantu proses belajar bahasa asing. Misalnya saja kamus bahasa Arab yang bisa menjadi pegangan untuk Anda yang sedang mempelajari bahasa Arab.

Melalui kamus, ada banyak kosakata yang bisa Anda ketahui. Selain itu, buku kamus ini juga bisa membantu Anda untuk memahami arti dari kosakata bahasa Arab. Dari sejumlah pilihan yang ada, berikut rekomendasi kamus bahasa Arab terbaik untuk Anda.

Kamus Al Munawwir Arab-Indonesia

Salah satu rekomendasi kamus Arab yang lengkap adalah Al-Munawwir. Kamus yang ditulis oleh K.H Ahmad Warson Munawwir ini pertama kali terbit pada tahun 1973. Hingga kini, Kamus Al Munawwir Arab-Indonesia lengkap menjadi buku kamus yang paling banyak menjadi referensi untuk masyarakat yang mempelajari bahasa Arab.

Buku kamus berwarna biru setebal 1634 halaman ini cukup populer digunakan di kalangan pesantren maupun akademisi. Kamus ini banyak dipakai untuk menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa Indonesia.

Bagi Anda yang membutuhkan kamus bahasa Arab terlengkap di Indonesia, Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap ini bisa menjadi pilihannya. Selain kosakata yang sangat lengkap, kamus Al-Munawwir juga menjadi salah satu kamus yang paling sering digunakan untuk menerjemahkan kitab kuning.

Kamus ini merupakan warisan keilmuan dari KH M Moenawwir yang merupakan murid dari KH Ali Maksum, pengasuh pondok pesantren Krapyak. Penulisan kamus Munawwir ini juga melalui analisis dari KH Ali. KH Moenawwir pertama kali menulis sejak usia 23 tahun pada 1957 hingga 1972.

Penyusunan kamus ini memakan waktu kurang lebih 15 tahun sehingga kualitas isinya tentu tidak diragukan lagi. Kamus Munawwir juga menambahkan kata-kata bahasa Arab mengikuti perkembangan yang ada sehingga lebih relevan untuk digunakan.

Kamus Al Munawwir Indonesia-Arab

Rekomendasi berikutnya adalah Kamus Al-Munawwir Indonesia-Arab Terlengkap yang bisa menjadi rujukan bagi Anda dalam mempelajari bahasa Arab. Menyusul kesuksesan Kamus Al-Munawwir sebelumnya, kamus ini juga banyak digunakan di kalangan akademis dan masyarakat umum.

Jika kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia memiliki sampul berwarna biru, Kamus AL-Munawwir Indonesia-Arab Terlengkap memiliki sampul dengan warna merah. Selain itu, buku kamus ini juga tidak setebal kamus Al-Munawwir sebelumnya.

Apabila Anda merasa buku kamus Al-Munawwir yang biru terlalu berat, kamus berwarna merah ini bisa menjadi pilihannya. Kosakata yang ada dalam kamus ini dipilih dengan kosakata-kosakata yang produktif saja.

Kamus bahasa Arab yang disusun oleh KH Moenawwir ini sudah diterbitkan puluhan kali. Beberapa versi lain juga diterbitkan mengikuti kebutuhan masyarakat yang sedang atau ingin belajar bahasa Arab.

Jika Anda ingin kamus Al-Munawwir yang paling lengkap, kamus bersampul biru atau Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia bisa menjadi pilihannya. Sedangkan untuk Anda yang ingin kamus yang lebih ringan, Kamus Al-Munawir Arab-Indonesia bisa dipertimbangkan.

Kamus berwarna merah yang lebih tipis ini penyusunannya dibantu oleh Muhammad Fairuz dengan ditashih oleh KH Zainal Abidin Munawwir. Masing-masing kata dalam kamus ini dimulai dari kata dasar yang kemudian diurai dengan beberapa contoh terjemahan bahasa Arabnya.

Manfaat Mempelajari Bahasa Arab

Masyarakat khususnya umat muslim tentu tidak bisa lepas dari yang namanya bahasa Arab. bahasa ini digunakan dalam keseharian, seperti saat Shalat dan membaca Al Quran. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mempelajari bahasa Arab.

  • Memahami bacaan Shalat

Dalam shalat, wajib menggunakan doa dalam bahasa Arab. Bagi masyarakat Indonesia mungkin tidak masalah jika hanya membaca doa sesuai tuntunan tersebut. Namun lebih baik lagi jika Anda bisa memahami artinya sehingga lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah shalat.

  • Mampu menafsirkan dan memahami ayat-ayat Al Quran

Al Quran menjadi tuntunan dan pegangan bagi semua umat muslim. Dianjurkan untuk membaca ayat-ayat Al Quran sebagai keseharian. Apabila Anda mempelajari bahasa Arab, Anda bisa lebih mudah untuk memahami ayat-ayat Al Quran yang Anda baca.

  • Mampu berkomunikasi di daerah penutur bahasa Arab

Anda dapat belajar menggunakan kamus bahasa Arab yang lengkap di atas. Dengan mempelajari bahasa Arab akan membuka peluang secara internasional bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan ke daerah Timur Tengah yang menggunakan bahasa Arab. Jika Anda akan liburan, bekerja, atau melakukan perjalanan bisnis ke negara-negara tersebut, penguasaan bahasa Arab akan sangat membantu Anda untuk berkomunikasi di sana.

Tips Belajar Bahasa Arab untuk Pemula

Sama seperti bahasa asing pada umumnya, mempelajari bahasa Arab juga memerlukan strategi agar lebih mudah untuk Anda menguasainya. Apakah hanya menggunakan kamus bahasa Arab saja? Tentu tidak, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa Arab seperti beberapa tips berikut.

  1. Belajar dasar-dasar bahasa Arab

Langkah awal untuk pemula yang ingin belajar bahasa Arab adalah mempelajari dasar-dasar bahasa. Mulai dengan mempelajari huruf-huruf dalam bahasa Arab dan membentuk kata atau kalimat. Jangan lupa juga untuk mempelajari bagaimana tata bahasa yang benar dan tepat.

  1. Berlatih

Jangan malas untuk berlatih secara rutin dan disiplin dengan melihat, menulis, mendengar, dan mengucapkan kata-kata dalam bahasa Arab. Anda bisa mencari kosakata yang paling sering diucapkan dalam bahasa Arab yang lebih sederhana untuk dipelajari.

  1. Menggunakan kamus Arab-Indonesia

Tidak lupa juga untuk belajar bahasa Arab menggunakan kamus. Anda bisa menggunakan kamus yang sudah direkomendasikan sebelumnya. Kamus Arab-Indonesia yang lengkap untuk Anda bisa memperbanyak pemahaman kosakata bahasa Arab.

Cara Menggunakan Kamus Al-Munawwir

Kamus Al-Munawwir menjadi pilihan banyak orang yang ingin mempelajari atau menerjemahkan bahasa Arab. Namun tidak seperti kamus bahasa Inggris-Indonesia yang bisa langsung dilihat pada huruf awal katanya. Jika ingin menggunakan kamus Al-Munawwir, maka Anda harus memahami ilmu sorof.

Anda harus mencari tahu dulu akar kata aslinya. Misalnya saja kata Tajdiid tidak bisa ditemukan di daftar atau indeks “Ta”, melainkan di “Jim” – “Dal” – “Dzal”. Anda perlu mencari bentuk asli dari suatu kata bahasa Arab atau yang disebut mujarrod. Berikut beberapa cara untuk menentukan bentuk asli atau mujarrod dari kalimat bahasa Arab.

  1. Hilangkan dhomir yang menempel

Langkah pertama adalah menghilangkan dhomir-dhomir dan huruf tambahan, misalnya Alif-lam ta’rif, alamat ta’niits, jama, dan tatsniyah.

  1. Kembalikan huruf illlah ke asalnya

Selanjutnya adalah mengembalikan huruf illah ke huruf asalnya seperti wawu atau ya’i. Apabila katanya berupa fiil mu’tal, maka huruf aslinya bisa dicari dari fiil mudhori-nya.

  1. Uraikan untuk kata jenis mudhoo’af

Misalnya اشتدّ yang diuraikan menjadi شدّ — ش د د

  1. Menghilangkan (madzuf) bentuk tambahan kata

Anda bisa mencari huruf asli dari kata bahasa Arab dengan menelaah bentuk lain dari kata tersebut sehingga bisa menghilangkan dhomir-dhomir dan lainnya. Itulah beberapa rekomendasi kamus bahasa Arab dan informasi lainnya seputar bahasa Arab yang perlu Anda ketahui. Ingat, belajar dengan kamus perlu dilakukan dengan lebih sering agar lebih baik hasilnya. 

Selain belajar dengan konsisten, mempelajari bahasa Arab juga lebih mudah dengan mengikuti kursus atau pelatihan. 

Kursus bersama Annajah.direkomendasikan untuk Anda yang sedang ingin memperdalam bahasa Arab dengan komprehensif dan efektif. 

Baca juga Rekomendasi 100 Kata Sifat dalam Bahasa Arab