close
Logo Website Annajah
Search

Lengkap! Ini Dia Cara Tahsin Ayat Kursi yang Baik dan Benar!

ini dia cara tahsin ayat kursi yang baik dan benar

Table of Contents

Meskipun ayat Kursi sangat familiar tetapi tidak banyak orang yang tahu keutamaan membaca ayat ini. Padahal ayat Kursi memiliki segudang keutamaan dan keistimewaan bagi siapa pun yang membacanya.

Lebih afdol lagi jika membaca ayat Kursi dengan baik dan benar sehingga sesuai dengan hukum bacaan tajwid. Kamu juga bisa mengikuti program Tahsin Al-Qur’an yang mana di dalamnya biasanya terdapat kegiatan Tahsin ayat Kursi sampai lancar dan baik bacaannya.

Apa Itu Tahsin?

Secara bahasa, Tahsin artinya memperbaiki atau menyempurnakan. Sedangkan secara istilah Tahsin adalah proses belajar mengajar yang mengulas tentang cara mengindahkan dan membaguskan bacaan Al-Qur’an secara perlahan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

Dalam hal ini, cakupan Tahsin sangat luas karena berkaitan erat dengan bagaimana menyempurnakan bacaan Al-Qur’an. Afdolnya, kegiatan Tahsin dipandu oleh pengajar, ustaz, atau ustazah yang kompeten di bidangnya.

Apa Itu Ayat Kursi?

Ayat Kursi dinilai menjadi salah satu doa yang mempunyai derajat paling tinggi di antara surat-surat lainnya. Dalam Al-Qur’an ayat Kursi ada di bagian Quran surat Al-Baqarah ayat 225.

Semua ayat di dalam Al-Qur’an memiliki kedudukan yang mulia tetapi ayat Kursi mempunyai tempatnya sendiri.

Jika membaca ayat Kursi dengan baik dan benar maka akan mendapatkan banyak manfaat dan keutamaan dari Allah. Untuk itu sangat penting Tahsin ayat Kursi supaya bisa melafalkannya dengan sempurna.

Cara Membaca Ayat Kursi yang Benar

Untuk mendapatkan kemuliaan dari ayat Kursi, maka perlu membaca ayat Kursi dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Bacaan panjang pendeknya, pengucapan hurufnya, sifatul huruf, makhrojul huruf, harus sesuai dengan haknya.

Untuk itu kamu bisa Tahsin ayat Kursi dengan ikut program Tahsin bersama mentor ahli tajwid. Berikut lafal ayat Kursi dalam tulisan latin,

Allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laata’khuduhuu sinatuw walaa nauum, lahuuma fissamaawaati wamaa fil ardh, mandzalladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih, ya’lamumaa baina aidiihim wamaa khalfahum walaa yuhiithuuna bisyai immin’ilmihii illaa bimaasyaa’, wasi’akursiyyuhussamaa waati wal ardh, walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal’aliyyul ‘adhiim.

Alangkah baiknya dalam membaca ayat Kursi tidak tergesa-gesa atau terburu-buru, tetapi dilakukan dengan perlahan. Dengan begitu maka ketika membacanya bisa sesuai dengan hukum bacaan tajwid.

Kapan Sebaiknya Membaca Ayat Kursi?

Sebenarnya kapan waktu terbaik untuk membaca ayat Kursi? Tidak ada waktu khusus yang mengatur kapan ayat Kursi ini boleh dibacakan.

Biasanya ayat Kursi menjadi salah satu ayat yang dijadikan Tahsin Al-Qur’an karena menjadi ayat yang memiliki kedudukan tersendiri. Tahsin ayat Kursi menjadi surat pilihan dalam program kelas Tahsin pada umumnya.

Berikut ini merupakan beberapa waktu terbaik untuk membaca ayat Kursi.

  • Saat Akan Tidur

Ayat Kursi menjadi amalan yang dilakukan oleh Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam setiap kali sebelum tidur. Bahkan Rasulullah juga melafalkan surat perlindungan lainnya sehingga Allah selalu melindungi dalam berbagai keadaan, termasuk saat tidak berdaya seperti ketika tidur.

  • Dzikir Pagi dan Petang

Bacaan ayat Kursi bisa diamalkan sehari-hari dalam berbagai kondisi, bahkan bisa dijadikan sebagai doa dan dzikir. Saat mengamalkannya, cukup menengadahkan tangan seperti berdoa atau dalam kondisi apapun juga diperbolehkan.

  • Dzikir Setelah Shalat Fardhu

Dengan membaca ayat Kursi dan doa lainnya, bisa membuat hati menjadi tenang. Maka biasanya orang-orang membacanya dalam setiap keadaan sebagai bentuk mengingat Allah. Bahkan ayat Kursi menjadi zikir setelah salat fardhu yang memiliki banyak keutamaan.

Apa Saja Manfaat Membaca Ayat Kursi?

Seperti yang telah dijelaskan bahwa ayat Kursi memiliki keutamaan tersendiri dan tempat tersendiri daripada ayat lainnya dalam Al-Qur’an. Meskipun pada dasarnya setiap ayat dalam surat di Al-Qur’an memiliki kedudukan yang mulia.

Namun Rasulullah sering membaca ayat Kursi dalam berbagai kondisi sehingga hal ini menjadi salah satu sunah yang sangat baik untuk diikuti. Berikut ini merupakan beberapa keutamaan membaca ayat Kursi.

  • Membuka Pintu Rezeki Dan Hikmah

Bagi umat muslim yang membaca ayat Kursi maka rezekinya akan dijamin oleh Allah. Bahkan Allah membukakan pintu hikmah yang selebar-lebarnya bagi orang-orang yang senantiasa Istiqomah membaca ayat Kursi setiap hari.

Siapa pun yang membaca ayat Kursi maka derajatnya akan diangkat oleh Allah dan rezekinya dimudahkan baik di dunia maupun di akhirat. Allah akan menjaga orang-orang yang mengamalkan ayat Kursi dari berbagai bencana dan musibah yang menimpanya di hari itu.

  • Ayat Paling Agung Dalam Al-Qur’an

Bagi kamu yang membaca dan Tahsin ayat Kursi maka akan mendapatkan manfaat yang luar biasa. Di dalamnya ada nama Allah paling agung, yaitu dibait Al Hayyu dan Al Qayyum, di mana ayat Kursi menjadi ayat paling agung dan raja dari sebagian ayat dalam Al-Qur’an.

  • Sebagai Penghulu Al-Qur’an

Adapun keutamaan ayat Kursi lainnya yaitu menjadi ayat pada surat yang paling tinggi, unggul, dan sebagai penghulu ayat-ayat Al-Qur’an. Dengan senantiasa mengamalkan ayat Kursi maka Allah akan menjaga dari Berbagai gangguan setan.

  • Ayat Untuk Menghindari Berbagai Kesusahan

Setiap umat Islam diperintahkan untuk selalu berzikir kepada Allah dalam segala kondisi, baik ketika duduk, berbaring, dan dalam kondisi apapun itu. Dzikir paling mudah yaitu membaca ayat Kursi karena akan mendapatkan banyak kemenangan, yaitu dibukakan pintu kemudahan dan dijauhkan dari berbagai kesusahan. Bahkan Allah juga akan memudahkan segala hajat yang diinginkan supaya urusannya dipermudah.

  • Memudahkan Sakaratul Maut

Sakaratul maut merupakan proses menuju kematian yang sangat menyakitkan bagi setiap umat manusia. Bagi umat muslim yang istiqomah membaca ayat Kursi maka Allah akan mudahkan sakaratul mautnya.

Program Tahsin di Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah Pare

Bagi kamu yang ingin mengikuti kelas Tahsin untuk perbaikan bacaan Al-Qur’an maka bisa mengikuti program Tahsin di pondok tahfidz dan bahasa Arab Annajah Pare. Melalui program ini kamu akan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman seputar Al-Qur’an sehingga bisa lebih tartil dalam melafalkan ayat Al-Qur’an.

Pendaftaran program Tahsin dibuka setiap bulan sehingga selalu memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin belajar. Program ini dibuka untuk umum sehingga bagi kamu yang ingin belajar dari nol sangat diperbolehkan.

Biaya Program Tahsin di Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah Pare

Lalu berapa biaya untuk mengikuti kelas Tahsin ini? Tidak perlu khawatir, karena kamu cukup membayar infaq dengan detail sebagai berikut.

  • Rp 750.000/1 bulan
  • Rp 1.450.000/2 bulan
  • Rp 2.150.000/3 bulan

Keunggulan Program Tahsin di Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah Pare

Apabila kamu bergabung dengan program kelas Tahsin Al-Qur’an di sini, maka ada beberapa keunggulan yang diperoleh antara lain sebagai berikut.

  • Bimbingan kelas Tahsin sehari 5 kali pertemuan
  • Pengajar yang kompeten di bidangnya
  • Mengikuti kelas Character building setiap Sabtu
  • Mendapatkan fasilitas asrama pendamping seragam, Al-Qur’an terjemah, kaos, modul, dan lain-lain
  • Ikatan kekeluargaan erat
  • Lingkungan belajar kondusif
  • Tempat belajar putra-putri terpisah
  • Bisa sekaligus hafalan Al-Qur’an

Jadi bagaimana, apakah kamu berminat untuk bergabung dengan program Tahsin Pondok Annajah Pare? Kamu juga akan mengikuti kelas Tahsin ayat Kursi dan berbagai surat pilihan lainnya untuk dihafalkan dan diperbaiki bacaannya sesuai kaidah ilmu. Kamu akan didampingi oleh pendamping sekaligus mentor yang berpengalaman.

Nah, jika ingin mempelajari lebih lanjut mengenai Tahfidz dan Tahsin tersebut, Anda atau bahkan anak-anak Anda dapat belajar ke pondok tahfidz modern An-najah di Pare, Jawa Timur.

Tahsin Quran Annajah Pare Kediri