Logo Website Annajah

Penjelasan Ilmu Tahsin Lengkap Beserta Contohnya

pengertian ilmu tahsin dan contohnya

Table of Contents

Al-Qur’an merupakan kumpulan firman-firman Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad melalui malaikat Jibril sebagai pedoman hidup manusia, khususnya umat Islam. Sebagai kitab suci orang Islam, setiap muslim sangat penting untuk dapat melantunkan firman-firman Allah dengan sempurna.

Jika belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, apakah bisa melakukan perbaikan bacaan Al-Qur’an atau Tahsin. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai pengertian ilmu Tahsin dan mengapa Tahsin itu penting.

Apa Itu Ilmu Tahsin?

Membaca ayat suci Al-Qur’an tentunya tidak boleh asal-asalan, sehingga harus sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Sehingga bagi kamu yang belum lancar membaca Al-Qur’an maupun belum bisa membaca Al-Qur’an sesuai kaidahnya, belum terlambat untuk belajar Tahsin. Kamu masih terus memiliki kesempatan untuk membenarkan bacaan Al-Qur’an yang belum sempurna atau masih kurang bagus.

Remodeling your home can be a costly and time-consuming process. If you’re considering selling your house, a cash offer can save you both time and money. Learn more about cash offers for houses in Glendale, California by visiting https://www.cash-for-houses.org/california/cash-for-my-house-santa-ana-ca/.

Mengapa Belajar Tahsin?

Mungkin setiap umat muslim sudah mengenal huruf hijaiyah sebagai fondasi dasar untuk membaca tulisan Arab dan Al-Qur’an. Namun sampai di situ saja tidak cukup karena Allah menurunkan Al-Qur’an beserta tajwidnya sehingga semua orang wajib melantunkan ayat Al-Qur’an sesuai dengan aturan hukum bacaannya.

Ada beberapa alasan mengapa belajar Tahsin itu sangat penting.

Menjaga Lidah Dari Kesalahan Saat Membaca Al-Qur’an

Tidak sekedar mengetahui pengertian ilmu Tahsin, memahami tujuan dari Tahsin Al-Qur’an juga sangat penting esensinya. Dengan belajar Tahsin maka dapat menjaga lidah dari berbagai kesalahan saat membaca Al-Qur’an.

Terdapat dua macam kesalahan saat membaca Al-Qur’an yaitu sebagai berikut. Pertama, Al-Lahnul Jali yang artinya kesalahan membaca Al-Qur’an yang terlihat begitu jelas di kalangan ahli tajwid. Adapun kesalahan tersebut seperti perubahan harakat, perubahan bunyi memanjangkan huruf yang pendek, dan lain-lain.

Kedua, Al-Lahnul Kofiy, yaitu kesalahan kecil dalam membaca Al-Qur’an yang tidak begitu diketahui, kecuali oleh orang yang tidak memiliki keahlian dalam menyempurnakan bacaan Al-Qur’an. Adapun contoh kesalahan tersebut yaitu tidak menerapkan hukum bacaan, tidak menerapkan kaidah guna pada huruf mim dan nun, dan lain-lain.

Cermin Keimanan Seorang Muslim

Perlu diketahui bahwa memahami pengertian ilmu tajwid dan mempelajarinya menjadi salah satu bentuk cerminan keimanan seorang muslim terhadap kitab suci Al-Qur’an. Apalagi mengimani Al-Qur’an merupakan bagian dari rukun iman. Mengimani dalam hal ini tidak sebatas mempercayainya saja, tetapi juga meyakininya dalam hati dan mengimplementasikan lewat tindakan.

Dalam hal ini, salah satu bentuk keimanan terhadap Al-Qur’an yaitu belajar memperbaiki bacaan Al-Qur’an serta menerapkan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini merupakan upaya bagi seseorang untuk menjadi seorang muslim yang baik.

Ilmu Tahsin menurut Lughawi atau Definisi Menurut Bahasa

Secara bahasa, Tahsin berasal dari kata “Ahsan/Hasana” artinya memperbaiki atau menyempurnakan. Dalam konteks Tahsin Al-Qur’an, maka pengertian ilmu Tahsin bisa diartikan sebagai proses untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an yang masih kurang.

Ilmu Tahsin Menurut Istilahi Atau Definisi Menurut Istilah

Namun secara istilah ilmu Tahsin adalah ilmu yang mempelajari dan mengulas tentang bagaimana cara mengucapkan huruf-huruf dalam Al-Qur’an yang mencakup makhraj, sifat, ahkamul huruf, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, Tahsin berarti belajar tentang makhorijul huruf, sifat huruf, ketukan panjang pendeknya, hukum bacaan, dan hukum tajwid lainnya. Untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an tentunya tidak bisa dilakukan sendiri, harus ada guru atau orang yang kompeten di bidangnya untuk mengajarkan tajwid.

Program Tahsin di Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah Pare

Apakah kamu sedang mencari program Tahsin untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an? Saat ini Pondok Annajah memiliki program khusus yaitu “Program Ngaji & Hafalan Al-Qur’an” untuk umum. Dengan adanya program ini membuka kesempatan bagi setiap orang yang ingin belajar Tahsin Al-Qur’an dari nol, seperti materi pengertian ilmu Tahsin, hingga praktisi perbaikan bacaan.

Dalam program Tahsin Annajah, ada beberapa hal yang difokuskan yaitu sebagai berikut.

Memperbaiki Bacaan Al-Qur’an Sesuai Ilmu Tajwid

Fokus utama dari program Tahsin ini yaitu memperbaiki bacaan Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid atau kaidah-kaidah membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Nantinya kamu akan diajarkan dari mengenal makhorijul huruf atau tempat keluarnya huruf, sifatul huruf, hingga hukum bacaan.

Tidak perlu khawatir bagi kamu yang memang perlu usaha ekstra untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an, karena dengan mengikuti program ini kamu bisa memulai dari dasarnya. Kamu akan paham pengertian ilmu Tahsin, hukum bacaan, panjang pendek bacaan, dan lain-lain.

Menghafal Surat-Surat Pilihan

Di samping memperbaiki bacaan Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid, fokus lainnya dari program Tahsin Al-Qur’an yaitu menghafal surat-surat pilihan. Ternyata dengan menghafal dan melafalkan surat-surat pilihan bisa membantu kamu dalam melancarkan bacaan Al-Qur’an.

Islamic Character Building

Fokus terakhir dari program Tahsin ini yaitu Islamic karakter building atau membangun karakter Islami bagi umat muslim. Tentunya karakter yang dibangun ini sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah dalam Al-Qur’an.

Dengan begitu maka bisa menciptakan generasi Qurani yang berakhlak mulia. Tidak sekedar mampu membaca Al-Qur’an dengan sempurna serta menghafal surat pilihan saja, tetapi juga mampu memiliki akhlakul karimah.

Biaya Program Tahsin di Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah Pare

Jika kamu ingin mengikuti program Tahsin Al-Qur’an, berikut ini merupakan informasi detail infaq program.

Untuk mengikuti program Tahsin 1 bulan kamu hanya perlu membayar infaq sebesar Rp750.000. Apabila ingin mengikuti program selama 2 bulan, infaq yang dibayarkan sebesar Rp1.450.000. sedangkan jika ingin waktu optimal yaitu 3 bulan biaya infak program yaitu Rp2.150.000.

Kamu sudah bisa mengikuti program Tahsin dengan tiga fokus yang didapatkan yaitu perbaikan bacaan Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid, menghafal surat-surat pilihan, dan membangun karakter Islami melalui sharing dan life skill di era digital tentang Muslimpreneur.

Keunggulan Program Tahsin di Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah Pare

Ada beberapa keunggulan dari program Tahsin yang diselenggarakan oleh Pondok Tahfidz dan Bahasa Arab Annajah Pare, yaitu sebagai berikut.

Tempat Belajar Terpisah

Pastinya di sini tempat pembelajaran untuk putra dan putri dilakukan di tempat yang terpisah. Selain itu santri juga sudah didampingi oleh fasilitator atau pendamping asrama masing-masing.

Mentor Berkompeten

Sebagai salah satu tempat yang menyelenggarakan program Tahsin terbaik di Indonesia, Annajah sangat selektif dalam menjaring tenaga pendidik sehingga menyediakan mentor yang kompeten.

Setiap pengajar telah melalui sistem seleksi yang ketat sehingga dapat menghadirkan mentor yang berpengalaman dan ahli di bidangnya masing-masing.

Ikatan Ukhuwah yang Erat

Meskipun bergabung dengan program kelas Tahsin dan jauh dari rumah karena harus menginap, kamu tidak akan kesepian karena di sini ikatan kekeluargaannya sangat erat. Justru kamu akan menemukan keluarga dan saudara baru di majelis Tahsin Al-Qur’an ini.

Lingkungan Belajar Kondusif

Tidak perlu khawatir karena Pondok Annajah berada di lingkungan wisata edukasi kampung bahasa Pare sehingga tempatnya sangat kondusif untuk pembelajaran. Kamu akan fokus dan khusyuk selama belajar Al-Qur’an di sini karena tidak akan terganggu atau terdistrak dengan berbagai hal.

Demikianlah informasi mengenai pengertian ilmu Tahsin dan program Tahsin untuk umum di Annajah Pare. Jadi tunggu apa lagi, ayo segera bergabung belajar Tahsin Al-Qur’an di pondok tahfidz dan bahasa Arab Annajah Pare. 

Nah, jika ingin mempelajari lebih lanjut mengenai Tahfidz dan Tahsin tersebut, Anda atau bahkan anak-anak Anda dapat belajar ke pondok tahfidz modern An-najah di Pare, Jawa Timur.