Logo Website Annajah
Search

Kelas Tahsin Itu Apa?

Kelas Tahsin Itu Apa?

Table of Contents

Tahsin berasal dari kata حسَّن – يحسِّن – تحسيناً yang bermakna memperbaiki, memperindah. Dalam hal ini maksudnya memperbaiki kualitas bacaan al-Qur’an seseorang.

Al-Qur’an berupa susunan huruf-huruf hijaiyyah, memiliki tata aturan dalam pelafalannya. Setiap huruf memiliki makhraj dan hak yang harus diberikan pada saat pembacaannya. Selain itu, setiap huruf juga memiliki sifat yang harus dipenuhi ketika huruf tersebut dibunyikan.

Sebagai muslim kita diwajibkan untuk bisa membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu membaca dan mempelajarinya hukumnya wajib. Tidak hanya cukup dengan dua hal tersebut. Setiap muslim diwajibkan pula untuk mempelajari dan mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung di dalam kitab suci.

Mempelajarinya pun tidak bisa sembarangan, ada ilmu-ilmu yang harus dipelajari dalam proses belajar Al-Qur’an, di antaranya yaitu tahsin Quran. Jadi kelas tahsin adalah kelas yang fokus memperbaiki bacaan al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid. Kelas ini cocok untuk santri yang baru belajar mendalami al-Qur’an.

Program Kelas Tahsin Annajah

Program tahsin Annajah adalah salah satu program yang wajib diambil bagi santri yang baru belajar mengaji atau yang ingin memperbaiki bacaan Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid dan menghafal surat-surat pilihan.

Rincian Program

Di program kelas tahsin Annajah santri akan belajar bagaimana membaca al-Qur’an yang baik dan benar, sesuai dengan kaidah tajwid.

Sehingga bisa membedakan mana huruf yang dibaca panjang dan pendek, membunyikan makharijul huruf dan memenuhi hak-hak sifatul huruf dengan tepat, mengerti dimana bisa waqaf dan ibtida’ yang baik agar tidak mengubah arti ayat yang dibaca.

Setelah itu santri akan dibimbing untuk menghafalkan surat-surat pilihan seperti Yasin, al-Waqi’ah, ar-Rahman, al-Mulk dan beberapa surat pilihan lainnya. Dalam sehari ada lima kali pertemuan, dengan bimbingan oleh ustadz / ustadzah yang berpengalaman mengajar tahsin.

Selain membaca dan menghafal, setiap hari Sabtu ada bonus kelas Islamic character building. Santri akan belajar life skill di era digital dan sharing session muslimpreneur agar mereka menjadi muslim yang berkarakter kuat sehingga mampu menghadapi tantangan masa depan.

Tahsin Quran Annajah Pare Kediri