Logo Website Annajah
Search

Penjelasan Tahsin Dasar dan Contohnya

penjelasan tahsin dasar dan contohnya

Table of Contents

Mempelajari Al Qur’an tidak boleh setengah-setengah, kita perlu mempelajarinya dengan tahsin. Dengan Tahsin Al Quran maka kita bisa membacanya dengan bagus dan sempurna. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk mempelajari Al Qur’an dengan benar maka kita perlu sebuah ilmu.

Salah satunya ialah ilmu tajwid agar tahsin Al Qur’an benar sesuai dengan aturan dan makhorijul huruf. Selain itu, dengan mempelajari ilmu tajwid dan tahsin kita bisa mengetahui kaidah dan cara membaca Al Qur’an yang lebih baik.

Sebelumnya kita perlu mengetahui apa itu Tahsin Al-Quran terlebih dahulu.

Apa yang Dimaksud dengan Tahsin?

Apa Tahsin Al Quran Dasar? Tahsin secara bahasa berasal dari bahasa Arab dari kata Hassana yuhassinu yang berarti membaguskan. Sedangkan tajwid berasal dari kata jawwada yujawwidu yang artinya mengeluarkan huruf hijaiyah sesuai dengan tempat keluarnya.

Tujuan utama dari tahsin dan tajwid ialah untuk menjaga lidah dari kesalahan ketika membaca ayat suci Al Qur’an. Banyak kesalahan yang sering terjadi pada saat membaca Al Qur’an, oleh karena itu kita perlu mempelajari tentang Tahsin Dasar dan juga tajwid untuk memperbaiki bacaan kita. Adapun beberapa kesalahan yang sering terjadi diantaranya ialah”

  1. Al lahnul jali

Al lahnul jali merupakan sebuah kesalahan yang sudah sangat fatal, seperti tertukarnya huruf yang dibaca, harakat, dan juga baris karena kurang hati-hati dan kurang khusyu dalam membaca. Adapun beberapa kesalahan tersebut seperti perubahan bunyi huruf dengan huruf yang lainnya, serta mentasydidkan huruf yang seharusnya tidak perlu di tasydid, begitu pun sebaliknya.

  1. Al lahnul khofiy

Selanjutnya ialah al lahnul khofiy, merupakan suatu kesalahan yang ringan yang biasanya tidak diketahui secara umum, kesalahan-kesalahan ini biasanya hanya diketahui oleh orang-orang yang memiliki pengetahuan lebih dibandingkan dengan yang lainnya.

Apa Itu Tahsin Dasar?

Apa sih Tahsin Dasar itu? Apakah kita sangat perlu untuk mempelajarinya? Untuk pengertian tahsin sendiri kita sudah mengetahuinya sebelumnya. Nah, karena pentingnya tahsin dalam tilawah Al Qur’an, maka kita perlu mengetahui hukumnya. Adapun hukum mempelajari tahsin ini terbagi menjadi dua, yaitu:

  1. Fardhu kifayah

Hukum mempelajari yang pertama ialah fardhu kifayah. Artinya ialah tidak semua orang dapat dituntut untuk mengetahui hukum-hukum bacaan dalam tajwid ketika membaca Al Qur’an.

  1. Fardhu ‘ain

Hukum mempelajari yang kedua ialah Fardhu ‘ain. Fardhu ain dalam mengamalkannya. Artinya ialah semua orang akan dituntut untuk bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ataupun aturan dalam ilmu tajwid.

Dengan mengetahui hukum dari mempelajari tahsin, maka diharapkan kita bisa lebih semangat lagi dalam mempelajarinya, karena sesuatu yang baik akan memberikan hasil yang baik juga untuk kita.

Apa Perbedaan Tahsin dan Tahfidz?

Tahsin dan tahfidz merupakan suatu hal yang berbeda. Akan tetapi walaupun berbeda keduanya memiliki hubungan yang cukup erat dimana hubungannya ialah seorang yang mempelajari tahfidz terlebih dahulu harus mempelajari tahsin. Hal ini tentunya agar pada saat kita menghafal ayal Al Qur’an sudah sesuai dengan kaidah membaca yang benar.

Tahsin merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab dari kata hasan, yahsin, dan tahsinaa yang mana memiliki arti berupa membaguskan, memperbaiki, memperindah, serta membuat lebih bagus dan baik lagi dari sebelumnya. Sedangkan kata tahfidz berasal dari bahasa Arab dari kata Tahfiidho yang artinya ialah menghafal dan merupakan bentuk jamak dari kata khafadzo, yukhafidzu, takhfiidzon.

Sehingga jika dari asal katanya tahfidz ialah menghafal atau suatu proses pengulangan dalam suatu proses pembelajaran yang dilakukan dengan membaca ataupun dengan cara mendengar.

Antara tahsin dan tahfidz keduanya memiliki tujuan yang berbeda-beda. Adapun beberapa tujuan dari tahsin dan tahfidz diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Tujuan dari tahsin

Tahsin bertujuan untuk:

  • Dapat melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan baik serta sesuai dengan tempat keluarnya huruf yang baik dan benar serta sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.
  • Dapat membaca Al Qur’an sesuai dengan hukum bacaan yang ada dalam ilmu tajwid
  • Membaca ayat suci Al Qur’an dengan bagus sesuai dengan kaidah yang berlaku
  • Dapat menghafal minimal 1 Juz dengan pelafalan serta bacaan yang baik dan benar.
  • Dapat mengajarkan kaidah dan hukum bacaan yang terdapat pada ilmu tajwid kepada orang terdekat kita.
  • Bagi seorang qori maka mempelajari kaidah dan hukum bacaan dalam Al Qur’an merupakan suatu hal yang sangat penting.
  1. Tujuan dari tahfidz

Setelah mengetahui tujuan dari tahsin, maka selanjutnya kita perlu mengetahui tujuan dari tahfidz, adapun tujuan tahfidz ialah agar seseorang dapat membaca Al Qur’an dengan baik dan lancar sesuai dengan hukum dan kaidah tajwid. Selain itu, agar bisa menghafalkan Al Qur’an dengan baik dan benar.

Apa Saja yg Dipelajari di Program Tahsin di Pondok Tahfidz Annajah Pare?

Lalu apa saja ya yang di pelajari pada program tahsin di pondok modern Annajah? Pondok Annajah sendiri memiliki program unggulan, salah satu programnya ialah Tahsin Al Qur’an dimana kita akan mempelajari beberapa hal, seperti:

  1. Membaca Al Qur’an sesuai dengan kaidah yang benar

Para santri akan terbiasa dan terlatih membaca Al Qur’an dengan kaidah serta hukum tajwid dengan benar sesuai dengan perintah Allah.

  1. Menghafal surat-surat pilihan

Selain bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan benar, para santri juga akan di arahkan untuk menghafal surat-surat pilihan seperti surat di Jus 30 dan beberapa surat pilihan lainnya.

  1. Islamic character building

Selain itu, para santri juga akan dipelajari ilmu mengenai Islamic character agar terbentuk karakter dan akhlak yang baik. Tidak hanya bisa membaca Al Qur’an dengan baik, para santri juga diharapkan memiliki kepribadian yang baik sesuai dengan Al Qur’an dan hadist.

Untuk biaya yang perlu kita bayarkan juga tergantung pada paket yang dipilih, dimana untuk program tahsin sendiri terdiri dari 3 paket, diantaranya ialah :

  1. Paket 1 bulan, sebesar Rp. 750.000
  2. Paket 2 bulan, sebesar Rp. 1.450.000
  3. Paket 3 bulan, sebesar Rp. 2.150.000

Untuk program ini lebih difokuskan pada tahsin, yang mana setiap hari tahsin dilakukan sebanyak 5x pertemuan, sedangkan program Islamic character building kita mendapatkan setiap hari Sabtu.

Selain memiliki program unggulan berupa Tahsin Dasar Al Qur’an, pondok modern Annajah ini juga menyediakan beberapa fasilitas yang sangat lengkap. Para santri bisa menggunakan fasilitas yang telah disediakan dengan sebaik mungkin.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan terkait dengan Tahsin Dasar serta perbedaannya dengan tahfidz. Selain itu kami juga menyampaikan beberapa hal yang dipelajari para program Tahsin Al Qur’an yang terdapat pada pondok modern Annajah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, khususnya bagi kalian yang sedang mencari informasi terkait dengan tahsin dan juga tahfidz. 

Nah, jika ingin mempelajari lebih lanjut mengenai Tahfidz dan Tahsin Al Quran, Anda atau anak-anak Anda dapat belajar ke pondok tahfidz modern An-najah di Pare, Jawa Timur.

Segera daftar sekarang, dan raih manfaat luar biasa dengan mempelajari Al-Quran.

Tahsin Quran Annajah Pare Kediri