close
Dauroh Tahsin Tahfidz Ramadhan
Logo Website Annajah
Search

Cara Mudah dan Cepat Belajar Nahwu Shorof

Table of Contents

Cara belajar nahwu shorof dengan mudah akan membawamu dapat menguasai bahasa Arab dengan lebih baik. Oleh karena itu hampir semua orang ingin bisa menguasai ilmu nahwu dengan cepat. Bagi sebagian orang ilmu nahwu mungkin masih sedikit asing namun nyatanya untuk mempelajari ilmu ini sama halnya dengan mempelajari ilmu lainnya yang dianggap susah-susah gampang.

Sebelum mengetahui bagaimana tips atau cara belajar nahwu yang benar dan mudah, yuk intip apa saja tujuan dari belajar ilmu nahwu shorof ini.

Tujuan Belajar Ilmu Nahwu Shorof

Berikut tujuan mempelajari ilmu nahwu shorof:

1. Mempermudah dalam mempelajari Al-Qur’an serta teks keagamaan lainnya

Tujuan utama dari mempelajari ilmu nahwu shorof adalah mempermudah kita dalam mempelajari Al-Qur’an. Dengan mempelajari ilmu ini Anda bisa menjaga lisan dari kesalahan saat mengucapkan lafal bahasa Arab. Selain itu dengan penguasaan ilmu ini Anda juga akan memahami Al-Qur’an serta hadis nabi Muhammad SAW dengan lebih baik lagi karena pemahamannya yang benar. 

Penguasaan ilmu ini tentu sangat penting sekali bagi umat muslim sebab Al-Qur’an merupakan kitab suci dan sumber ilmu bagi umat Islam. Jadi untuk bisa memahami dan membacanya dengan benar tentu diperlukan penguasaan dalam membaca bahasa Arab. 

2. Supaya mampu membaca kitab tanpa harakat

Tujuan selanjutnya, dengan mempelajari ilmu nahwu shorof Anda juga akan bisa membaca kitab yang tidak memiliki harakat atau kitab kuning. Seperti yang diketahui kitab yang dipelajari umat muslim tidak hanya Al-Qur’an namun terdapat kitab-kitab lainnya yang bisa dipelajari guna memperdalam ilmu agama. Salah satunya adalah kitab kuning yang mana dalam kitab ini berisi ayat-ayat suci namun tanpa harakat sebagaimana yang tertulis dalam Al-Qur’an.

Bagi seorang pemula atau yang belum pernah melihat kitab ini sama sekali, untuk membacanya pastilah menjadi hal yang sangat sulit. Namun jika Anda sudah mempelajari ilmu nahwu shorof dengan baik maka Anda akan mampu membacanya dengan baik. Bahkan akan lebih lagi jika Anda sudah memahami bahasa Arab sehingga bisa mengartikan isi yang ada pada kitab tersebut. 

Berdasarkan tujuan yang disampaikan ini kita menjadi mengetahui betapa pentingnya mempelajari ilmu nahwu shorof. Oleh karena itu bagi yang penasaran ketahui cara belajar nahwu shorof dengan mudah

Tips Belajar Nahwu Shorof dengan Mudah

Ada beberapa tips mempelajari nahwu shorof, antara lain:

1. Dimulai dengan mempelajari ilmu dasar nahwu

Pertama Anda bisa mempelajari istilah-istilah yang terdapat pada setiap bab yang nantinya akan dipelajari. Dengan mempelajari ilmu dasar ini maka Anda bisa memahami kata atau istilah apa yang akan dipelajari. Contohnya Anda bisa memulai dengan mempelajari apa itu kalam, lalu apa itu kalimat dalam ilmu nahwu atau apa itu isim mufrad pada ilmu ini dan sebagainya. 

2. Pelajari secara berurutan jangan diacak

Cara belajar nahwu shorof dengan mudah selanjutnya lakukanlah secara sistematis dan teratur. Anda bisa mempelajarinya secara berurutan mengikuti nomor urut yang ada. Jadi saat Anda telah memahami satu pembahasan pada bab ini janganlah langsung melompat pada pembahasan lainnya yang masih jauh di belakang. 

Contohnya ketika Anda telah mempelajari ilmu nahwu di bab 1 maka selanjutnya Anda bisa mempelajari bab 2, janganlah langsung lompat ke bab yang lebih tinggi lagi misalnya bab 7 atau 8. Bersabarlah untuk belajar secara runtut, pahami ilmu ini satu per satu dan jangan mempelajarinya secara acak.

Apabila hal ini tetap Anda lakukan maka hal tersebut bisa menghambat Anda dalam proses belajar nahwu. 

3. Fokuslah untuk mempelajari ilmu nahwu

Selain berurutan, fokuslah untuk mempelajari ilmu ini. Caranya Anda bisa membagi dan membuat waktu khusus untuk belajar ilmu ini. Bahkan jika Anda ingin cepat menguasainya Anda bisa memberikan waktu yang lebih banyak untuk belajar nahwu. 

4. Perbanyak menghafal 

Untuk cepat menguasai ilmu ini Anda bisa memperbanyak hafalan bahkan akan lebih baik untuk menyetornya pada guru supaya hafalan Anda berjalan lancar. Meski proses menghafal ini tidak wajib namun akan lebih baik dilakukan bila Anda ingin cepat menguasai ilmu ini serta cepat dalam menguasai pembacaan kitab kuning. 

5. Carilah guru yang bisa membimbing Anda mempelajari ilmu nahwu

Meski belajar otodidak menjadi hal yang baik namun mempelajari dengan guru akan lebih baik. Untuk bisa menemukan guru pembimbing kamu bisa mengunjungi website Annajah. Ketahui apa saja kelas yang ditawarkan, tak perlu khawatir karena di sini tempat belajarnya terpisah serta memiliki tenaga pendidik yang kompeten. 

Demikian beberapa penjelasan tentang cara belajar nahwu shorof dengan mudah yang bisa dilakukan supaya bisa menguasai ilmu nahwu dengan cepat. Jadikan belajar ini menjadi sebuah kebiasaan supaya bisa memperlancar Anda menguasai ilmu ini. Perbanyak pelajari hal-hal yang berkaitan dengan nahwu shorof InsyaAllah Anda bisa menguasai ilmu ini dengan baik.

Yuk belajar ilmu terbaru seputar bahasa Arab dan Ilmu Al-Quran bersama Pondok Tahfidz Annajah Kampung Inggris Pare. Di sini Anda akan mendapatkan atmosfer dan sensasi belajar yang kondusif dan berbeda dari yang lainnya. 

Tunggu apa lagi? Yuk daftarkan diri Anda mumpung ada program Liburan Desember Hobiqu 2023!

Serunya Al-Qur'an Boot Camp Saat Liburan