close
Logo Website Annajah
Search

Apa Itu Tahsin Tilawah Al Quran? Definisi, Adab dan Contohnya

penjelasan lengkap tahsin tilawah al quran yang harus kamu tahu

Table of Contents

Membaca Al Quran merupakan suatu ibadah yang apabila membacanya akan mendapatkan pahala. Setiap huruf yang kita baca ada 10 kebaikan sehingga bagi orang Islam sangat dianjurkan bisa membaca ayat suci Al Qur’an sebagai sarana mencari pahala dan Ridho Allah SWT.

Dalam membaca Al Qur’an maka kita dianjurkan dengan Tahsin tilawah Al Quran di mana metode ini merupakan metode yang dianjurkan dalam membaca Qur’an yang baik dan benar.

Apa Itu Tahsin Tilawah Al Quran?

Apa sih yang dimaksud dengan Tahsin tilawah Al Quran? Mengutip Panduan Tahsin, Tajwid, dan Tahfizh Untuk Pemula Tahsin sendiri artinya ialah membaguskan. Kata tahsin sendiri berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti menghiasi, memperbaiki, membaguskan, memperindah, serta membuat lebih baik lagi dari sebelumnya.

Tahsin memiliki hubungan dengan ilmu tajwid, agar bisa melakukan tahsin dengan benar maka kita perlu mempelajari ilmu tajwid juga. Oleh karena itulah tahsin dan tajwid merupakan perpaduan yang cocok untuk mempelajari Al Qur’an lebih baik lagi.

Jadi, tahsin merupakan suatu cara yang digunakan untuk menggapai kesempurnaan pahala dalam membaca Al Qur’an. Oleh karena itu bagi umat Islam sangat penting hukumnya mempelajari Qur’an dengan tahsin.

Apa yang Dimaksud dengan Tahsin Tilawah?

Seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya bahwa tahsin ialah memperbaiki. Jika tahsin dikaitkan dengan tilawah Al Qur’an, maka tahsin ialah suatu metode yang digunakan untuk meningkatkan baca Al Qur’an yang menggunakan dasar tajwid, baik itu dari segi makhraj huruf, sifat, maupun dari cara membacanya yang benar.

Membaca Al Qur’an dengan Tahsin tilawah Al Quran maka akan mendapatkan beberapa keuntungan. Adapun beberapa keuntungan membaca Al Qur’an dengan metode tahsin tajwid, ialah:

  1. Mendapatkan cinta dan ridho Allah SWT

Telah disebutkan bahwa muslim yang konsisten dan rajin membaca ayat suci Al Qur’an maka termasuk orang yang di cintai oleh Allah SWT. Hal ini dikarenakan sesuai dengan perintah dari Allah dalam surat Al-Muzzammil ayat 4 yang berbunyi “bacalah Al Qur’an itu dengan perlahan-lahan”.

Dengan mempelajari Tahsin tilawah Al Quran maka kita akan sering membaca Al Qur’an dengan baik dan sesuai dengan perintah dari Allah SWT.

  1. Akan lebih mudah memahami arti dari ayat Al Qur’an

Keuntungan selanjutnya ialah kita akan lebih mudah dalam memahami ayat dari Al Qur’an dimana membaca secara tajdid akan memudahkan mempelajari makna dari Qur’an. Selain mempelajari bacaannya agar sempurna, kita juga perlu mengetahui makna yang terkandung di dalamnya karena isi Al Qur’an berupa pedoman hidup yang benar.

  1. Mendapatkan pahala yang berlimpah

Sebagaimana janji Allah yang mengatakan bahwa Allah akan memberikan pahala bagi orang yang mau membaca Al Qur’an. Pahala tersebut juga bisa menjadi berkali lipat jika seseorang tersebut membaguskan bacaannya. Selain bagus, tentunya kita perlu membacanya dengan baik dan benar dimana untuk satu huruf dari setiap ayat di Al Qur’an akan memberikan pembaca kebaikan.

Jadi setiap satu huruf bernilai sama dengan 10 kebaikan. Hal ini sesuai dengan sabda dari Nabi Muhammad, yang isinya:

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al Qur’an maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, akan tetapi alif itu satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.”(HR. Tirmidzi).

Apa yang Dimaksud dengan Tilawah Al Quran?

Setelah kita mengetahui pengertian dan maksud tahsin dalam membaca tilawah Al Qur’an, selanjutnya kita juga perlu mengetahui apa itu tilawah Qur’an. Tilawah sendiri merupakan suatu istilah yang digunakan dalam mempelajari ilmu pada Al Qur’an. Bisa dikatakan bahwa Tilawah adalah suatu metode dalam membaca ayat Al Qur’an dengan menggunakan irama dan nada.

Tilawah yang bagus akan memudahkan seseorang dalam mendengar serta menghayati ayat-ayat dalam Al Qur’an. Sebagaimana perintah Allah yang menyatakan bahwa kita sebagai umat muslim perlu untuk menghayati Al Qur’an, sebagaimana yang telah tercantum dalam surat Shad ayat 29, yang artinya:

“Ini adalah sebuah kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan keberkahan supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan agar mendapat pelajaran bagi orang-orang yang berpikir.”

Adab dalam Tahsin Tilawah Al Quran

Dalam melakukan tilawah Al Qur’an, kita perlu juga memperhatikan adab. Adapun beberapa adab yang perlu kita ketahui dalam Tahsin tilawah Al Quran, diantaranya ialah:

  1. Berwudhu

Adab pertama yang perlu kita perhatikan dalam tilawah Qur’an yaitu dengan berwudhu. Wudhu merupakan suatu cara membersihkan dari hadas kecil sehingga sebelum membaca Qur’an kita perlu mensucikan diri terlebih dahulu.

  1. Memilih tempat yang suci dan bersih

Selain wudhu untuk menyucikan diri, kita juga perlu memilih tempat yang suci lagi bersih. Hal ini bertujuan untuk menjaga keagungan dari Al Qur’an tersebut.

  1. Khusyu

Adab lainnya yang perlu kita lakukan pada saat tilawah Qur’an ialah dengan membaca yang khusyu. Tindakan yang khusyu, bersahaja, dan tenang serta tidak bermain-main ini memiliki tujuan untuk menjaga keagungan dari Al Qur’an.

  1. Menjaga kebersihan mulut

Selain menjaga kebersihan diri dan tempat, kita juga perlu menjaga kebersihan mulut kita dengan bersiwak ataupun menyikat gigi terlebih dahulu dimana mulut yang bersih dan segar akan membuat kita nyaman ketika membacanya, selain itu juga untuk menghormati Al Qur’an.

  1. Membaca dimulai dengan ta’awudz

Adab berikutnya ialah dengan membaca ta’awudz terlebih dahulu. Hal ini sesuai dengan perintah Allah SWT yang berbunyi:

“Apabila kamu membaca Al Qur’an, maka hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syitan yang terkutuk.” (QS. An-Nahl ayat 98).

  1. Membaca basmalah

Selain membaca taa’awudz, kita juga perlu membaca basmalah terlebih dahulu di setiap permulaan surat.

  1. Membacanya dengan tartil dan memahami maksud dari ayat yang dibaca

Adab membaca Al Qur’an selanjutnya ialah membacanya dengan tartil. Yang dimaksud membaca dengan tartil ialah kita membacanya dengan perlahan dan jelas serta menerapkan ilmu tajwid. Hal ini juga sesuai dengan firman Allah dalam QS Al-Muzzammil ayat 4 yang berbunyi:

“Atau lebih dari seperdua itu, an bacalah Al Qur’an dengan perlahan-lahan.”

Contoh Tahsin Tilawah Al Quran

Ketika ingin mengetahui contoh dari Tahsin tilawah Al-Quran ini maka kita bisa melihat dan mendengarkannya pada video. Contoh tahsin pada tilawah yang baik ialah yang sesuai dengan perintah Allah SWT seperti yang telah kita jelaskan di atas.

Nah, itulah tadi beberapa informasi lengkap mengenai Tahsin tilawah Al Quran, pengertian dari tahsin dan tilawah serta berbagai hal yang berkaitan dengan tilawah Al Qur’an. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi umat muslim yang memiliki keinginan untuk belajar membaca Al Qur’an dengan baik dan benar. Selamat mencoba semoga dengan mengetahui cara membaca Al Qur’an bisa menjadi ladang pahala.

Jika ingin mempelajari lebih lanjut mengenai Tahfidz dan Tahsin tersebut, Anda atau anak-anak Anda dapat belajar Tahsin Quran  langsung ke pondok tahfidz modern An-najah di Pare, Jawa Timur. Yuk pahami dan amalkan Al-Quran bersama An-najah!