Logo Website Annajah
Search

Lengkap! Ini Dia Penjelasan Tahsin Metode Tilawati!

lengkap! inilah penjelasan tahsin metode tilawati

Table of Contents

Membaca Al-Quran dengan baik dan benar merupakan keinginan setiap orang. Bagaimana tidak dengan membaca yang benar maka Anda akan mendapatkan pahala berlipat ganda. Sebaliknya pembacaan Al-Quran yang tidak benar dapat mendatangkan dosa.

Membaca Al-Quran yang baik dan benar membutuhkan skill khusus. Banyak orang menggunakan beberapa teknik atau metode khusus seperti tahsin metode tilawati. Metode ini dipercaya mampu membuat orang membaca Al-Quran dengan hati-hati sesuai dengan bacaan dan ketentuannya yang tepat.

Metode tilawati saat ini menjadi metode unggulan yang dipilih banyak orang. Bahkan sudah terdapat banyak lembaga pendidikan yang telah menerapkan metode ini bagi anak didiknya. Metode ini dinilai mampu mengantarkan anak untuk dapat membaca dengan baik dan benar.

Apa Itu Tahsin Metode Tilawati?

Lantas apa itu tahsin metode tilawati? Metode tilawati merupakan metode membaca Al-Quran yang menekankan kepada siswa mengenai bagaimana membaca Al-Quran menggunakan pendekatan seni. Metode ini tidak mengajarkan pendidikan dengan metode yang kaku namun mengajak anak-anak untuk belajar dengan metode yang menyenangkan.

Metode tilawati akan mengoptimalisasi otak kanan anak pada saat belajar Al-Quran. Harapannya adalah tercipta suasana belajar yang tidak hanya nyaman namun menyenangkan dan tidak membosankan. Suasana semacam itu akan membantu murid lebih mencerna pengajaran dengan baik sehingga akan lebih paham.

Metode ini banyak menjadi metode unggulan pada lembaga pendidikan. Metode ini mulai diberikan dari pendidikan dini hingga pendidikan lanjutan. Kegunaannya yang sangat banyak membuat metode ini tetap eksis kapan pun dan dimana pun.

Metode tilawati merupakan metode pengembangan yang didapatkan seiring dengan waktu perubahan zaman. Banyak pendidik yang mulanya hanya sekedar mencari inspirasi saja mengenai bagaimana metode pembelajaran yang tepat dilaksanakan. Berasal dari keresahan tersebut akhirnya muncul metode tilawati yang bisa digunakan untuk belajar Al-Quran tanpa perasaan yang membosankan.

Para pengajar ingin menciptakan suatu metode yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar hingga akhirnya tercipta metode tilawati. Kebanyakan murid merasakan bahagia, senang, dan juga semangat saat diajar menggunakan metode dan suasana belajar ini.

Pembagian Tahsin Metode Tilawati

Tahsin metode tilawati dapat digolongkan menjadi beberapa macam sesuai dengan sistem pembagiannya. Misalnya sistem menunggu giliran yang mana setiap anak akan mendapatkan giliran untuk mengaji dengan waktu yang sama. Metode ini akan membuat anak yang lain dapat mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum nantinya gilirannya datang.

Pemberian metode giliran ini juga akan membuat anak lebih paham karena mereka harus merasakan pengalaman satu per satu. Tentu berbeda dengan metode yang kedua di mana anak mengaji dengan bersama-sama sehingga yang aktif hanya beberapa anak sedangkan yang lain hanya mengikuti.

Metode pembagian giliran juga akan membuat pengajar lebih mudah dalam melakukan kontrol terhadap kemampuan dan perkembangan anak. Sistem ini memungkinkan semua anak terlibat dan menyetorkan mengenai bagaimana perkembangan dan progres yang mereka miliki.

Bagaimana Penerapan Tahsin Metode Tilawati?

Belajar Al-Quran metode tilawati dilakukan dengan metode yang menyenangkan. Anak-anak akan diajarkan mengenai bagaimana membaca Al-Quran menggunakan lagu. Sistem pembelajarannya dibagi menjadi beberapa jilid yang ditempuh anak sesuai dengan kemampuannya.

Anak-anak mulai dikenalkan belajar Al-Quran menggunakan lagu-lagu yang menyenangkan dari jilid 1. Hal ini akan membuat murid lebih mudah dalam mengingat pembelajaran yang diterima sehingga akan lebih mudah dalam proses belajar mengajar.

Metode ini memungkinkan pembelajaran disampaikan secara praktis dan efektif sehingga tidak bertele-tele. Hal ini akan sangat membantu perkembangan anak karena anak menjadi tidak bosan dan mudah fokus. Biasanya pengajar akan menggunakan beberapa lagu seperti lagu dan juga ada yang menggunakan peraga untuk memudahkan dalam memberikan pelajaran.

Pengajar biasanya akan memberikan metode berupa baca simak secara seimbang. Metode ini memungkinkan pengajar membagikan tugas kepada anak kapan membaca dan kapan menyimak. Anak akan menjadi lebih paham karena mendengarkan dari versi teman dan lalu kemudian mencobanya seorang diri.

Jika dibandingkan dengan metode konvensional metode tilawati tentu memiliki beberapa kelebihan khususnya untuk masalah waktu pengajaran. Anak akan dengan mudah belajar dan memahami setiap pembelajaran yang dibuat secara menarik. Anak tidak akan merasa bosan dan jenuh yang ada anak akan senantiasa merasa bahagia dan ketagihan untuk terus belajar.

Manfaat Tahsin Metode Tilawati

Ada beberapa manfaat yang akan dirasakan oleh siswa yang menggunakan metode belajar tilawati. Manfaat ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih metode belajar. Berikut merupakan manfaat yang akan didapatkan saat menggunakan metode tilawati:

  •         Persamaan Waktu

Manfaat pertama saat menggunakan metode tilawati adalah masalah waktu. Metode ini memungkinkan setiap anak untuk mendapatkan waktu yang sama tanpa pembedaan. Hal tersebut akan menumbuhkan sikap saling percaya anak tanpa adanya pembedaan.

Waktu yang sama ini dirasa cukup efektif karena semua anak mendapatkan waktu dan perlakuan yang sama. Siapa saja baik datang duluan atau datang terlambat akan mendapatkan waktu yang sama sehingga proses dan capaian perkembangan pembelajarannya juga diharapkan dapat sama.

  •         Tidak Membosankan

Manfaat lain tahsin metode tilawati jika dibandingkan dengan metode klasikal adalah suasana yang didapat anak. Metode tilawati memungkinkan pembelajaran dilakukan dengan efektif dan suasana yang menyenangkan. Bagaimana tidak sesuatu hal yang dirasa sulit kemudian dibalut dengan sifat seni maka tak akan lagi menjadi hal yang sulit dilakukan.

Suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan pada anak ini dinilai menjadi faktor yang sangat berpengaruh besar pada keberhasilan anak. Mereka akan cenderung menikmati proses pembelajaran dengan happy sehingga tidak lagi takut atau bahkan kabur saat disuruh mengaji.

  •         Suasana Yang Kondusif

Manfaat lain yang juga akan didapatkan dengan metode tilawati ini adalah suasana yang kondusif. Mereka akan diberi waktu mengaji yang sama secara teratur dan bergiliran. Hal ini akan membuat anak-anak memahami dan belajar pentingnya rasa sabar.

Tidak hanya itu pada saat mengantre anak juga dapat mempersiapkan segala macam yang bisa dipersiapkan. Hal ini akan membuat anak lebih siap nantinya pada saat gilirannya mengaji sehingga sangat kondusif dan teratur bagi suasana pendidikan.

  •         Pelibatan Anak

Manfaat yang juga akan didapatkan dengan metode tilawati juga sangat melibatkan keterlibatan dan partisipasi anak. Anak terbiasa dan akan mengikuti setiap tahapan pendidikan mulai dari membaca doa pembuka hingga pada saat doa penutup. Hal ini jelas akan membuat anak memahami dan menghargai setiap hal yang ada pada dirinya.

  •         Mudah Dipahami

Kelebihan lain yang pastinya akan diberikan saat menggunakan tahsin metode tilawati adalah materi yang mudah dipahami. Bagaimana tidak, proses pendidikan dilakukan menggunakan metode yang menyenangkan dan dibuat lagu-lagu indah. Hal ini tentu akan membuat anak lebih mudah memahami dan menghafal karena menggunakan lagu-lagu yang familiar dan dimengerti.

Belajar menggunakan tahsin metode tilawati saat ini begitu marak dan disukai oleh orang tua siswa.

Pasalnya mereka biasanya akan memberikan jaminan di mana anak dalam kurun waktu tertentu akan mampu membaca dan menulis sesuai dengan level kemampuannya.

Tak heran jika metode ini kemudian disukai dan diterapkan di berbagai macam lembaga pendidikan.

Nah, jika ingin mempelajari lebih lanjut mengenai tahfidz dan tahsin tersebut, Anda atau bahkan anak-anak Anda dapat belajar ke pondok tahfidz modern An-najah di Pare, Jawa Timur.

Baca juga Beragam Kemuliaan Utama Tahfidz Al-Qur’an